8 Instagram Analytics Tools Online Terbaik Saat ini

Luarbiasa.id– Instagram menjadi salah satu platform sosial media yang memiliki jumlah pengguna sangat banyak. Platfom ini memiliki fitur yang memudahkan user untuk memposting konten foto hingga video. Sebenarnya akun instagram memiliki perhitungan analisis yang bisa digunakan sebagai evaluasi terhadap kekuatan konten.

Hal ini berlaku bagi user yang menggunakna instagram sebagai platform untuk promosi atau meningkatkan value persona. Metode ini bisa dilakukan dengan optimasi Instagram analytics tools. User harus memahami bahwa tools ini akan membantu dalam mengetahui seluruh rincian dari nilai manfaat konten di akun.

Daftar Isi Artikel

Mengenal instagram analytics tools

Sebelum menggunakan instagram analytics tools sebaiknya user harus mengenal dan memahami fungsi yang diberikan. Tolols ini merupakan alat yang digunakan untuk menilai performa konten dan profil Instagram secara menyeluruh. Bahkan, tools seperti ini akan mudah melakukan pelacakan terhadap berbagai metrik. Hasil analisis yang didapatkan dari tools ini biasanya akan menjadi data yang mendukung kebutuhan pengguna. Saat ini ada banyak instagram analytics tools yang tersedia secara gratis dan berbayar. Fungsional dan fitur yang ditawarkan juga sangat berbeda. Beberapa manfaat penggunaan dari tools ini yaitu mengetahui dengan mudah seluruh target audiens, efisiensi waktu hingga sumber daya, membantu evaluasi strategi dalam pemasaran hingga memudahkan pembuatana konten sesuai dengan kebutuhan target.

Crowdfire

Rekomendasi instagram analytics tools

Masing-masing pilihan instagramanalytics tools yang tersedia saat ini dianggap memiliki fitur yang berbeda. Bahkan, metode analisis yang diterapkan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan user. Ada pilihan tools yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Namun, user bisa mencoba terlebih dahulu untuk mempertimbangkan tools yang tersedia gratis. Berikut ini ada 8 rekomendasi instagram analytics tools yang memiliki fitur penting seperti:

  1. Squarelovin
Baca Juga:   Cara Membuat Grafik di Word (Batang, Garis dan Radar)

Ini menjadi salah satu pilihan instagram analytics tools yang sangat populer. Bahkan, ketersediaan tools ini juga bisa digunakan secara gratis. Fitur yang tersedia juga dianggap sangat lengkap. Tools ini bahkan memberikan hampir semua informasi yang diperlukan dalam menganalisa performa Instagram milik user. Beberapa fungsional yang bisa didapatkan seperti analisa bulanan konten dan pertumbuhan akun secara instan. Tools ini juga bisa membantu untuk mengelompokkan riwayat konten berdasarkan tahun, bulan hingga hari. Rincian dari hasil analisis yang diberikan seperti filter dan tagar yang paling sering digunakan, deskripsi tentang postingan terbaru, user yang paling terlibat dalam setiap postiiingan hingga menampilkan jumlah total komentar / like yang diposting user. Seluruh insights bisa didapatkan secara gratis dan membantu pertumbuhan dari akun. Fitur gratis dari tools ini hanya berlaku untuk layanan basic. User juga bisa mencoba untuk menikmati fitur lengkap lainnya dengan biaya mulai dari $ 9,9  per bulan.

  1. Pixlee

Pilihan tools lain yang bisa dicoba adalah Pixlee. Tools ini dianggap sangat membantu perkembangan bisnis. Bahkan, sudah banyak brand besar yang menggunakan tools ini untuk membantu pengembangan campaign digitl seperti Levi’s, Kenneth Cole dan lainnya.

Salah satu keunggulan yang tersedia dari tools ini seperti laporan mingguan yang dapat dibagikan ke suluruh tim marketing  secara langsung. Misalnya hasil analisis untuk statistik penggunaan tagar, pertumbuhan followers hingga data lain yang dibutuhkan untuk membuat postingan terlihat menarik.

Fitur yang sering digunakan seperti memantau postingan tentang brand, melihat postingan akun lain, identifikasi konten terbaik hingga merencanakan strategi untuk beberapa minggu ke depan. Fungsional fitur yang tersedia tentu saja membuat tools ini berbayar. Tools ini bisa tersedia dengan harga $399.00 per bulan.

  1. Crowdfire
Baca Juga:   8 Kiat Youtuber Sukses Dan Niche Konten Populer Bagi Pemula

Tools lain seperti Crowdfire juga membantu untuk pengembangan instagram. Misalnya saja melakukan penjadwalan untuk posting hingga melihat kinerja dari konten. Fungsional lain dari tools ini membantu untuk kurasi konten yang berhubungan dengan bisnis dari banyak sumber. Interface dari tools ini dianggap sangat detail. Bahkan, user bisa mendapatkan analisis sesuai dengan kebutuhan durasi seperti 7 hari, 30 hari hingga 90 hari. Pemilihan metriks yang diberikan juga sesuai dengan kebutuhan seperti postingan, likes, profile views, followers hingga komentar. Biaya layanan dari tools ini mulai dari 7,5 dolar per bulan.

  1. Minter.io

Pilihan tools lain yang bisa digunakan termasuk Minter.io. Ini merupakan tools untuk instagrm yang memberikan berbagai data dalam penerapan strategi campaign digital. Fitur yang tersedia seperti identifikasi filter untuk konten foto dan video yang paling cocok untuk audiens. Selain itu, tools ini juga bisa melacak mention brand produk yang berada di bagian postingan atau komentar. Bahkan, tools ini bisa langsung memberikan respon terkait dengan mention itu. Hal yang paling menyenangkan adalah tools ini juga bisa melakukan export data dalam format PDF, XLS hingga .pptx. Proses export sangat mudah dan data dikirim langsung ke email. Penggunaan tools ini berbayar dengan biaya mulai dari $9 per bulan.

  1. Iconosquare

Ini juga termasuk pilihan tools untuk instagram yang sangat populer. Iconosquare membantu untuk memberikan data penting maupun analisis agar strategi kampanye menjadi lebih maksimal. Fitur yang tersedia dari tools ini temrasuk Community Analytics tools. Fitur ini membantu user memahami insight demografi seperti seperti usia, jenis kelamin hingga bahasa. Fitur penting lainnya yang bisa digunakan dengan mudah termasuk penjadwalan laporan dan pelacakan tagar dan kompetitor. User bisa langsung mendapatkan report sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Tools ini memang dirancang bagi brand yang memiliki banyak akun sosial media instagram. Untuk menggunakan tools ini harus mengeluarkan biaya mulai dari $29 per bulan.

  1. Keyhole
Baca Juga:   Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Lupa Semuanya

Ini termasuk tools yang juga bisa digunakan untuk mengembangkan potensi akun instagram. Tool Keyhole menawarkan metriks penting seperti tagar Instagram paling populer, berbagaii aktivitas penting hingga hal yang dilakukan oleh followers. Tools ini juga memberikan kemudahan bagi user untuk mengumpulkan dan mencatat berbagai data penting secara berkala. Bahkan, report dikirim dalam format spreadsheet yang dapat dilihat kapan saja. Bagi brand yang menggunakan tools ini akan mudah mengetahui hal penting yang audiens bicarakan tentang produk. Layanan tools  ini bisa digunakan dengan biaya mulai dari $44 per bulan.

  1. Socialbakers

Pilihan tools lainnya adalah Socialbakers. Tools  ini memberikan statistik postingan terpopuler secara gratis. Bahkan, terdapat fitur yang mampu melakukan pelacakan performa dan mempelajari jenis konten yang tepat untuk menaikkan engagement Instagram. Penggunaan tools ini dianggap sangat efektif karena bisa membuat prediksi berbagai konten maupun postingan yang mungkin bisa populer untuk followers. Sayangnya, visualisasi hasil analisis dianggap kurang menarik. Bagi user yang ingin mendapatkan fitur lengkap bisa menggunakan layanan ini dengan biaya 400 dolar per bulan.

Baca juga: Strategi Instagram Marketing Paling Efektif Untuk Bisnis

  1. Hootsuite

Hootsuite juga bisa menjadi tools yang populer untuk digunakan. Fungsional yang didapatkan adalah memantau analitik untuk berbagai platform sosial media sekaligus, seperti Instagram, Twitter hingga Facebook. Hal yang menguntungkan termasuk membuat penjadwalan ratusan postingan sosial media secara  berkala untuk banyak platform sosial media. Hasil analisis yang diberikan juga bisa didapatkan dengan berbagai format. Tools ini memberikan layanan pro mulai dari 19 dolar per bulan.