Cara Cek Kuota Telkomsel Via SMS, Kode Dial, APP (4G dan 5G)

Luarbiasa.id-Melakukan pengecekan kuota secara rutin bagi pengguna Telkomsel menjadi sebuah kebutuhan, salah satunya untuk berjaga – jaga dan memastikan ketersediaan kuota. Cara pengecekan kuota Telkomsel sendiri beragam, salah satunya Anda bisa gunakan cara cek kuota Telkomsel via SMS.

Selain melalui SMS, pengecekan kuota Telkomsel juga bisa dilakukan melalui berbagai macam metode pengecekan lainnya. Apa saja? Di sini kita akan bagikan untuk Anda!

Cara Cek Kuota Telkomsel Via SMS

Tak hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan ke sesama pengguna Telkomsel atau ke operator lain, SMS juga bisa digunakan untuk melakukan pengecekan sisa kuota. Cara cek kuota Telkomsel via SMS sebagai berikut :

  • Buka aplikasi perpesanan di HP atau perangkat Anda
  • Buat SMS baru dengan format UL(spasi) INFO
  • Kirim SMS tersebut ke nomor tujuan resmi 3636
  • Tunggu sebentar, Anda akan menerima balasan pesan dari operator Telkomsel yang menginformasikan sisa jumlah kuota Anda

cek kuota

Cara Cek Kuota Telkomsel Via Kode Dial

Panggilan dial up juga bisa dilakukan untuk mengecek sisa kuota. Dengan melakukan pengecekan sisa kuota melalui cara ini, nantinya setelah panggilan dial up diselesaikan, Anda akan mendapatkan pesan masuk atau SMS dari operator Telkomsel yang menginformasikan sisa kuota Anda.

Cara cek kuota Telkomsel melalui panggilan kode dial sebagai berikut :

  • Buka aplikasi perpesanan pada perangkat
  • Ketik dial code *888#
  • Tekan tombol Call pada perangkat Anda
  • Akan muncul angka yang menunjukkan berbagai pilihan menu
  • Balas atau pilih angka yang menunjukkan menu Cek Pulsa & Kuota
  • Pilih pada angka dengan kotak dialog yang menunjukkan Cek Kuota
  • Pilih pada menu yang menunjukkan kotak dialog Cek Kuota Internet
  • Informasi jumlah kuota internet yang tersisa akan muncul

Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui MyTelkomsel Apps

MyTelkomsel Apps merupakan sebuah aplikasi yang disediakan oleh Telkomsel bagi pelanggannya agar mendapatkan kemudahan di era digital untuk mengakses layanan pelanggan yang Telkomsel sediakan.

MyTelkomsel Apps juga memiliki cukup banyak fitur. Beberapa fitur yang bisa kita temukan dibalik aplikasi MyTelkomsel di antaranya :

  • Mengecek jumlah ketersediaan pulsa dan pastinya paket internet untuk nomor Telkomsel yang terdaftar
  • Mengelola nama, email dan koneksi akun sosial media Anda
  • Mengecek nomor Telkomsel jika lupa nomor
  • Melakukan isi ulang pulsa atau paket data
  • Menghadirkan informasi voucher internet dan paket data murah yang bisa dipilih pengguna Telkomsel
  • Menginformasikan promo menarik dari Telkomsel
  • Mencari dan menemukan gerai GraPARI terdekat
  • Mengetahui jumlah Telkomsel Poin yang dikumpulkan
  • Menukar Telkomsel Poin
Baca Juga:   5 Cara Aktivasi Kode Paket Darurat Telkomsel Bayar Nanti

Aplikasi ini dapat diakses di berbagai perangkat baik smartphone atau pun iOS. Jadi selain cara cek kuota Telkomsel via SMS, cara cek kuota dengan menggunakan MyTelkomsel Apps ini bisa dilakukan. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Download dan install dulu aplikasi MyTelkomsel pada perangkat Anda
  • Buka aplikasi tersebut
  • Masukkan nomor ponsel dan lakukan verifikasi
  • Cek kuota pada kolom internet dan informasi sisa kuota Anda akan tampil

Cara Cek Kuota Telkomsel Lainnya

Selain melalui cara di atas yang memang menjadi sebuah cara pengecekan kuota yang banyak orang lakukan, ada cara lain yang bisa dicoba untuk mengecek kuota Telkomsel.

Misalkan jika cara cek kuota Telkomsel via SMS tidak berhasil, pengecekan dengan kode dial gagal dan pengecekan melalui aplikasi MyTelkomsel tidak bisa dilakukan juga karena aplikasinya error atau dalam pemeliharaan, maka cara lain ini bisa dicoba.

Berikut cara cek kuota Telkomsel lainnya yang Anda perlu tahu dan lakukan :

Cek kuota Telkomsel melalui customer service

Untuk melakukan pengecekan jumlah atau kuota yang tersisa bisa melalui customer service Telkomsel yaitu dengan melakukan panggilan ke nomor 188.

Hanya saja jika menggunakan cara ini, Anda akan dikenai tarif pengecekan dengan nominal tarif sebesar Rp 300,00. Jadi pastikan pulsa Anda cukup untuk melakukan pengecekan kuota melalui customer service ini.

Cek kuota Telkomsel melalui dial UMB

Untuk melakukan pengecekan sisa kuota melalui kode dial UMB, langkah – langkah yang bisa dilakukan sebagai berikut :

  • Lakukan panggilan ke dial up *363#
  • Pilih pada menu cek status
  • Status sisa kuota Anda akan diinformasikan melalui SMS

Atau mungkin Anda merupakan pelanggan Pascabayar Telkomsel?

Jika Anda merupakan pelanggan Telkomsel Pascabayar, cara pengecekan kuotanya juga lain. Seperti apa cara untuk mengecek kuota Pascabayar Telkomsel?

kuota telkomsel

Cara Cek Kuota Telkomsel Pascabayar

Sejatinya Telkomsel pascabayar merupakan suatu sistem layanan penggunaan kartu dengan pembayaran tagihan dilakukan setelah pemakaian satu bulan. Produk kartu pascabayar yang dihadirkan Telkomsel adalah kartu Halo.

Produk ini sejatinya tidak terlalu berbeda dengan kartu prabayar. Pembedanya hanya terdapat pada ketersediaan jenis produk yang terdiri atas Halo Kick dan Halo Play serta sistem pembayaran tagihannya saja. Biasanya kartu Halo yang merupakan produk Telkomsel pascabayar dipergunakan oleh kalangan menengah ke atas.

Baca Juga:   Cara Pasang Iklan di Google Ads Untuk Pemula, Sangat Mudah

Dengan menggunakan kartu Halo, pengguna tidak perlu mengisi pulsa seperti ketika menggunakan kartu prabayar melainkan akan menerima tagihan yang sesuai dengan pemakaian atau pemilihan paket di awal.

Bagi Anda pengguna Telkomsel pascabayar ada beberapa cara cek kuota Telkomsel yang bisa dilakukan, yaitu :

Cek kuota Telkomsel Pascabayar melalui MyTelkomsel Apps

Bagi pelanggan Telkomsel Pascabayar yang ingin melakukan pengecekan kuotanya melalui aplikasi MyTelkomsel, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Download dan install aplikasi MyTelkomsel
  • Buka aplikasi dan masukkan nomor HP
  • Klik pada menu Internet
  • Rincian informasi kuota akan segera muncul

Cek kuota Telkomsel Pascabayar melalui Dial Up Code

Mengecek kuota Telkomsel Pascabayar juga bisa melalui dial up code. Setelah dilakukan panggilan ke kode dial up tersebut, nantinya Anda akan menemukan beberapa menu layanan yang ditampilkan salah satunya informasi kuota.

Berikut tata cara untuk mengecek kuota Telkomsel Pascabayar melalui kode dial up :

  • Buka menu telepon dan ketik kode *363#
  • Tekan pada tombol panggil
  • Balas dengan angka pada pilihan menu Cek Pulsa & Kuota
  • Input angka yang menunjukkan pilihan menu Cek Kuota
  • Pilih pada menu layanan Cek Kuota Internet
  • Notifikasi sisa kuota akan muncul

Nah, bagaimana dengan Anda?

Apakah Anda termasuk pelanggan Telkomsel prabayar atau pascabayar?

Apapun pilihan produk Telkomsel yang Anda gunakan, menggunakan produk Telkomsel memiliki berbagai macam kelebihan. Apa saja kelebihan Telkomsel dibandingkan dengan provider lainnya?

Kelebihan Telkomsel

Jangkauan jaringan yang luas

Soal jaringan, Telkomsel merupakan sebuah provider dengan jangkauan jaringan yang sangat luas. Bahkan jaringan di pelosok daerah seperti di daerah pegunungan atau di area pantai yang jauh dari pusat kota masih akan sangat baik jika Anda menggunakan Telkomsel.

Terlebih Telkomsel juga selalu berusaha meningkatkan layanan yang ditawarkan, menambahkan fitur yang dimiliki dan juga semakin memperluas jangkauan setiap waktu bahkan di daerah – daerah terpencil sekalipun.

Hal ini dilakukan oleh Telkomsel untuk memberikan kepuasan kepada pengguna setiap waktu. Untuk mewujudkan semua itu, bahkan Telkomsel memberikan anggaran perluasan jaringan sampai triliunan rupiah.

Telkomsel sendiri mengklaim bahwa pihaknya kini sudah menjadi salah satu provider dengan jaringan terbaik yang mampu mengakses sampai dengan 95% populasi penduduk Indonesia.

Kualitas jaringan yang mumpuni

Tak hanya jangkauannya saja luas, kualitas jaringan yang Telkomsel berikan kepada penggunanya juga sangat baik. Bahkan jika boleh dibandingkan dengan operator lain, kualitas jaringan yang Telkomsel miliki masih sangat unggul.

Baca Juga:   Top Up ML Murah dengan Pulsa Telkomsel, Indosat dan XL

Hal tersebut terjadi karena standar jaringan yang Telkomsel gunakan adalah standar jaringan dunia sehingga pelayanan yang mampu diberikan oleh Telkomsel juga sangat baik.

Akses jaringan 4G Telkomsel sudah menyeluruh

Kalau operator lain jaringan 4Gnya masih ngadat, Telkomsel tidak demikian. Akses jaringan 4G Telkomsel sudah sangat baik. Hal tersebut terjadi karena Telkomsel memang selalu berusaha mengupgrade jaringannya di berbagai wilayah.

Bahkan di pelosok pun saat ini sudah terjangkau dengan jaringan 4G Telkomsel. Untuk memberikan kemudahan bagi pengguna, Telkomsel bahkan menyediakan layanan upgrade gratis bagi pengguna Telkomsel yang masih menggunakan jaringan 3G agar dapat menikmati jaringan 4G Telkomsel tanpa harus ganti kartu.

Produk dan layanan yang inovatif

Telkomsel merupakan suatu perusahaan yang selalu berusaha memberi yang terbaik kepada penggunanya. Hal tersebut diwujudkan juga oleh Telkomsel dengan menghadirkan berbagai macam produk yang bisa menjadi pilihan.

Selain produk yang punya banyak pilihan, layanan yang Telkomsel hadirkan juga sangat inovatif. Hal tersebut bukan tidak mungkin karena memang Telkomsel memiliki anggaran pengembangan produk yang sangat besar bahkan mencapai angka hampir 17 triliun rupiah per tahunnya.

Layanan customer service yang memadai

Telkomsel sadar bahwa suatu perusahaan dapat berkembang dan mendapatkan trust dari customer atau konsumen jika selalu berusaha memberikan yang terbaik. Karena itu, Telkomsel memberikan layanan customer service yang mumpuni.

Dengan layanan customer service yang tersedia, kesulitan apapun yang pengguna miliki bisa langsung ditanyakan dan diselesaikan dengan bantuan customer service tersebut. Tidak hanya memfokuskan keberadaan customer service secara online yang mudah dihubungi, Telkomsel juga mengusahakan bahwa layanan customer servicenya tersebar di berbagai wilayah.

Karena itu di berbagai kota bisa Anda temukan berbagai macam pusat layanan GraPARI bahkan di kota kecil sekalipun. Tercatat bahwa pusat layanan yang Telkomsel punya secara offline sudah mencapai angka 550 ribu dan beroperasi dengan standar ISO.

Selain pusat layanan yang mudah ditemukan, mendapatkan produk Telkomsel juga mudah karena Telkomsel menyediakan outlet dealer, gerai Halo, sampai dengan M-Kios yang tersebar luas.

Infrastruktur Telkomsel sangat memadai

Infrastruktur penunjang jaringan yang Telkomsel punya juga bisa dikatakan sangat baik karena saat ini sudah ada lebih dari 27.800 infrastruktur yang tersebar di seluruh Indonesia.

Semua layanan infrastruktur tersebut kini sudah digunakan untuk membantu akses jaringan secara menyeluruh sehingga jaringan bisa lebih stabil. Dengan layanan infrastruktur yang ada, sudah sangat memungkinkan juga kalau akses Telkomsel yang stabil dan lancar tidak hanya bisa dinikmati di kota besar, bahkan bisa dinikmati di lebih dari 24 ribu desa di Indonesia.

Baca juga: Kenapa Lagu di Joox Hilang? Berikut Penyebab dan Mengatasinya

Banderol tarif yang memadai

Memang banyak orang yang mengatakan kalau tarif Telkomsel itu mahal. Padahal sebenarnya tarif tersebut tidak terlalu mahal kalau kita bandingkan dengan semua layanan, kemudahan dan kenyamanan akses jaringan yang Telkomsel hadirkan untuk penggunanya.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan untuk Anda terkait cara cek kuota Telkomsel via SMS dan cara lain yang bisa digunakan untuk mengecek kuota. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menginspirasi Anda.