Cara Menambah Channel TV Digital Menggunakan STB

Luarbiasa.id-Saluran TV di Indonesia yang sudah berpindah dari siaran analog menjadi siaran digital menjadikan banyak orang yang mulai beralih ke siaran TV digital, akhirnya ingin tahu cara menambah channel TV digital seperti apa.

Mungkin termasuk juga dengan Anda? Ya, ketika TV di rumah Anda merupakan TV analog dan ingin dialihkan ke TV Digital, salah satu masalah yang kemudian memang akan Anda hadapi adalah ketidakmampuan televisi menangkap seluruh siaran dari channel TV.

Itu artinya untuk bisa menikmati lebih banyak siaran dari channel TV, Anda harus menambah channel TV. Cara menambah channel TV digital seperti apa? Anda bisa simak informasi lengkap berikut ini!

nomor mux

Cara Menambah Channel TV Digital Menggunakan STB

Anda bisa menambah channel TV Digital dengan menggunakan STB. Adapun cara menambah channel TV digital dengan memanfaatkan dukungan STB sebagai berikut :

Cari tahu nomor MUXnya

Jadi sebelum menambah channel TV dan melakukan pencarian saluran untuk TV digital, Anda perlu tahu dulu nomor MUX pemancarnya. Anda bisa mencari tahunya dengan browsing nomor MUX tersebut di internet.

Posisikan antena secara tepat

Antena juga perlu Anda posisikan ke arah yang tepat agar sinyal saluran TV yang bisa ditangkap semakin maksimal. Tanpa memosisikan antena secara tepat, TV akan sulit menangkap siaran dalam jumlah yang lebih banyak.

Lakukan instalasi pada TV

Instalasi yang dilakukan pada unit TV analog atau tabung yang akan ditambah saluran channel siaran TV-nya harus diperhatikan. Pastikan instalasi tersebut Anda lakukan dengan tepat.

Anda harus melakukan pemasangan RCA atau AV dari STB ke colokan TV dengan langkah yang benar, jangan sampai salah. Selain itu, Anda juga harus memasang kabel dari STB ke antena bagian luar agar saluran bisa termanage dengan baik.

Pastikan instalasi berhasil

Setelah instalasi dilakukan, coba untuk menyalakan TV. Setelah TV dinyalakan, nyalakan juga STB-nya. Atur jenis saluran yang ada di TV ke bagian AV-nya. Pastikan juga bahwa tampilan bawaan atau logo dari STB dapat muncul pada layar televisi dengan benar. Jika logo STB muncul, itu artinya pengaturan saluran dan proses instalasi sudah berhasil.

Masuk ke pengaturan dan cari saluran

Coba cek STB Anda. Anda akan menemukan remote sebagai bawaan STB. Nah, remote STB tersebut memiliki beberapa tombol.

Baca Juga:   6 Cara Cek Nomor Telkomsel Sendiri dan Gratis Lewat HP

Salah satunya ada tombol menu. Perhatikan tombol menu tersebut dan lakukan langkah – langkah berikut :

  • Tekan tombol menu
  • Pilih Saluran
  • Pilih Pencarian Saluran DTV
  • Pakai pencarian manual pada DTV
  • Nomor MUX yang sudah Anda dapatkan tadi kemudian perlu dimasukkan atau diinput.

Cek pada layar TV Anda

Coba cek layar TV Anda. Jika proses instalasi TV dan perangkat STB di atas berhasil, maka TV Anda akan segera menampilkan indikator signal saluran dari TV digital.

Cari signal terkuat dengan cara memutar antena luar. Ada baiknya hal ini dilakukan dua orang. Jadi satu orang memutar antena luar, kemudian satu orang lagi di dalam rumah memastikan bahwa antena yang diputar ke arah yang tepat dan siaran sudah muncul tanpa gangguan di TV.

Lakukan pemindaian saluran

Jika persentase kekuatan signal sudah didapatkan, tekan pada bagian tombol ‘Start’. Kalau sudah, tunggu proses pemindaian sampai selesai.

Kemudian bagaimana cara menyimpan salurannya?

Saluran TV digital yang sukses dilakukan pemindaian tadi akan tersimpan secara otomatis pada televisi milik Anda. Anda pun dapat mengecek dan mulai menyaksikan tayangan apa saja yang Anda inginkan pada TV yang sudah beralih ke TV digital tersebut. Selamat menikmati tayangan!

Oh ya, untuk memudahkan proses pemindahan saluran dari TV analog ke TV digital menggunakan STB, pastikan Anda membeli STB yang berkualitas.

Ada baiknya Anda pastikan menggunakan STB yang tersertifikasi Kominfo agar saluran yang bisa ditayangkan di TV Anda berkualitas dan banyak.

Merk STB Terbaik

Rekomendasi Merk STB Terbaik

Matrix

Merk STB yang pertama direkomendasikan adalah STB Matrix. STB ini bisa Anda dapatkan secara online dengan sangat mudah. Banyak penjual STB di marketplace yang menjual produk Matrix.

Salah satu produk STB Matrix yang populer, banyak dijual dan banyak dicari adalah Matrix Apple DVB T2. Dengan harga hanya 300an ribu rupiah saja, produk ini sudah bisa dinikmati dengan cukup banyak keunggulan di baliknya.

Produk sudah mendukung YouTube dengan dongle wifi, mendukung berbagi tampilan ponsel ke TV dengan dongle wifi, mendukung gambar Full HD yang super tajam, didukung dengan set top box SNI (Standar Nasional Indonesia) dan telah memiliki sertifikat Early Warning System (EWS System) atau sertifikat peringatan dini.

Paket penjualannya juga sudah dilengkapi dengan remote dan juga kabel RCA. STB ini bahkan mendukung pemutaran YouTube, YouTube Kids, dan juga MeTube.

Selain Matrix Apple, ada juga Matrix Garuda dan juga Matrix Burger yang termasuk kategori produk STB Matrix yang banyak dicari dan dijual. Anda pun bisa memilih salah satu produknya.

Baca Juga:   7 Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Chat Tanpa Aplikasi

Polytron

Ada banyak produk peralatan elektronik dalam negeri yang merupakan keluaran dari brand Polytron. Salah satu produk yang Polytron buat adalah STB atau set top box product. Polytron memiliki cukup banyak pilihan produk STB.

Salah satu produk STB yang Polytron punya adalah Polytron PDV 610T2. Produk yang satu ini dijual dengan harga 350 ribu sampai dengan 450 ribu rupiah. Produk keluaran Polytron ini juga menawarkan cukup banyak keunggulan dibandingkan dengan STB dari merk lain dengan harga yang sama.

Beberapa keunggulan yang bisa dinikmati dari produk STB Polytron PDV 610T2 ini di antaranya adalah kemampuan pencarian saluran TV otomatis, kemampuan dalam merekam acara favorit, serta penggeser waktu siaran.

Produk yang memiliki desain ramping ini di sisi lain juga mendukung pemutaran video dari flashdisk atau pun harddisk eksternal dengan dukungan format yang beragam.

Advance

Advance merupakan produk STB yang memberlakukan sistem pre-order. Harga produk STB Advance ini saking larisnya dari waktu ke waktu semakin fluktuatif.

Untuk harga, produk ini dibanderol sekitar 270 sampai dengan 350an ribu rupiah yang mana harga tersebut cukup pricy. Meski begitu, Advance memiliki cukup banyak kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah mendukung resolusi yang besar.

Salah satu produk Advance dengan dukungan resolusi yang besar adalah Advance STP-A01 yang didukung dengan resolusi 1920 x 1080 pixels. Kalau soal kualitas, Advance merupakan sebuah perusahaan elektronik yang hadir sejak tahun 2000 dan memang memiliki personality brand yang sangat baik.

Akari

Merk produk elektronik Indonesia lainnya yang juga memiliki produk STB adalah Akari. Perusahaan elektronik yang sudah berdiri lama ini memiliki cukup banyak produk salah satunya adalah STB Akari ADS-2230.

Produk yang dibanderol dengan harga 270an ribu rupiah ini dilengkapi dengan fitur peringatan dini bencana alam dan didukung dengan fungsi EPG (Electronic Program Guide).

Keunggulan lain dari STB Akari ADS-2230 ini adalah bahwa STB didukung dengan OSD bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dibekali indikator level signal dan tingkat kualitas yang baik, memiliki kapasitas penyimpanan program yang cukup tinggi sampai dengan 999 program, serta dapat merekam serta memutar kembali acara TV atau pun radio.

Tanaka

Tanaka merupakan sebuah merk produk elektronik dari Indonesia yang hadir dengan kualitas yang baik, sudah memiliki sertifikasi SNI (Sertifikat Nasional Indonesia), Postel, dan juga EWS system. Produk elektronik ini juga didukung dengan pemberitahuan bencana alam dini yang didasarkan atas kode pos.

Baca Juga:   Solusi Mengatasi "Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat" di Android

Ada cukup banyak produk STB yang Tanaka punya. Salah satu produk tersebut adalah Tanaka T2 yang dijual dengan harga sekitar 250an ribu rupiah. Bodynya memang terbuat dari plastik sehingga bisa dikatakan cukup ringkih. Namun spesifikasinya cukup bersaing dan didukung beberapa fitur mumpuni juga.

Selain Tanaka T2 ada juga Tanaka T2 Sniper yang kualitasnya di atas Tanaka T2. Namun harganya juga sedikit lebih mahal. Produk Tanaka T2 Sniper ini dibanderol dengan harga 325an ribu rupiah. Produk ini sudah memiliki dukungan akses terhadap YouTube, WeTV, TikTok, Vidio, dan juga fitur lain untuk melakukan screen cast dari ponsel atau perangkat HP.

Evercoss

Evercoss merupakan sebuah produsen yang dikenal memiliki produk elektronik berkualitas dan banyak mulai dari produk ponsel, smartwatch dan bahkan juga ada produk STB-nya.

Produk STB Evercoss ini cukup banyak pilihannya. Salah satu produk STB Evercoss yang banyak dipilih adalah STB DVB T2. Produk ini didukung dengan siaran kualitas Full HD yang cenderung tajam dan jernih.

Produk ini juga didukung cukup banyak fitur seperti terdapat fitur HDMI, MP3/ MP4 player, USB dan didukung juga dengan resolusi FHD 1080 dibaliknya. Produk STB Lain yang Evercoss punya dan termasuk ke dalam produk STB yang banyak dicari adalah kolaborasi antara Evercoss dengan Luna.

Produk tersebut bernama Luna X Evercoss STB TV. Harganya memang sedikit lebih mahal, namun spesifikasinya lebih baik dibandingkan produk yang kita sebutkan sebelumnya dan juga didukung fitur yang mumpuni.

Advan

Advan merupakan salah satu perusahaan lokal yang juga memproduksi STB. Perusahaan dalam negeri ini memang sebelumnya lebih dikenal dengan produk berupa tablet, komputer dan modem.

Namun kini Advan juga sudah memiliki produk di ranah STB walau memang produk STB Advan masih tergolong sebagai produk baru. Meski begitu, kualitasnya mampu bersaing dengan produk STB dari brand – brand lain.

Produk STB dari Advan juga cukup banyak. Salah satu produk STB Advan yang bisa jadi pilihan adalah Advan Digipro DVB-10KK. STB ini didukung cukup banyak fitur menarik. Beberapa contoh fitur menarik yang Advan Digipro DVB-10KK punya adalah didukung format video dan audio MPEG1, MPEG2, MPEG4, H264, WMA, ACC, dan juga audio file MP3.

STB ini juga didukung dengan pemutaran video YouTube. Jika Anda tertarik untuk membeli produk STB ini, Anda bisa siapkan dana sekitar 250an ribu rupiah. Atau ingin memiliki produk STB Advan lainnya? Anda bisa memilih tipe lain dari Advan.

Baca juga: Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal Dan Penyebabnya

Itulah informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait cara menambah channel TV digital yang bisa dilakukan beserta informasi terkait merk STB yang direkomendasikan. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat dan menginspirasi.