10 Aplikasi Kuliah Online Terbaik 2023 Untuk Cari Ilmu

Luarbiasa.id-Tidak semua orang punya biaya untuk melanjutkan kuliah, tidak semua orang juga punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa sehingga hal tersebut menjadi salah satu alasan aplikasi kuliah online terbaik ini banyak digunakan.

Melalui aplikasi kuliah online, Anda bisa mengupgrade ilmu secara gratis tanpa harus membayar biaya kuliah yang mahal. Anda pun bisa belajar dimana saja dan kapan saja di sela – sela kesibukan Anda. Siapa pun bisa mengakses aplikasi tersebut karena tak ada batasan apapun.

Bahkan orang tua yang haus ilmu atau pun Anda yang sudah lulus kuliah tapi tetap ingin mendapat ilmu, juga bisa kok mendownload dan mengakses aplikasi kuliah online terbaik tersebut. Apa sajakah rekomendasi aplikasinya?

10 Aplikasi Kuliah Online Terbaik Untuk Cari Ilmu

Open2Study

Open2Study atau yang juga dikenal sebagai OpenEdu merupakan suatu organisasi pendidikan di tingkat perguruan tinggi di Australia  berbasis online.

Namun tidak hanya bisa digunakan oleh orang Australia saja, Open2Study juga bisa digunakan dan diakses oleh seluruh siswa, mahasiswa dan orang umum di dunia karena menerapkan bentuk kuliah jarak jauh.

Setidaknya ada dua model kursus dapat dipilih di Open2Study di antaranya adalah University Courses yang berbayar dan setelah lulus Anda bisa mendapatkan gelar serta sertifikat terakreditasi sama dengan yang didapatkan mahasiswa yang menempuh pendidikan secara offline di kampus aslinya. Kemudian model kursus yang kedua adalah Free Courses yang dapat diakses oleh siapa saja secara gratis.

edX

edX merupakan sebuah aplikasi kuliah online terbaik yang sudah ada sejak tahun 2012 dan didirikan oleh dua kampus elite ternama di dunia yaitu Harvard University dan MIT.

Dengan ikut program kuliah online yang diselenggarakan secara gratis oleh edX ini, Anda akan mendapatkan silabus pembelajaran, rekaman video sampai forum diskusi yang dapat diakses untuk mendapatkan ilmu di berbagai macam bidang kursus gratis.

Baca Juga:   Appvn Minecraft Platfrorm Download Game Apk Mod Android

Salah satu kursus yang Anda dapat ikuti adalah kursus bahasa Spanyol. Anda bisa mengambil kelas Basic Spanish dan akan membantu Anda belajar bahasa Spanyol dalam kurun waktu 7 minggu saja. Sementara jika pembelajaran gratis tak cukup, Anda bisa mengambil sertifikat belajar yang perlu dibayar sesuai dengan harga yang tertera di course yang Anda pilih.

Tak tanggung – tanggung, ada lebih dari 1300 course yang dapat Anda ikuti melalui situs pembelajaran online terbaik yang satu ini. Anda bisa menambah ilmu dengan mudah kapan pun dan dimana pun di era digital sekarang, sangat bermanfaat bukan?

MIT Open Course Ware

Tak hanya berkolaborasi dengan Harvard untuk membuat edX, MIT juga punya aplikasi kuliah online lainnya yang diberi nama MIT Open Course Ware.

Melalui MIT Open Course Ware, belajar di MIT tak harus pergi jauh ke Cambridge. Tersedia lebih dari 2400 jenis kursus yang disediakan kampus MIT dan bisa Anda manfaatkan agar pengetahuan dan ilmu yang Anda punya semakin meningkat. Menariknya lebih dari 2400 jenis kursus tadi bisa Anda nikmati secara gratis.

Coursera

Melalui situs Coursera, Anda akan belajar dengan dibimbing oleh seorang instruktur dari berbagai lembaga pendidikan atau pun universitas terbaik yang ada di seluruh negara. Metode belajarnya menggunakan metode pembelajaran berbasis video atau pun rekaman yang diberikan dosen. Tersedia juga forum diskusi yang bisa diakses oleh setiap murid yang belajar di Coursera.

Melalui Coursera, Anda dapat menikmati kursus bahkan sampai dengan 2000 jenis course yang tersedia untuk berbagai bidang pelajaran. Jenis kursus apa yang Anda akan pelajari menariknya bisa dipilih secara gratis.

Khan academy

Khan academy merupakan sebuah aplikasi belajar online tanpa batas yang digagas oleh Salman Khan dan bisa diakses secara gratis. Ada banyak course yang Khan Academy sediakan mulai dari kelas SAT, Matematika, Arts dan masih banyak lagi.

Baca Juga:   Regedit Ruok FF Apk Auto Headshot Tanpa Password Terbaru 2023

Aplikasi ini bisa Anda unduh di iOS atau pun Android. Cara belajar online yang Khan Academy hadirkan tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain, namun yang menjadi keunggulan Khan Academy adalah terdapatnya SAT (Scholastic Assessment Test) yang merupakan sebuah tes eksklusif yang harus diikuti jika ingin masuk universitas di Amerika. Melalui Khan Academy Anda bisa menikmati tes eksklusif tersebut.

Alison

Aplikasi kuliah online terbaik Alison merupakan sebuah aplikasi untuk kuliah online yang sudah ada semenjak tahun 2007. Kini pengguna Alison sudah lebih dari 11 juta di lebih dari 195 negara.

Ada banyak materi atau course yang Alison sediakan. Materi atau course untuk belajar desain grafis pun tersedia.

Anda yang ingin belajar desain grafis, ada beberapa jenis kursus yang Anda bisa pilih mulai dari kursus untuk mendesain produk, design thinking sampai program belajar desain dengan gelar diploma. Anda bisa pilih mana saja jenis kursus yang paling memungkinkan untuk Anda.

Baca Juga: x2+(y-3√x2)2=1 Artinya Apa, Ini Arti Rumus Yang Viral di TikTok

Udemy

Apa itu Udemy? Udemy merupakan sebuah akademi digital yang memberikan fasilitas kursus di bidang desain grafis. Modul kursus yang Udemy hadirkan juga bervariasi mulai dari modul untuk mendesain logo, karakter, melukis dalam bentuk digital dan masih banyak lagi lainnya.

Setiap modul yang dihadirkan di dalamnya terdiri atas berbagai kumpulan materi untuk dipelajari. Namun untuk bisa mengaksesnya, Anda harus membayar biaya materinya dulu dengan harga yang sangat murah yaitu mulai  $10 atau setara 150 ribu rupiah.

Selain menyediakan kesempatan bagi setiap orang untuk belajar desain grafis, Udemy juga memberikan kesempatan kepada orang – orang yang mahir dalam bidang desain untuk menjadi mentor di Udemy dan mendapatkan fee atau bayaran dari aktivitas yang dilakukannya itu. Siapapun boleh mendaftar menjadi mentor.

Baca Juga:   Cara Agar Whatsapp Tidak Terlihat Online dan Mengetik

Cozora

Cozora

Ingin belajar IELTS dari level beginner sampai ke subjek yang spesifik seperti speaking? Anda bisa belajar melalui Cozora yang merupakan suatu tempat belajar online IELTS yang dikembangkan oleh anak bangsa.

Namun Anda harus tahu bahwa untuk belajar online di Cozora tidak gratis. Anda perlu membayar biaya kursus mulai dari 200 ribu sampai dengan 700an ribu rupiah. Pengajarnya adalah generasi muda yang berasal dari kampus – kampus top Indonesia.

Belajar dengan pengajar – pengajar muda, bisa dipastikan kalau belajar online melalui Cozora sangat seru dan menyenangkan.

SquLine.com

Di era digital seperti sekarang ini memiliki kemampuan berbahasa asing sangat diperlukan. Utamanya untuk Anda yang suka berlibur ke luar negeri, seorang diplomat atau seorang karyawan di perusahaan multinasional yang sehari – harinya harus berhadapan dengan banyak orang asing.

Untuk belajar bahasa asing dengan baik, Anda bisa bergabung menjadi siswa di SquLine.com. Di sana Anda bisa belajar berbagai macam bahasa mulai dari bahasa Jepang, bahasa Mandarin dan juga bahasa Inggris.

Future learn

Bagi Anda yang masih belum kenal dengan Future learn, Future learn merupakan sebuah situs yang di dalamnya tersedia ratusan kursus online dari berbagai bidang pelajaran mulai dari bahasa, teknologi, sains, ilmu bisnis dan bahkan ilmu kesehatan secara gratis.

Anda hanya perlu mendaftar untuk ikut kelas yang Anda inginkan dan kemudian bertemu dengan para pelajar dan pengajar lain yang akan memberi materi kuliah online kepada Anda. Materi perkuliahan yang Anda bisa dapatkan sangat bervariasi baik berupa video, artikel, kuis, diskusi dan lain – lainnya yang dijamin seru.

Itulah apa saja aplikasi kuliah online terbaik untuk mencari ilmu yang Anda bisa download dan manfaatkan. So, jangan pernah menyerah atau berhenti belajar karena belajar di era digital sekarang ini bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun.