Cara Hapus Background Foto Online Dan Menggantinya Gratis

Luarbiasa.id-Cara hapus background foto online memang tepat untuk keperluan edit foto yang tidak terlalu kompleks. Apalagi sudah banyak tersedia platform edit foto secara online. Jadi tanpa harus instal aplikasi di PC atau mobile, kamu sudah bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Selain itu situs penyedia layanan edit foto tersebut bisa dipakai gratis. Beberapa situs mungkin hanya menyarankan untuk membuat akun untuk menikmati fiturnya.

Memang di zaman serba digital ini, hampir semua kebutuhan edit foto maupun video semakin mudah dilakukan. Bahkan sekarang sudah banyak platform pesaing aplikasi edit foto populer seperti Photoshop, yang bisa diakses melalui online.

Cara Hapus Background Foto Online

Cara menghapus background foto online adalah dengan menggunakan situs edit foto online, salah satunya adalah Removebg. Removebg jadi situs pertama yang direkomendasikan. Pasalnya situs ini menawarkan proses yang cepat dan mudah. Untuk ukuran foto rendah, bahkan bisa dalam hitungan detik saja.

Removebg telah mengalami banyak peningkatan yaitu hasil edit yang cukup bersih. Misalnya untuk objek seperti rambut, lekukan baju atau objek lain bisa terlihat sangat detail potongannya.

Simak langkah-langkah hapus background foto online berikut :

  1. Kunjungi situs https://www.remove.bg/
  2. Klik ‘Upload Image’
  3. Pilih foto yang mau dihapus backgroundnya
  4. Klik ‘Next’
  5. Tunggu beberapa saat
  6. Pilih resolusi gambar yang diinginkan
  7. Klik ‘Download’
  8. Pilih folder penyimpanan
  9. Selesai

Situs Hapus Background Foto Online

1. Pixlr

Pixlr adalah situs desain gambar yang menawarkan edit foto secara online dan dukungan fitur serta template premium. Pixlr juga menyediakan beberapa fitur seperti photo editor, desain ekspress, photomash dan remove background.

Untuk menggunakan fitur remove background, kamu bisa langsung menggunakannya, tanpa harus daftar akun terlebih dahulu. Fitur hapus background dari Pixlr bisa menghasilkan gambar yang Hi Quality 16 MPX (4096 x 4096).

  1. Buka halaman https://pixlr.com/id/remove-background/
  2. Lalu klik ‘Pilih Foto’
  3. Pilih foto yang akan diedit
  4. Kemudian atur warna background bila perlu
  5. Klik crop untuk memotong bagian gambar
  6. Klik Simpan

2. Slazzer

Slazzer adalah situs hapus background online yang mendukung banyak objek foto. Mulai dari foto orang, foto produk, foto kendaraan (motor dan mobil), hewan, foto rumah dan gambar logo.

Baca Juga:   Strategi Instagram Marketing Paling Efektif Untuk Bisnis

Slazzer juga tersedia untuk perangkat PC Windows Mac dan LInux. Aplikasi ini cocok bagi yang sering melakukan hapus background. Disamping itu versi desktopnya memungkinkan untuk edit atau upload 1000 gambar sekaligus.

Jadi proses pengerjaan lebih cepat, ribuan gambar hanya dalam waktu beberapa menit saja. Situs Slazzer sendiri memang ditujukan untuk berbagai profesi yang sering menggunakan fitur hapus background.

Contohnya photographer, periklanan, developers, dealer mobil, portal berita, toko online dan perusahaan. Prosesnya juga sangat mudah, cukup pergi ke https://www.slazzer.com/, lalu upload image ke kotak yang tersedia. Terakhir, sesuaikan resolusi dan download fotonya.

hapus background foto online

3. Removal.ai

Removal.ai termasuk situs hapus backgroun online yang cukup populer. Pasalnya situs ini punya kemampuan edit foto yang cepat dan otomatis. Hanya butuh waktu hingga 3 menit untuk pekerjaan satuan.

Bukan hanya hapus background, melainkan bisa ditambah tampilan lain, seperti teks dan warna background. Kamu bisa drag dan drop foto ke dalam situs https://removal.ai/ dan gunakan fitur edit background sepuasnya.

Misalnya menggunakan eraser untuk menghapus bagian tertentu atau langsung menyimpannya. Tersedia pilihan kualitas standar dan HD

4. Adobe Express

Di kalangan editor foto dan video, pasti sudah pada kenal dengan brand Adobe. Brand yang memiliki alat-alat canggih untuk edit ini, juga mengeluarkan fitur seperti remove the background.

Salah satu keunggulannya adalah gratis selamanya dan tanpa membutuhkan informasi kartu kredit. Dengan Adobe Express kamu bisa membuat background transparan dalam sekali klik dan menggantinya dengan gambar lain.

Selain itu ada 100.000 template dan aset yang bisa kamu gunakan sebagai bahan edit. Misalnya untuk selebaran brosur, status sosial media, sampul album, foto profil dan kreasi lainnya.

Kamu juga bisa menambahkan sejumlah aset seperti bingkai, filter, gif atau animasi supaya lebih menarik.

Kunjungi https://www.adobe.com/express/feature/image/remove-background untuk memulai proyek pertamamu.

5. Erase.bg

Ingin membuat foto dengan background lebih estetik? coba pakai Erase bg. Selain bisa diakses via browser online, platform ini juga tersedia di Android dan iOS.

Platform ini mengklaim bahwa bisa memberikan tingkat akurasi penghapusan background yang tepat. Bahkan untuk objek yang rumit, seperti rambut, rumput dan tanda tangan.

Erase juga mendukung banyak format gambar, seperti JPG, JPEG, PNG, WEBP dengan ukuran yang berbeda pula. Jadi cukup menggunakan versi gambar yang sekarang, tanpa perlu repot konversi gambar ke tipe lain.

Sedangkan untuk hasil gambar bisa mencapai resolusi 5000 x 5000 px dan ukuran 25 MB. Mungkin kamu punya pertanyaan, bagaimana cara edit foto dengan resolusi HD 4k? Berapapun resolusinya, kamu tetap bisa upload dan edit di Erase bg.

Baca Juga:   5 Cara Aktivasi Kode Paket Darurat Telkomsel Bayar Nanti

remove background photoscissors

6. PhotoScissors

Soal edit mengedit memang seperti tidak bisa lepas di era media sosial ini. Pasalnya semua orang berharap mendapat banyak perhatian dan interaksi dari foto yang mereka unggah.

Alih-alih menggunakan foto standar, orang-orang lebih menyukai hasil foto yang sudah diedit, seperti diberi filter atau memperbaiki background.

Untuk memenuhi kebutuhan editing kamu, jangan ragu gunakan Photoscissors. Pasalnya aplikasi ini dilengkapi dengan tools edit yang bisa digunakan untuk menyempurnakan hasil gambar.

Dari segi kemampuannya, Photoscissors bisa digunakan untuk hapus background, orang, produk, hingga ke objek transparan, contohnya aksesoris bola salju. Kalau penasaran dengan hasilnya, silahkan coba sendiri di https://photoscissors.com/.

7. Clipping Magic

Sesuai namanya, Clipping Magic menawarkan pengalaman hapus background seperti sulap. Dengan bantuan teknologi AI dan Smart Editor, kamu bisa mendapatkan hasil gambar terbaik dan benar-benar sesuai keinginan.

Teknologi AI membantu mengenali jutaan gambar di dunia nyata, sehingga hampir bisa akurat dalam menentukan objek penting dan background. Smart editor membantu menyempurnakan gambar, dengan alat seperti :

  1. Hair tools untuk memisahkan rambut dari background yang berbeda warna
  2. Scalper untuk memotong gambar lebih presisi
  3. Smart edges untuk membersihkan tepian gambar
  4. Color control untuk menyesuaikan bayangan, kecerahan, saturasi dan suhu warna
  5. Undo & redo untuk mengembalikkan proses yang salah
  6. Adaptive brush size untuk menyesuaikan ukuran kuas supaya lebih fleksibel dan bisa mendapatkan potongan yang detail

8. Canva

Canva seakan tidak pernah kehabisan ide, karena selalu mengeluarkan fitur-fitur yang sangat efektif untuk kegiatan desain dan edit gambar digital. Kalau situs lain hanya bisa untuk hapus background di foto, Canva mendukung fitur hapus background di video.

Nggak heran jika Canva begitu cepat populer dan menyaingi aplikasi pendahulunya. Keunggulan hapus background di Canva adalah mudah dan bisa menggunakan ribuan template gratis untuk mendukung edit foto.

Simak cara menghapus background foto via Canva dibawah ini.

  1. Buat akun Canva melalui situs https://www.canva.com/
  2. Lengkapi identitas seperti nama dan minat
  3. Upgrade akun profesional (bisa daftar percobaan 14 hari)
  4. Klik gambar yang akan diedit
  5. Pilih opsi edit gambar di bagian atas
  6. Klik penghapus LB pada panel samping
  7. Tunggu proses penghapusan
  8. Jika sudah sesuai, klik ‘Terapkan’

9. Clip Drop

Clip Drop adalah platform edit visual online istimewa yang telah digunakan untuk brand kelas dunia untuk membuat katalog produk visual. Clip Drop memiliki dukungan aplikasi, aset, menggunakan artificial intelligence.

Baca Juga:   Cara Membuat Linktree Gratis Dan Mudah Bagi Pemula

Bahkan platform ini memungkinkan untuk membuat desain gambar, hanya dengan mengarahkan foto objek yang ada di sekeliling, ke dalam proyek.

Secara otomatis gambar objek tersebut akan tertempel dalam proyek. Selain itu dengan Clip Drop kamu bisa mendapatkan banyak editor online seperti :

  1. Cleanup berupa fitur untuk menghapus objek, seperti objek benda, orang, teks dan objek lain.
  2. Relight berupa fitur untuk penyesuaian cahaya di foto  secara alami
  3. Image upscaler berupa fitur untuk meningkatkan kualitas gambar dalam hitungan detik
  4. Remove background berupa fitur untuk memisahkan objek utama dengan latar belakang

Untuk menggunakan fitur remove background, kamu cukup buka halaman https://clipdrop.co/remove-background, seret gambar ke dalam kotak edit dan secara otomatis Clip Drop akan memprosesnya. Dapatkan hasil yang maksimal, tajam dan fokus, meskipun menggunakan jenis objek yang kompleks.

Keuntungan Hapus Background Foto Online

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, dengan menghapus background secara online kita akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Diantaranya ialah seperti berikut.

Mempercepat Proses Kerja

Pekerjaan menghapus foto bagi sebagian orang bukan hanya untuk 1, 2 objek foto saja, melainkan bisa mencapai puluhan hingga ratusan.

Apalagi jenis objek yang akan di edit, berbeda-beda. Menghapus background secara manual, lewat aplikasi edit foto di perangkat, biasanya membutuhkan yang sangat lama.

Solusinya memang menggunakan situs hapus background khusus yang banyak beredar di internet.

Hasil Edit Berkualitas

Perlu diketahui bahwa situs edit foto online sudah menggunakan teknologi canggih seperti AI (Artificial Intelligence) sehingga bisa menghasilkan foto yang berkualitas.

Membantu Kampanye Pemasaran

Kamu bisa mengadakan challenge ganti background foto dengan foto produk yang ingin dipasarkan.

Mereka bisa gunakan tools edit secara online dengan mudah, sehingga bisa lebih banyak peserta yang tertarik untuk ikut challenge produk tersebut.

Hemat Tenaga dan Biaya

Dulu proses hapus background biasa dilakukan secara manual dan sangat menyita waktu dan tenaga. Alternatif lain adalah membayar jasa hapus background dan tentu memerlukan biaya tambahan. Dengan platform edit foto online, prosesnya sangat mudah dan gratis.

Tanpa Green Screen

Metode layar belakang hijau memang masih digunakan saat ini untuk memudahkan proses editing foto maupun video. Namun hal ini dilakukan untuk objek yang original dan dengan kampanye khusus.

Sedangkan dengan bantuan situs, untuk sekali foto produk, gambar model atau objek lain bisa diduplikasi untuk tema foto lain. Kamu bahkan bisa menyadarinya dari situs microstock gratis di internet.

Mudah Ganti Background

Setelah proses hapus background foto, biasanya langkah selanjutnya adalah mengganti background.

Dengan bantuan situs online, kamu bisa sekaligus mengganti background, misalnya dengan foto pemandangan atau warna khusus pas foto seperti merah dan biru.