Cara Bikin Podcast di Spotify Agar Menghasilkan Uang di Android

Luarbiasa.id-Tidak hanya menjadi aplikasi streaming musik saja, Spotify yang merupakan sebuah aplikasi penyiaran dan siniar berbasis di Stockholm, Swedia kini juga menjadi sebuah tempat yang bisa dipakai berbagi podcast. Cara bikin podcast di Spotify juga mudah.

Siapapun bisa membangun nama dengan menyiarkan podcast melalui saluran Spotify. Tidak harus artis, motivator, atau orang yang sudah punya nama kok, bahkan orang biasa bisa membuat podcast tanpa perlu ragu melalui Spotify. Cara membuatnya seperti apa?

Cara Bikin Podcast di Spotify

Setidaknya kita memerlukan beberapa hal terlebih dahulu sebelum beranjak membuat podcast di spotify ini, diantaranya ialah seperti berikut ini.

Membuat podcast

Menentukan topik yang akan dibahas

Hal utama yang perlu diperhatikan sebelum podcast dipost dan dibuat di Spotify adalah menentukan topik yang akan dibahas terlebih dahulu. Tidak ada batasan topik yang bisa dipost di Spotify sepanjang tidak melanggar aturan, tidak mengandung unsur SARA atau hal sejenis lainnya.

Agar podcast yang Anda buat tidak kehabisan topik, ada baiknya agar Anda memilih topik yang sesuai dengan minat, pemahaman dan Anda kuasai. Jika memang bisa, bahas topik – topik yang belum banyak orang membahasnya agar apa yang Anda bahas lebih terkesan eksklusif dan menarik.

Buat narasi dan alur pembahasan

Setelah topik ditentukan, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah membuat narasi dan alur pembahasan atas konten yang akan dipost atau dimuat di akun Spotify Anda.

Dengan mempersiapkan narasi dan alur pembahasan di awal, hal tersebut akan menguntungkan karena dapat menjadi panduan bagi Anda supaya pembahasan yang dimuat di dalam podcast tidak melebar kemana – mana.

Jadi ada baiknya Anda pelajari dulu narasi dan alur pembahasannya, kemudian fokuskan pembahasan sesuai alur dan narasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Produksi podcast

Dalam memproduksi podcast, hal penting yang Anda harus lakukan adalah mengembangkan konsep podcast sesuai narasi dan alur yang sudah ditetapkan sebelumnya kemudian jangan lupa pilih format yang sesuai. Gunakan alat pendukung yang sudah dipersiapkan sebelumnya untuk memproduksi podcast.

Dalam membuat podcast, ada beberapa requirements penting yang Anda harus persiapkan dan penuhi di antaranya :

  • Di dalam audio MP3 harus dengan ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 Part 3 dengan dukungan bitrate di rentang 96 atau 320 kbps.
  • Rasio gambar sampul harus 1 : 1 (persegi)
  • Gambar sampul yang dimuat dengan format PNG, JPEG, atau pun TIFF yang resolusinya tinggi dan tidak pecah.
  • RSS feed harus didukung dengan judul, gambar sampul, serta detail yang relevan setidaknya 1 episode.
  • Judul pada episode yang dimuat tidak boleh lebih dari 20 karakter guna menghindari pemotongan judul di dalam platform tersebut.
  • Panjang episodenya tidak boleh lebih dari 200 MB. 200 MB merupakan podcast audio dengan lama waktu sekitar 83 menit.
Baca Juga:   Cara Mengatasi Shopee Tidak Bisa Checkout M02 Terbaru 2023

Pilih platform hosting untuk podcast

Setelah podcast siap diunggah, selanjutnya tentukan hostingnya. Perlu Anda tahu bahwa sebenarnya Spotify tidak dapat menyimpan file podcast sendiri, karenanya Anda memerlukan platform hosting podcast agar audio podcast bisa diunggah dan disimpan di Spotify.

Banyak layanan hosting podcast yang Anda bisa manfaatkan, salah satu yang paling terkenal adalah Anchor. Adapun cara membuat podcast dengan menggunakan platform hosting Anchor di Spotify sebagai berikut :

  • Download aplikasi Anchor pada perangkat atau bisa Anda kunjungi situs anchor.fm
  • Siapkan akun Anda dan kemudian unggah episode podcast pertama Anda di sana
  • Tambahkan judul, deskripsi podcast dan unggah foto sampul sebagai cover episode podcast yang Anda unggah.
  • Pilih Next.
  • Anda akan diminta untuk mengisi detail akun podcast mulai dari nama podcast, deskripsinya, kategorinya serta bahasanya.
  • Pilih continue
  • Pilih cover art untuk akun podcast Anda kemudian tambahkan teks pada cover art yang sudah menjadi pilihan Anda tersebut.
  • Jendela kecil berjudul ‘Ready to Publish?’ akan muncul dan kemudian Anda bisa pilih pada pilihan ‘Publish’ kalau sudah yakin.
  • Setelah jendela Publish Anda pilih, podcast akan secara otomatis terunggah dan tersedia pada Anchor serta Spotify dalam beberapa saat.

Jika anchor Anda pilih sebagai platform hosting untuk podcast, maka podcast di Spotify telah dipersiapkan dan siap untuk diunggah.

Mengunggah RSS feed di Spotify

Setelah platform hosting terunggah, unggah RSS feed di Spotify dengan langkah – langkah berikut :

  • Buka platform hosting yang Anda gunakan dan kemudian salin tautan RSS feed.
  • Buka situs https://podcasters.spotify.com/
  • Buat akun dan kemudian arahkan ke tiga titik yang ada di sudut kiri sebelah atas dan kemudian pilih Add or claim your podcast
  • Pilih Get Started
  • Rekatkan tautan RSS feed yang Anda telah salin dari platform hosting sebelumnya kemudian pilih pada pilihan Next.
  • Spotify akan mengirim kode verifikasi ke email untuk melakukan verified identitas podcaster atau calon podcaster.
  • Masukkan OTP, isi detail seperti kategori, bahasa dan juga negara kemudian pilih Next.
  • Submit podcast di Spotify dan selesaikan.
Baca Juga:   Apakah WA GB bisa Melihat Chat Orang Lain? Ini Penjelasannya

Unggah podcast baru di Spotify

Setelah podcast berhasil terproduksi, Anda bisa membuat podcast dengan menggunakan copy dan paste RSS feed yang hal tersebut perlu dilakukan sekali saja. Selanjutnya jika podcast berhasil muncul di Spotify, setiap unggahan pada episode baru pada platform hosting podcast akan secara otomatis tersedia di Spotify.

podcast

Alat Podcast yang Diperlukan

Agar podcast yang Anda produksi memiliki kualitas suara yang jernih, pastikan agar Anda memproduksi podcast dengan didukung alat yang lengkap. Apa sajakah alat podcast yang Anda perlu siapkan?

Beberapa alat podcast yang Anda perlu siapkan terdiri dari :

Mikrofon

Bagi seorang podcaster, mikrofon adalah alat podcast wajib yang harus Anda sediakan jika konten podcast yang berkualitas ingin Anda hasilkan.

Agar hasil podcastnya bagus, Anda perlu memilih mikrofon dengan kualitas yang bagus supaya hasilnya nanti juga jernih. Mikrofon dengan USB atau pun analog bisa menjadi pilihan.

Audio interface

Masih berkaitan dengan mikrofon, jika pilihan Anda adalah mikrofon analog maka audio interface Anda perlu siapkan juga. Alat podcast yang satu ini fungsinya adalah untuk mengonversi audio analog menjadi audio digital.

Digital audio workstation

Perangkat audio podcast yang satu ini diperlukan untuk mengedit hasil rekaman agar hasilnya jadi lebih halus. Softwarenya pun dapat Anda gunakan dan unggah secara gratis.

Laptop atau pun komputer

Anda butuh laptop atau pun komputer juga untuk mengedit audio podcast yang Anda sudah rekam. Anda pun bisa melakukan proses pemotongan audio, editing suara dan lain – lainnya.

Lantas, apakah membuat Podcast di Spotify bisa menghasilkan uang?

Bagi Anda yang memproduksi podcast di Spotify, Anda berpeluang menghasilkan pundi – pundi keuntungan melalui platform yang satu ini dengan beberapa cara.

Cara Menghasilkan Uang Lewat Podcast di Spotify

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan pundi – pundi penghasilan dari podcast yang diunggah di Spotify, di antaranya :

Iklan

Iklan akan menjadi salah satu penghasilan terbesar dari podcast yang diunggah di Spotify. Nantinya Spotify juga akan memberikan ruang yang lebih besar kepada para pengiklan untuk bekerjasama dengan podcaster dan bahkan menjadikan Spotify sebagai wadah selayaknya YouTube yang tentu sangat bermanfaat bagi semua pihak.

Iklan endorsement produk di dalam suatu podcast yang disampaikan juga akan bisa menjadi salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan oleh podcaster. Jika ingin mendapatkan iklan endorsement produk, podcaster harus menjalankan aturan sesuai yang diminta oleh calon pengiklan.

Podcaster juga harus mampu menjalin kerjasama dengan pengiklan agar podcastnya dilirik sebagai wadah untuk mengiklankan suatu produk. Bekerjasama dengan agensi juga sangat diperbolehkan dan justru akan menguntungkan.

Baca Juga:   Hacker Dark Vip Mod Apk No Password Versi Terbaru 2023

Hanya saja jika ada podcaster yang ingin bekerjasama dengan suatu agensi periklanan, ia harus memastikan bahwa kontrak kerja yang didapatkan memiliki alur, ketentuan dan komitmen kerja yang jelas serta menguntungkan kedua belah pihak.

Menjadi pemandu acara

Akan semakin banyak acara – acara dari stasiun televisi, acara berita, channel YouTube dan berbagai platform populer lainnya yang membutuhkan seorang podcaster untuk mengisi acara yang ditampilkan atau dipublikasikan di Spotify.

Jika Anda memiliki kemampuan memandu suatu acara, Anda juga bisa menjadi seorang pemandu acara. Anda akan mendapatkan gaji sesuai kesepakatan dengan menjadi pemandu acara.

Cara kerjanya cukup sama dengan menjadi MC di suatu acara offline, hanya saja sekarang platformnya adalah di media online. Jadi Anda hanya perlu membawakan acara sesuai tema dan aturan yang dikehendaki pemberi kerja.

Menyinergikan podcast di Spotify dengan YouTube

Kalau Anda seorang YouTuber, Anda juga bisa menyinergikan podcast yang Anda unggah di dua tempat sekaligus yaitu di Spotify yang berbasis produk audio dan di YouTube yang berbasis produk video audio.

Utamanya kalau sebelumnya Anda sudah punya nama baik di YouTube, maka melanjutkannya untuk menambah pundi – pundi keuntungan dengan mengunggah podcast di Spotify bisa dilakukan.

Membangun jaringan media

Membangun sebuah jaringan media dapat menjadi salah satu cara mendapatkan uang yang sangat menguntungkan di Spotify.

Salah satu media jaringan yang terkenal dan sudah ada sejak tahun 2018 adalah jaringan media bernama Box2Box Media Network yang dibangun oleh seorang bernama Pangeran Siahaan.

Jika podcaster di media jaringan tersebut mendapatkan iklan, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan. Anda bisa meniru langkahnya. Box2Box Media Network sendiri belum lama ini bahkan sudah berhasil mengggaet Netflix untuk membuat suatu drama audio.

Crowdfunding

Hal ini juga sudah banyak dilakukan. Crowdfunding yang dilakukan oleh seorang podcaster dilakukan dengan cara meminta kepada para pendengar, pengikut atau penontonnya menyumbangkan sejumlah dana ke akun kreator.

Atas dana yang disumbangkan tersebut, konten eksklusif akan diberikan secara rutin. Podcaster yang menjalankan aksi crowdfunding biasanya menggunakan platform GoFundMe dan Patreon untuk melancarkan aksinya. Biasanya podcaster dengan nama besar dan banyak pengikut loyal akan mudah menerapkan cara ini dalam meraup pundi – pundi penghasilan.

Menjual merchandise

Ada berbagai macam merchandise yang bisa dijual dan biasanya informasi penjualan merchandise ini akan diumumkan di audio podcast yang dipublikasikan entah disisipkan di tengah podcast atau di akhir sebelum penutupan.

Ada banyak merchandise yang bisa dijual mulai dari kaos, jaket, topi, tempat minum, dan sebagainya. Salah satu podcaster yang telah melakukannya kepada pendengar loyalnya adalah The Morning Toast.

Baca juga: Rekomendasi Nama Playlist Spotify Aesthetic, Sedih Dan Keren

Itulah beberapa cara bikin podcast di Spotify yang bisa dilakukan. Anda juga berpotensi mendapatkan pundi – pundi penghasilan dengan beberapa metode cara yang kami bagikan di atas. Selamat mencoba!