Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android, Aman dan Works!

Luarbiasa.id-Sebagian orang menganggap bahwa ponsel atau HP adalah privasinya sehingga menurut orang yang menganggap demikian, ponsel tidak boleh dipegang siapapun dan apa yang ada di dalamnya tidak boleh diketahui siapapun. Jika Anda menganut paham ini, mungkin cara menyembunyikan aplikasi di HP android akan sangat Anda butuhkan.

Dengan mengetahui cara tersebut, Anda tak perlu khawatir lagi akan ada orang lain yang tahu terkait aplikasi apa saja yang ada di ponsel atau perangkat Anda karena sudah disembunyikan. Seperti apa cara menyembunyikannya? Berikut informasinya untuk Anda!

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Ada beberapa cara menyembunyikan aplikasi di HP android yang Anda bisa lakukan dan pilih, di antaranya :

Melalui pengaturan bawaan smartphone android

Cara menyembunyikan aplikasi di HP android yang pertama bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan pengaturan atau setting bawaan HP android. Cara memanfaatkan pengaturan bawaan di HP android untuk menyembunyikan suatu aplikasi yang terinstall sebagai berikut :

  • Pertama buka pada menu Pengaturan
  • Ketuk di bagian Home Screen
  • Pilih pada opsi Sembunyikan Aplikasi
  • Pilih aplikasi yang Anda ingin sembunyikan

Memanfaatkan folder aman

Folder aman atau secured folder bisa digunakan juga untuk menyembunyikan suatu aplikasi terinstall di smartphone atau HP. Folder ini umumnya memiliki biometrik dan keamanannya sendiri.

Adapun cara memanfaatkan folder aman atau secured folder dengan langkah ini sebagai berikut :

  • Buka pada menu Pengaturan
  • Cek biometrik atau pun keamanan
  • Masuk pada bagian Secured Folder

Manfaatkan Guest Account atau Private Mode

Cara lain yang dapat digunakan untuk menyembunyikan suatu aplikasi adalah memanfaatkan Guest Account atau Private Mode. Suatu hal yang Anda perlu tahu bahwa beberapa android sudah didukung dengan Guest Account atau Private Mode.

Bagi android yang sudah didukung dengan Guest Account atau Private Mode tersebut dapat memanfaatkan fitur yang ada untuk menyembunyikan suatu aplikasi. Caranya seperti apa?

Cara untuk memanfaatkan Guest Account atau Private Mode sebagai berikut :

  • Buka pada bagian Pengaturan
  • Buka di bagian Akun dan Cadangan
  • Pilih pada opsi Beberapa Pengguna dan kemudian pilih opsi Tamu

Disable aplikasi

Disable aplikasi atau tidak memperbolehkan suatu aplikasi untuk tampil pada latar belakang tidak hanya dapat menyembunyikan suatu aplikasi melainkan juga dapat menghentikan aplikasi yang sedang aktif agar dapat secara pasif atau pun berhenti berjalan dari backgroundnya.

Baca Juga:   Cara Download Video Facebook Full HD 2023 Langsung ke Galeri

Memanfaatkan OnePlus

Memang cara ini tidak bisa dilakukan atau digunakan di semua perangkat, namun kalau perangkat Anda memiliki OnePlus bisa menggunakannya termasuk untuk menyembunyikan suatu aplikasi.

Untuk menyembunyikan aplikasi dengan memanfaatkan OnePlus, tata caranya sebagai berikut :

  • Buka terlebih dahulu App Drawer
  • Tahan jari di bagian sebelah kiri layar
  • Klik tanda + pada sudut kanan sebelah atas
  • Pilih aplikasi yang Anda ingin sembunyikan
  • Tekan Kembali
  • Selesai, aplikasi sudah berhasil disembunyikan.

Google Pixel

Sama seperti sebelumnya, tidak semua smartphone terinstall dengan Google Pixel. Namun memang ada beberapa smartphone yang sudah dibekali Google Pixel sebagai aplikasi bawaan. Utamanya untuk aplikasi yang merupakan keluaran Google pasti didukung dengan Google Pixel.

Cara memanfaatkan Google Pixel untuk menyembunyikan suatu aplikasi atau perangkat di android sebagai berikut :

  • Buka di bagian Home Screen
  • Geser ke atas untuk dapat melihat Apps Tray
  • Klik di bagian menu pengaturan atau Settings
  • Pilih pada bagian Apps & Notifications
  • Klik pada bagian All Aps
  • Pilih aplikasi yang Anda sembunyikan
  • Klik di bagian Disable.

Selain cara di atas, cara menyembunyikan aplikasi di HP android juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi. Apa sajakah aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menyembunyikan aplikasi lain di HP android?

Aplikasi Untuk Menyembunyikan Aplikasi Lain di HP Android

Hide It Pro

Hide It Pro merupakan sebuah aplikasi yang dapat dipasang di HP android untuk menyembunyikan suatu aplikasi lainnya. Memanfaatkan Hide It Pro, Anda dapat menyembunyikan aplikasi apapun yang Anda memang ingin sembunyikan tanpa ada batasan apapun.

Sehingga Anda bisa menyimpan berapapun aplikasi yang memang Anda ingin sembunyikan dengan memanfaatkan Hide It Pro ini. Kemudian jika aplikasi ini ditekan cukup lama, semua aplikasi yang Anda rahasiakan akan diluncurkan.

Tak perlu khawatir dengan keamanan yang diberikan. Hide It Pro mengakomodir perlindungan ekstra kepada pengguna sehingga sangat memungkinkan untuk siapapun agar dapat memasang kata sandi, PIN atau pun fingerprint sebagai perlindungan ekstra terhadap pengguna.

Anda dapat memutuskan dan memilih sendiri sistem pengamanan apa yang diinginkan apakah kata sandi, PIN atau fingerprint.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Menghilangkan Orang di Android dan iOS

Calculator-Hide Photos

Calculator-Hide Photos merupakan sebuah tempat terbaik yang juga dapat membantu menyembunyikan beragam file mulai dari yang ringan sampai yang berat seperti video, foto atau pun bahkan aplikasi yang memang ingin disembunyikan.

Aplikasi ini dapat diakses secara sederhana, mudah digunakan dan pastinya dapat didownload secara gratis. Bagi orang yang mengotak – atik HP, Anda tak perlu khawatir akan ketahuan kalau menggunakan Calculator-Hide Photos karena ketika terinstall pada perangkat maka secara otomatis aplikasi ini akan disamarkan sebagai kalkulator. Dengan demikian aplikasi yang terpasang tidak akan menimbulkan curiga atau pun menarik perhatian.

Baca Juga:   Celenganku Apk, Aplikasi Pencatat Tabungan di Android

Jika ingin lebih aman, pengguna juga dapat memasang kata sandi sebagai perlindungan tambahan atau perlindungan ekstra.

menyembunyikan aplikasi di android

App Hider

App hider merupakan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi lain dengan proses yang sederhana dan mudah. Siapapun bisa menggunakan App hider bahkan meski tidak pernah menggunakan aplikasi semacam ini sebelumnya.

Anda hanya perlu memasukkan apa saja aplikasi yang ingin disembunyikan ke dalam App Hider dan kemudian hapus Salinan asli dari aplikasinya di layar beranda. Nantinya jika memang Anda membuka aplikasi yang disembunyikan, maka Anda hanya perlu membuka App Hidernya saja.

Menariknya lagi, App Hider juga dapat menyembunyikan berbagai macam gambar dan video pribadi secara terpisah dari galeri defaultnya sehingga menyimpan gambar dan video pribadi tanpa ketahuan orang lain menjadi tidak mustahil dengan App Hider.

Notepad Vault

Hal yang menarik dari Notepad Vault adalah bahwa aplikasi ini ketika terinstall di perangkat untuk menyembunyikan aplikasi lain aplikasi ini tersimpan sebagai aplikasi notepad atau aplikasi pembuat catatan.

Dengan begitu orang yang mengakses HP Anda tidak akan tahu kalau sebenarnya Anda menginstall dan menggunakan aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi lainnya. Cara menyembunyikan aplikasi di HP android dengan Notepad Vault juga sangat mudah. Anda hanya tinggal perlu memilih saja mana aplikasi yang Anda ingin sembunyikan.

Notepad Vault juga memiliki fitur Gallery Module yang memungkinkan siapa pun untuk dapat menyimpan foto dan juga video secara terpisah. Kalau merasa masih perlu perlindungan tambahan, Anda juga dapat memasang kata sandi sehingga siapapun yang ingin membuka Notepad Vault harus memasukkan kata sandi lebih dulu.

Apolo Launcher

Vaulty Hide Pictures & Videos

Vaulty Hide Pictures & Videos merupakan aplikasi untuk menyimpan foto dan video secara tersembunyi agar tidak diotak – atik atau diketahui orang. Menariknya lagi, tak hanya dapat memasang kata sandi dan kode PIN pengaman melainkan Anda juga dapat melindungi foto dari akses penyusup.

Ketika ada orang yang mencoba masuk ke galeri dan orang itu bukan Anda maka aplikasi akan mengambil foto orang tersebut agar Anda bisa tahu siapa penyusup yang berusaha mengotak – atik foto atau video pada perangkat. Vaulty Hide Pictures & Videos juga memiliki fitur untuk memutar video apapun.

Clock Vault

Bagi Anda yang ingin menyembunyikan aplikasi dengan Clock Vault, Anda dapat mengatur kata sandi untuk memberikan suatu perlindungan ekstra terhadap perangkat ini.

Cukup pilih saja foto atau video dari galeri yang Anda ingin sembunyikan, aplikasi pun bisa disembunyikan dengan Clock Vault pastinya. Anda juga bahkan dapat menyamarkan aplikasi dengan aplikasi lain agar tidak diotak – atik orang dengan cara mengganti iconnya.

Apolo Launcher

Apolo Launcher merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan bagi pengguna untuk dapat menyimpan aplikasi yang ingin disembunyikan. Melalui Apolo Launcher, pengguna dapat memasang kata sandi pada aplikasi sehingga orang lain tidak dapat melihat aplikasi yang Anda ingin sembunyikan.

Baca Juga:   Old Roll Mod Apk Pro Unlocked V4.2.8 Terbaru 2023 Untuk Android

Menariknya lagi, Apolo Launcher juga dapat digunakan untuk mengubah tema default pada smartphone. Bahkan Anda bisa memilih desain icon dari aplikasi dan wallpaper sesuai preferensinya. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur bernama Apolo boost yang dapat digunakan meningkatkan kinerja pada smartphone.

Alasan Seseorang Menyembunyikan Aplikasi

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi keinginan seseorang mengapa ingin menyembunyikan aplikasi yang terpasang atau terinstall pada perangkatnya. Beberapa alasan tersebut di antaranya :

Terlalu privasi

Ada beberapa orang yang merasa suatu aplikasi terlalu bersifat ‘privasi’ sehingga tidak boleh ada orang lain yang mengotak – atiknya. Biasanya beberapa aplikasi yang dianggap privasi dan tak ingin digunakan atau diakses orang lain seperti WhatsApp, Instagram, atau akun sosial media lainnya.

Mencegah melakukan pemborosan

Ada beberapa aplikasi yang dapat memuluskan terjadinya pemborosan seperti aplikasi belanja online Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan sebagainya.

Terkadang beberapa orang utamanya yang suka belanja online memutuskan untuk menyembunyikan aplikasi tersebut pada tempat – tempat yang tidak mudah terlihat adalah karena untuk mencegah terjadinya pemborosan. Dengan disembunyikannya aplikasi belanja online, seseorang dapat lebih berhemat.

Menghentikan terjadinya pembajakan

Beberapa teman terkadang ada yang tipenya suka ingin tahu urusan orang atau bahkan suka mencampuri urusan orang. Nah, utamanya bagi remaja atau mahasiswa yang berkecimpung di tempat kos atau sering ke public space seperti sekolah atau kampus memilih menyembunyikan aplikasi tertentu demi menghindari potensi terjadinya pembajakan tersebut.

Mengamankan suatu konten

Terdapat sejumlah konten yang berkemungkinan ingin disembunyikan dari keluarga, teman atau pihak lain yang tidak memiliki kepentingan. Hal ini tentu saja perlu suatu alat pendukung salah satunya tools atau aplikasi yang dapat membuat konten tersebut tersembunyikan.

Menghindari terjadinya pencurian data

Tidak selamanya manusia berada di suatu kondisi yang mulus. Terkadang ada saja hal – hal tak diinginkan atau tak terduga yang terjadi pada hidup, salah satunya adalah kemungkinan atau potensi terjadinya pencurian.

Nah untuk menghindari terjadinya pencurian data ketika perangkat ponsel hilang, disembunyikan orang, atau dicuri maka penyembunyian aplikasi penting utamanya aplikasi yang berkaitan dengan akun atau data pribadi perlu disembunyikan.

Baca juga: 15 Aplikasi Scanner Terbaik Android Gratis 2023

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Disembunyikan pada Android

Proses penyembunyian aplikasi di HP android yang dilakukan dapat memiliki kelebihan atau pun kekurangan. Kelebihan dari menyembunyikan aplikasi di antaranya :

  • Dapat memuluskan tujuan mengapa suatu aplikasi disembunyikan sebagaimana yang sudah kami sampaikan pada alasan seseorang menyembunyikan aplikasi di bagian sebelumnya.
  • Mencegah terhapusnya aplikasi khususnya bagi orang yang pelupa
  • Mempercepat kinerja ponsel
  • Melindungi informasi data diri yang bersifat pribadi atau sensitif, dan lain – lainnya.

Sementara kekurangan dari menyembunyikan aplikasi di HP android, di antaranya :

  • Jika aplikasi third party dimanfaatkan maka perlu ruang memori tambahan untuk proses instalasinya.
  • Memperlambat kinerja ponsel secara signifikan ketika aplikasi third party yang digunakan menyembunyikan suatu aplikasi.
  • Berpotensi menghilangkan file tersembunyi selamanya jika lupa PIN atau kata sandi.

Itulah informasi lengkap yang dapat kami sampaikan terkait cara menyembunyikan aplikasi di HP android. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang membawa manfaat.