Kenapa Lagu di Joox Hilang? Berikut Penyebab dan Mengatasinya

Luarbiasa.id – Kenapa lagu di Joox hilang? Ini merupakan pertanyaan yang kerap diajukan oleh mereka yang mengalami masalah tersebut. Problem ini memang jarang terjadi, namun ketika menimpa kita, tentu saja membuat kesal bukan? Belum lagi usaha yang sudah dituangkan dalam membuat playlist, dan mengumpulkan lagu favorit dari seluruh penjuru dunia akan sia-sia begitu saja. Lalu pakah ada alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut?

Sebelumnya Joox adalah sebuah aplikasi yang membiarkan kalian streaming musik secara online, maupun dalam keadaan offline. Namun, untuk mendengarkan musik tanpa menggunakan jaringan internet, diperlukan sebuah proses download terlebih dahulu, yang kelak nantinya akan tersimpan pada my offline songs di aplikasi tersebut.

Pengguna dari software tersebut tergolong lumayan banyak, khususnya di Indonesia, dan Malaysia. Alasannya karena lagu yang mereka sediakan lebih melokal. Berbeda dengan Spotify yang koleksinya bersifat resmi semua, dan tentu saja di dalamnya akan susah untuk menemukan lagu-lagu lokal, ataupun remix seperti yang ada di TikTok, itulah salah satu kekurangannya.

Namun untuk Joox, masalah tersebut akan mudah untuk teratasi, karena semuanya hampir bisa kalian temukan pada aplikasinya. Karena mengingat kebanyakan orang memiliki selera musik yang berbeda-beda. Makanya akan ada saja orang yang selalu mendengarkan lewat platform yang satu ini. Lalu, kabarnya beberapa orang mengalami masalah seperti kehilangan lagu, untuk mengatasinya, kami sudah menyiapkan segala caranya di artikel ini.

Kenapa Lagu di Joox Hilang?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami sudah menyediakan berbagai macam penyebab, mulai dari kesalahan yang dilakukan oleh kalian, ataupun dari aplikasinya sendiri. Silahkan ketahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum mencari cara untuk mengatasi problem tersebut, kumpulan penyebabnya dapat kalian lihat disini.

Tidak Mengaitkan Akun Joox

Ini sebenarnya permaslahan yang bersifat sangat umum, dan perlu untuk dihentikan. Sudah menjadi informasi umum bahwa setiap aplikasi streaming musik menyediakan proses log in karena dengan melakukan hal ini, semua yang kalian lakukan di dalamnya akan tersimpan pada database aplikasi. Begitupun dengan lagu favorit, dan juga playlist.

Baca Juga:   ePSXe Apk V2.0.16 + Bios Untuk Bermain PS1 di Android

Namun, penyebab ini sebenarnya jarang sekali kalian temui, kecuali kalian memang mengganti handphone, ataupun menghapus aplikasinya. Saat kalian menggunakan handphone yang berbeda, jangan harap semua lagu yang sudah terinstall dulu dapat dipindahkan tanpa melakuan proses pengaitan akun. Kumpulan data, seperti koleksi lagu, tentu saja akan tersimpan di device yang dulu.

Kemudian masalah penghapusan aplikasi sebenarnya lumayan lama, kenapa kami meletakkan ini pada urutan yang paling pertama. Karena sepertinya permasalahan tersebut sering kalian lakukan. Kalau kasus ini kesalahan sepenuhnya ada di tangan kalian. Makanya, saat diminta untuk melakukan proses pendaftaran, baiknya diikuti, karena untuk aplikasi streaming musik, itu bisa menjadi sebuah sistem save.

Server Down atau Error

Ini bisa menjadi masalah yang sangat fatal, namun tidak untuk kalian saja, semua orang yang menggunakan aplikasi Joox akan terkena dampaknya. Tetapi masalah ini hampir tidak akan pernah terjadi. Karena sekelas aplikasi yang memiliki total download banyak, pasti selalu melakukan pemeliharaan pada server mereka.

Ini adalah salah satu kemungkinan kenapa lagu di Joox bisa hilang, meskipun kalian sudah mengaitkan akun nya. Tapi, kami sekali lagi akan mengingatkannya pada kalian bahwa masalah ini bukan merupakan suatu hal yang umum. Yang kami maksud adalah bagian server down, untuk kemungkinan error biasanya akan terjadi sementara saja.

Lalu untuk masalah server, biasanya masalah besar yang akan timbul adalah aplikasi Joox tidak bisa kalian akses untuk waktu yang belum ditentukan. Untuk permasalahan sebesar ini, biasanya developer dari aplikasinya akan memberitahukan berita tersebut pada website, ataupun media sosial resmi milik mereka, jadi akan ada informasi mengenai proses perbaikannya.

Jaringan Internet Buruk

Untuk masalah ini sebenarnya yang lebih tepat adalah lagu tidak bisa diload, alias buffering terus. Ini tentu saja disebabkan oleh sinyal, atau jaringan internet yang bisa terbilang buruk. Untuk mengetahuinya, coba sambungkan ke internet atau wifi milik orang lain. Atau, alternatifnya adalah mengecek aplikasi Joox milik teman, lalu lihat apakah ada permasalahan yang sama.

Bagian ini tentu saja bukan alasan utama kenapa lagu di Joox hilang, yang kalian alami adalah proses buffering yang lumayan lama. Sebelumnya, Joox sendiri adalah aplikasi streaming musik, dimana kalian membutuhkan jaringan internet yang stabil untuk bisa memainkan lagunya secara online. Oleh karena itu, permasalahan ini biasanya dapat mudah untuk kalian atasi sendiri.

Baca Juga:   Cara Download Video Instagram, Reels, Story, IGTV Tanpa Aplikasi

Belum Update Aplikasi Adalah Salah Satu Alasan Kenapa Lagu di Joox Hilang

Ini adalah alasan lainnya kenapa kalian mengalami kehilangan lagu pada aplikasi Joox. Aplikasi yang usang tentu saja akan terdapat banyak sekali bug, yang nantinya akan membuat aplikasi kalian mengalami error, dan masalah yang ditimbulkan oleh hal ini, salah satunya adalah apa yang kalian tanyakan tersebut.

Kemudian cache pada aplikasi yang jarang kalian update kadang menghalangi beberapa fitur yang ada pada aplikasinya, seperti kegagalan fungsi, atau buffering yang lumayan lama. Sebelumnya, cache adalah sebuah file yang tugasnya adalah untuk menyimpan kegiatan apa yang kalian lakukan pada aplikasi. Sehingga ketika melakukan sebuah kegiatan yang sama, prosesnya akan berjalan dengan sangat cepat.

Namun apa yang terjadi ketika aplikasi menyimpan terlalu banyak cache? Ini akan menyebabkan error untuk beberapa bagian didalamnya, yang kemudian akan membuat aplikasinya tidak bisa diakses sama sekali.

Jawaban untuk Mengatasi Kenapa Lagu di Joox Hilang

Jawaban untuk Mengatasi Kenapa Lagu di Joox Hilang

Setelah mengetahui penyebabnya, mari kita masuk ke bagian untuk mengatasi masalah tersebut. Jawaban yang akan kami sediakan, sudah diurutkan dengan permasalahan diatas. Jadi tinggal kalian sesuaikan saja dengan apa yang sedang kalian alami saat ini, langsung saja, informasinya bisa dicek disini.

Daftar atau Kaitkan Akun Joox

Ini adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi permasalah yang kalian alami saat ini. Dengan mengaitkan akun Joox kalian ke berbagai paltform seperti Facebook, ataupun Google, lagu yang sudah disimpan kedalam aplikasinya akan tercatat pada akun yang kalian pilih tersebut.

Dengan begini, ketika kalian akan menghapus atau mengganti device kalian, lagu, dan playlist yang sudah terkumpul tidak akan hilang, dan datanya akan tersimpan pada sebuah akun. Untuk mengembalikan lagu, dan playlist pada device yang berbeda, kalian hanya perlu melakukan log in. Permasalahan pertama mengenai akun yang tidak dikaitkan sudah terjawab disini, jadi silahkan untuk diingat-ingat.

Cara Mengatasi Server Down atau Error

Karena permasalahan ini bukan datang dari kalian, hal yang bisa kalian lakukan adalah menunggu developernya menyelesaikan problem tersebut. Akan ada informasi mengenai kapan waktu maintenance tersebut akan diselesaikan, jadi pantau saja media sosial, atau webiste resmi mereka. Lama atau tidaknya, akan tergantung seberapa parahnya erorr yang terjadi.

Kemudian, untuk masalah ini, benar-benar sangat jarang untuk terjadi, oleh karena itu kalian tidak perlu khawatir akan mengalaminya. Satu lagi, biasanya masalah yang disebabkan ini tidak akan membuat lagu di Joox hilang, inilah kenapa, kalian harus benar-benar santai menghadapinya. Apalagi kalau kalian sudah mengaitkan akunnya.

Baca Juga:   Cara Mengembalikan Akun Lazada yang Hilang Tiba-tiba

Problem yang sering terjadi karena masalah ini kebanyakan aplikasi yang tidak bisa dibuka, selama proses perbaikan yang dilakukan oleh team Joox.

Baca juga: Ringtone WA Lucu Pendek yang Keren, Asik dan bikin Ngakak!

Gunakan Provider Dengan Sinyal Bagus, atau Wifi

Untuk masalah ini tentu saja yang paling mudah untuk diselesaikan, hal yang harus kalian lakukan pertama adalah dengan mengecek kualitas sinyal pada saat ini. Contohnya adalah dengan membuka media sosial seperti TikTok, dan Instagram. Lihat salah satu video, ataupun scroll dengan lumayan cepat, lihat apakah video tersebut stuck, atau lama loadingnya.

Jika iya, ini sudah pasti bahwa kalian memiliki jaringan yang lumayan buruk. Gunakan provider yang menurut kalian kencang, contohnya adalah telkomsel, ataupun By.U, jika masih tetap sama, silahkan pindah lokasi. Karena biasanya lokasi mempengaruhi kualitas jaringan kalian. Alternatif lainnya adalah berpindah dari data ke wifi, karena masalah jaringan, sepertinya wifi lebih stabil.

Update Aplikasi Joox

Ini adalah solusi terakhir yang bisa kalian ikuti untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami saat ini. Update aplikasi jka dirasa terdapat banyak sekali error saat kalian menggunakannya. Karena dengan melakukan ini, bug yang tadinya terkumpul, akan dihapuskan saat kalian mendownload aplikasi terbarunya. Untuk melakukan hal ini caranya cukup mudah, silahkan langsung mengunjungi Google Playstore.

Ini bisa menjadi jawaban pertanyaan kenapa lagu di Joox bisa hilang. Jadi silahkan untuk dicoba satu per satu, agar masalah ini bisa diatasi dengan mudah.

Kontak Customer Service

Jika solusi yang kami berikan masih tidak bisa mengatasi masalah tersebut, yang terakhir adalah dengan menghubungi customer service mereka. Silahkan kirim email ke support@JOOX.com, isi surel tersebut dengan permasalahan yang sedang kalian alami saat ini. Lalu, ikuti instruksi yang mereka sediakan untuk mengatasi masalahnya.

Kenapa Lagu di Joox Hilang, dan Cara Mengembalikannya

Kenapa Lagu di Joox Hilang, dan Cara Mengembalikannya

Untuk mengembalikan lagu yang hilang, caranya mudah, namun kalian sebelumnya perlu mengatkan akunnya terlebih dahulu. Caranya bisa kalian lihat disini.

  1. Ketuk My Music pada pada halaman pencarian
  2. Lalu pilih musik offline
  3. Kemudian klik pada sync now
  4. Silahkan pilih semua lagu yang tidak ingin terhapus
  5. Dengan ini semua lagunya sudah terdownload dan bisa diputar secara online

Meskipun kalian kelak menghapus aplikasi, atau mengganti device kalian, datanya akan tersimpan pada sebuah akun. Dan, untuk mengembalikan lagunya, yang perlu kalian lakukan adalah log in.

Baca juga: Download Video TikTok Tanpa Watermark Kualitas HD Terbaru 2023

Kesimpulan

Jadi untuk mengatasi, dan menjawab permasalah kenapa lagu di Joox hilang, ada berbagai pendekatan yang bisa dipilih. Semua caranya sudah kami sediakan diatas, kalian hanya perlu mencobanya satu per satu. Sekian dulu, semoga beruntung!