Cek Status Subsidi Tepat Mypertamina Id (Daftar, Syarat, Menggunakan)

Luarbiasa.id – Cek status subsidi tepat mypertamina Id bisa dilakukan melalui website atau aplikasi resmi milik mereka. Sebelumnya berita mengenai pembayaran subsidi melalui QR code sudah ada dari tahun lalu, namun proses penerapan nya masih belum sukses sampai sekarang. Di beberapa lokasi sudah mulai dipasang sebuah banner yang mengatakan bahwa permbayaran memalui aplikasi mypertamina.id ini sudah dalam tahap percobaan.

Artinya bagi kalian yang sudah mendaftar pada aplikasi ataupun website mereka sudah bisa mulai mencobanya. Namun karena ini masih tahap percobaan, kami rasa tidak semua pom bensin sudah memulainya. Tetapi baiknya kalian siap-siap dahulu, khususnya bagi kalian yang tidak gaptek sama sekali.

Sebelum melakukan pembayaran subsidi menggunakan QR code, memerlukan proses pendaftaran terlebih dahulu, jadi tidak bisa langsung kalian lakukan. Bukan hanya itu saja, setelah selesai kalian juga mesti menunggu approval dari pihak Pertamina nya, hal ini dikarenakan perlu penyesuaian data terlebih dahulu. Untuk informasi saja, QR code ini akan khusus, artinya akan khusus untuk kendaraan yang kalian daftarkan saja. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat secara lengkap pada artikel kali ini.

Cara Cek Status Subsidi Tepat Mypertamina Id

Bagi kalian yang sudah selesai melakukan pendaftaran, dan sekarang sudah di approve atau belum, bisa disimak pada bagian ini. Tetapi untuk kalian yang sama sekali belum melakukan proses pendaftaran, silahkan untuk melanjutkannya pada bagian cara daftar yang sudah kami sediakan dibawah.

Sebelumnya untuk cek status subsidi tepat Mypertamina id ini caranya mudah. Kalian akan menerima notifikasi apakah akun kalian sudah bisa digunakan atau belum. Tetapi menunggu notifikasi tersebut sepertinya memang agak melelahkan untuk beberapa orang, yang menyebabkan sebagian dari kalian mencarinya di internet. Contoh status notifikasinya bisa kalian lihat dibawah ini.

Baca Juga:   Tips Membuat BIO IG Keren Simple Bahasa Inggris Agar Menarik

Halo, (Nama kalian) Nomor polisi kendaraan (pelat nomor) telah diterima sebagai pengguna BBM subsidi. Dapat disampaikan bahwa:

  1. Penerima subsidi wajib untuk mengikuti ketentuan penyaluaran subsidi yang sudah diatur oleh pemerintah
  2. Status penerimaan subsidi tidak permanen, dan dapat berubah sewaktu-waktu
  3. QR code kendaraan anda bisa dilihat dengan melakukan log in pada subsiditepat.mypertamina.id/ atau melalui aplikasi MyPertamina melalui fitur “subsidi tepat”.

Penerimaan notifikasi tersebut dapat kalian lihat pada E-Mail yang dimasukkan pada proses pendaftaran. Lalu akan ada proses yang perlu kalian tunggu, jadi setelah mendaftar tidak akan langsung masuk pemberitahuannya. Ini merupakan hal yang wajar ketika orang diseluruh Indonesia mencoba untuk melakukan proses tersebut secara bersamaan. Lalu perlu menunggu seberapa lama sampai notifikasi tersebut bisa diterima?

Kapan Notifikasi Penerimaan Pengguna BBM Subsidi akan Dikirim oleh MyPertamina?

Jadi mengingat pembayaran melalui QR code sudah mulai diterapkan untuk beberapa daerah, hitungan orang yang ikut mendaftar pada aplikasinya kian naik juga. Artinya dengan tenaga kerja yang sedikit, dan banyak data yang masuk tentu saja akan membuat pengiriman notifikasi tersebut akan sedikit terlambat. Jadi, bagi kalian yang tidak sabar untuk mengetahui dan cek status subsidi tepat Mypertamina Id nya, perlu menunggu beberapa saat.

Lama atau tidaknya proses tersebut akan tergantung dengan jumlah data yang masuk pada saat itu. Belum lagi proses penyesuaian data yang harus dilakukan oleh mereka. Karena tidak semua data yang kalian kirimkan tersebut benar-benar sesuai dengan yang ada di komputer mereka. Jadi bisa diperkirakan notifikasi tersebut akan dikirim pada waktu 14 hari kerja. Namun seperti yang sudah kami sebutkan diatas, waktunya akan beragam, jadi bisa cepat, atau akan terlambat.

Cara Daftar dan Cek Status Subsidi Tepat MyPertamina Id

Cara Daftar dan Cek Status Subsidi Tepat Mypertamina Id

Karena penjelasan mengenai cara cek statusnya sudah kami selesaikan di atas. Sekarang adalah bagian pendaftarannya. Beberapa dari kalian mungjin belum mengetahui ada berita ini, dan sekarang sedang mencari bagaimana cara untuk mendaftar pada aplikasi, maupun website MyPertamina Id bukan?

Akan ada dua cara, dan sebenarnya sama saja, tergantung kalian lebih nyaman memakai langkah yang mana. Jadi bagi kalian yang sudah siap untuk mengetahui caranya, bisa langsung saja untuk melihatnya pada bagian ini.

Baca Juga:   Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara (Tidak Bisa Dihubungi)

Data yang Perlukan Untuk Mendaftar Subsidi Tepat

Sebelum mendaftar mari kita siapkan terlebih dahulu data yang diperlukan untuk kalian isi pada formulir yang sudah disiapkan oleh mereka. Dengan demikian, kalian tidak perlu mencari-carinya lagi karena semuanya sudah tersedian disini. Data yang perlu kalian siapkan bisa dilihat sebagai berikut.

  1. KTP (Foto)
  2. Foto kalian
  3. STNK yang telah dibuka, tampak depan dan juga belakang (Foto)
  4. Foto kendaraan (Bagian depan dan sisi)
  5. Foto nomor polisi (Pelat)
  6. Dan data lainnya.

Kenapa data perlu disiapkan terlebih dahulu? Alasannya adalah agar saat kalian mengisi formulirnya lebih menghemat waktu karena semuanya sudah tersedia. Proses ini memerlukan waktu yang tidak lama, namun jika semuanya belum kalian siapkan, maka proses pun akan terasa lebih ribet.

Cara Daftar Subsidi Tetap Menggunakan Aplikasi MyPertamina Id

Pertama melalui aplikasi resmi mereka, kedua acaranya sebenarnya sama, namun platformnya saja yang berbeda, bagi yang sudah tidak sabar untuk cek status subsidi tepat pada aplikasi MyPertamina Id nya, bisa kalian simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Buka aplikasi MyPertamina, jika kalian belum memilikinya, silahkan untuk mendownload aplikasinya pada Google Playstore, ataupun App store
  2. Jika belum daftar, silahkan lakukan proses tersebut dengan memasukkan nomor telepon, dan pasang PIN setelah itu
  3. Log in dengan menggunakan informasi yang telah dibuat tadi
  4. Temukan menu “Daftar dan Transaksi” lalu ketuk
  5. Klik tombol yang berwarna biru untuk mendaftarkan kendaraan kalian agar menerima BBM bersubsidi seperti pertalite, dan solar
  6. Masuk kan NIK dan PIN
  7. Disini, kalian perlu mengisi formulir yang mereka sediakan
  8. Isi data diri, sesuai dengan apa yang ada di KTP, disini kalian juga harus mengupload foto KTP dan foto diri
  9. Input password, ini akan digunakan jika ada perubahan data, mohon dicatat dan diingat, lalu klik selanjutnya
  10. Isi kontak beserta dengan alamat kalian, jika sudah ketuk lanjutkan
  11. Silahkan pilih jenis subsidi, dan tipe customer
  12. Pada formulir kendaraan, silahkan masuk kan foto STNK, kendaraan, dan juga nomor polisi (pelat), usahakan tidak buram, dan ikuti contoh yang ada
  13. Isi data pengguna kendaraan yang sekarang sedang didaftarkan
  14. Untuk pemberitahuan saja, informasi kendaraan, instansi, dan juga pengguna kendaraan bisa di isi lebih dari satu atau bisa disesuaikan dengan jumlah kendaraan yang dimiliki
  15. Bagi kalian yang mendaftar untuk non-kendaraan seperti keperluan pabrik dan semacamnya, silahkan isi formulir seperti diatas, beserta data surat rekomendasi, lalu masuk kan kuota yang tertera disurat
  16. Tetapkan password, ini perlu diingat, jika mudah lupa, silahkan dicatat
  17. Jika sudah sesuai semuanya, ketuk lanjutkan
  18. Centang pada persetujuan privasi, dan ketuk daftar BBM subsidi
  19. Tunggu sampai data kalian di approve
Baca Juga:   Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya

Informasi mengenai berapa lama proses penerimaan, dan cara cek status subsidi tepat Mypertamina Id sudah kami siapkan diatas.

Baca juga: 10 Aplikasi Kuliah Online Terbaik 2023 Untuk Cari Ilmu

Cara Daftar Subsidi Tepat Melalui Website subsiditepat.mypertamina.id

Jika kalian lebih nyaman dengan menggunakan browser, silahkan ikuti cara dibawah ini. Data yang harus kalian siapkan sama seperti pada proses pendaftaran melalui aplikasi. Untuk yang sudah tidak sabar, silahkan simak poin-poin yang sudah kami sediakan.

  1. Kunjungi website subsiditepat.mypertamina.id
  2. Setelah masuk pada halaman utamanya, centang kotak yang ada dibawah log in, dan klik daftar sekarang
  3. Isi formulir, prosesnya sama dengan apa yang ada pada cara pendaftaran melalui aplikasi
  4. Jika sudah terisi semuanya silahkan ketuk daftar pengguna BBM subsidi
  5. Silahkan tunggu notifikasinya masuk ke dalam E-mail kalian
  6. Jika sudah ada, download QR code pada aplikasi, maupun websitenya.

Cara Menggunakan QR Code MyPertamina Id dan Cek Status Subsidi Tepat

Setelah kalian mendapatkan notifikasi, berikutnya adalah mengetahui cara untuk menggunakan QR Code tersebut bukan? Bagi kalian yang belum mengetahui caranya, silahkan untuk menyimak tutorial berikut ini.

  1. Siapkan QR code yang bisa kalian unduh melalui aplikasi, ataupun website resmi Pertamina
  2. Sebelum melakukan pembelian, silahkan tunjukkan QR code tersebut kepada petugas yang melayani kalian
  3. Untuk sekedar informasi saja, QR code ini tidak selalu harus ditunjukkan secara online, kalian juga bisa mencetaknya
  4. Setelah selesai silahkan isi bahan bakar sesuai dengan yang dibutuhkan
  5. Proses pembayaran bisa dilakukan dengan tunai ataupun secara non-tunai.

Mudah bukan? Jika kalian akan mengisi dengan menggunakan QR code, siapkan terlebih dahulu, baik itu berupa foto, ataupun bentuk fisiknya. Dengan demikian, proses pembelian bahan bakar kalian tidak akan terhambat.

Kesimpulan

Jadi cara cek status subsidi tepat Mypertamina Id bisa dilakukan setelah kalain mendaftar terlebih dahulu, baik itu melalui aplikasi maupun website resmi mereka. Informasi mengenai cara cek status, cara mendaftar, data yang perlu disiapkan, dan cara menggunakan QR code nya sudah ada bagian-bagian yang bisa kalian lihat di atas. Terimakasih banyak telah mengunjungi website kami.