Cara Kerja Lensa tele, Kelebihan Fitur dan Jenisnya

Luarbiasa.id – Cara kerja lensa tele sekarang menjadi salah satu topik yang trending di internet. Hal ini disebabkan oleh kemunculannya yang hampir ada pada setiap pertandingan bola. Kamera ini memiliki fungsi yang lumayan spesifik, dan biasa digunakan untuk mengambil objek pada jarak dekat, ataupun jarak jauh. Kalian akan sering menemukannya pada pertandingan olahraga, contohnya adalah sepak bola.

Kamera sendiri memiliki berbagai macam jenis yang membuatnya memiliki keunikan masing-masing. Jika hanya digunakan untuk potret biasa saja, DSLR akan menjadi pilihan yang tepat. Berbeda lagi jika kalian mencoba untuk mengambil objek yang ada pada posisi lumayan jauh. Untuk itu, jika kalian berencana untuk membeli sebuah kamera, baiknya melakukan sebuah riset mengenai tipe apa yang cocok.

Penggunaan kamera sepertinya menjadi salah satu kegiatan yang lumayan banyak sekali dilakukan. Baik itu menggunakan handphone, ataupun memakai alatnya langsung. Untuk hal-hal yang bersifat pribadi, sepertinya yang tersedia pada device android, maupun handphone sepertinya sudah cukup, karena memang rentangnya yang itu-itu saja.

Untuk pemakaian yang bersifat khusus seperti reporter olahraga, ataupun kameraman national geographic. Mereka membutuhkan kamera dengan kualitas, dan mode zoom yang lumayan jernih. Tentu saja membutuhkan tipe lensa yang berbeda. Salah satunya adalah kamera yang memiliki lensa tele, atau kepanjangannya telephoto. Untuk kalian yang penasaran mengenai informasi mengenai hal ini, silahkan simak sampai selesai.

Fungsi, dan Cara Kerja Lensa Tele

Fungsi sebuah lensa tele adalah untuk memperjelas sebuah objek yang ada pada jarak jauh seperti manusia, hewan, ataupun pemandangan seperti gunung. Dengan demikian, meskipun posisi kameraman berada sangat jauh dari objek yang akan diambil, hasilkan akan tetap terlihat jelas, dan tidak blur sama sekali.

Baca Juga:   8 Rekomendasi Film Survival Terjebak Bertahan di Pulau & Hutan

Makanya, lensa seperti ini sering digunakan pada acara, ataupun kegiatan yang membuat kameraman nya tidak bisa mendekati sebuah objek. Untuk penggunaan sehari-hari sepertinya masih belum umum di Indonesa, karena memang mebutuhkan ketertarikan ataupun hobby, jika ingin invest orang-orang pun akan memikirkannya untuk dua kali.

Lensa tele ini sebenarnya tidak terlalu mahal, namun akan disesuaikan dengan kualitasnya juga. Penggunaan tidak hanya dibatasi pada kamera digital saja, artinya pada device seperti android, dan iphone pun bisa. Namun kualitas yang dihasilkan tentu saja akan bergantung pada harga, dan merk yang mengeluarkannya. Jadi ada harga, ada kualitas.

Semakin mahal, dan bagus lensa tele yang kalian beli, maka akan semakin HD juga foto yang dihasilkannya nanti. Oleh karena itu, meskipun beberapa lensa masih bisa terjangkau dengan mudah, sebagian besar kameraman profesional menggunakan device yang tidak murah. Namun, jika kalian memiliki kemampuan foto grafi yang bagus, kami rasa lensa murah pun bisa dimanfaatkan dengan baik.

Apa Itu Lensa tele? dan Bagaimana Cara Kerja nya?

Apa Itu Lensa tele, dan Bagaimana Cara Kerja nya

Lensa tele, seperti namanya adalah sebuah spare part yang bisa diaplikasikan kepada device seperti kamera digital, maupun yang ada pada android, dan iphone. Bentuknya sendiri agak panjang, karena memang diprogram, dan dibentuk seperti demikian. Harganya sendiri bervariasi, dan dapat ditemukan diberbagai toko online seperti Tokopedia, dan Shopee. Cara kerja lensa tele adalah untuk mengambil potret dari jauh.

Sekedar untuk informasi saja, ini bukanlah sebuah kamera, jadi jika kalian ingin membelinya kelak, barang yang akan datang hanya lensanya. Untuk itu kalian perlu melakukan sebuah riset kecil-kecilan terlebih dahulu sebelum melakukan proses pembelian. Karena memang setiap lensa tele memiliki cara kerja, dan kualitas yang berbeda-beda.

Berbeda dengan saat kalian hanya menggunakan kameranya saja, proses zoom akan dibatasi. Pada umumnya hanya bisa sampai 3 kali lipatnya saja. Namun, dengan menggunakan lensa telephoto ini, proses pembesaran bisa dilakukan sampai 10 kali lipat. Yang menyebabkannya akan sangat berguna ketika kalian ingin memotret dari jarak jauh. Jadi jika kalian tidak biasa mengambil foto pada posisi tersebut, kami sarankan tidak usah untuk membelinya.

Baca Juga:   70+ Rekomendasi Nama Kucing Unik dan Lucu Beserta Artinya

Tetapi jika kalian tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai topik kali ini, kami akan menyediakan berbagai macam informasi yang berhubungan dengannya. Segala info yang berhubungan seperti jenis, dan fakta lainnya bisa langsung kalian cek pada bagian berikut ini.

Kelebihan dan Fitur Pada Lensa Tele

Ada beberapa fitur yang bisa kalian temukan pada saat menggunakan sebuah lensa tele. Bagi kalian yang penasaran dan ingin mengetahui efek apa saja yang bisa kalian dapatkan saat menggunakannya. Silahkan simak bagian ini sampai selesai. Dengan demikian, jika suatu saat nanti kalian memilikinya, jadi akan ada sedikit pengetahuan mengenai hal tersebut.

10 X Zoom

Zoom tentunya menjadi salah satu fitur yang sering kalian temui pada kamera bukan? Karena memang pada handphone biasa pun ada. Tetapi kekurangan zoom pada setiap handphone tidak akan sama saat kalian menggunakan sebuah lensa. Kebanyakan dari hasilnya akan blur, atau tidak jelas.

Saat menggunakan lensa tele, proses zoom akan diperbesar hampir sepuluh kali lipat dari biasanya. Namun ini juga akan tergantung kepada jenis, dan kualitas lensa yang kalian gunakan. Jadi tidak bisa di sama ratakan karena setiap produk mempunyai keunggulannya masing-masing. Semakin tinggi kualitas, semakin bagus juga hasilnya kelak.

Depth of Field (DoF)

Ini adalah sebuatan untuk area yang memasuki range kamera, jika termasuk di dalamnya, objek yang diambil akan memiliki kualitas jernih, dan juga jelas. Untuk yang ada diluar area tersebut akan tampak blur. Hal ini digunakan agar objek yang kalian ambil bisa terlihat dengan menonjol daripada yang ada disekitarnya.

Inilah salah satu kelebihan yang pasti ada pada setiap lensa tele, dan cara kerja nya hampir otomatis. Makanya, kami sudah sering menyebutkannya di atas bahwa penggunaan lensanya sering ada pada pertandingan olahraga. Yang mana kameramen tidak akan bisa mendekati posisi objek pada jarak yang lumayan dekat.

Baca Juga:   Tarif IndiHome Per Bulan Tahun 2023 (Daftar Paket Terbaru)

Cocok Untuk Digunakan Secara Jarak Jauh

Untuk penggunaan jarak dekat tentu saja bisa kalian lakukan dengan mudah meskipun tidak menggunakan sebuah lensa. Karena kebanyakan kamera memang didesain seperti demikian. Memakai kamera yang ada pada setiap handphone pun hasilnya cukup terbilang lumayan. Lalu bagaimana untuk penggunaan jarak jauh?

Di sinilah lensa telephoto akan membantu kalian. Teknologi ini didesain dengan sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan foto dalam kondisi terbaik meskipun jaraknya lumayan jauh. Jadi ini akan cocok untuk kalian yang hobi memotret sebuah pemandangan ataupun hewan. Untuk kasus makhluk hidup, kalian bisa dengan aman mengambil gambarnya karena posisi kalian berdiri akan lumayan jauh juga.

Compression Effect

Adalah salah satu fitur unggulan lainnya yang bisa kalian temukan pada sebuah lensa tele. Cara kerjanya adalah untuk memperdekat background dengan objek yang diambil. Meskipun aslinya tidak demikian, namun pada hasil pemotretan, latar belakang seperti pepohonan akan terlihat mendekati objek yang diambil. Silahkan gunakan masing-masing efeknya secara semaksimal mungkin.

Jenis-jenis Lensa Tele, dan Cara Kerja nya

Jenis-jenis Lensa Tele, dan Cara Kerja nya

Jenis yang kami maksudkan disini adalah focal length yang dimiliki setiap lensa telephoto nya. Karena setiap focal length sepertinya memberikan efek, dan kemampuan yang berbeda-beda. Disini kami akan berusaha keras untuk menjelaskannya satu per satu berdasarkan fungsinya juga, jadi langsung simak saja.

Lensa Tele Pendek (85 MM – 135 MM)

Lensa dengan jarak ini akan sangat cocok untuk digunakan pada objek yang lumayan dekat, karena memang teknologinya didesain untuk bekerja dengan baik pada posisi tersebut. Jika kalian sering mengambil gambar pada posisi tersebut, lensa yang ini pas untuk kalian beli, dan gunakan.

Lensa Tele Sedang (135 MM – 300 MM)

Kemudian cara kerja lensa tele ini juga tersedia pada jarak sedang, dimana akan bekerja dengan baik pada posisi yang lumayan agak juah daripada biasanya.

Lensa Tele Jauh (300 MM Lebih)

Ini adalah golongan lensa yang lumayan panjang, dan biasa digunakan untuk memotret atau pengambilan video pada jarak jauh. Ini adalah salah satu lensa yang sering digunakan pada permainan sepak bola, ataupun olahraga lainnya.

Kesimpulan

Jadi cara kerja lensa tele adalah untu memperdekat sebuah objek dengan cara meng-zoom nya pada kualitas tertentu. Dengan demikian, proses pengambilan gambar pada jarak itupun akan bisa menghasilkan kualitas yang bagus. Untuk kalian yang penasaran mengenai keseluruhan informasinya, silahkan simak semua dari awal.