5 Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Di HP Android

Luarbiasa.id-WhatsApp atau WA merupakan salah satu aplikasi bertukar pesan online yang banyak digunakan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik, seperti hapus pesan. Hapus pesan memungkinkan pengirim untuk menghapus pesannya agar tidak terbaca oleh penerima.

Pesan terhapus sebelum dibaca tentu membuat penasaran, bukan? Dari pada anda di ikuti rasa ingin tahu tersebut. Berikut cara melihat pesan WA yang sudah dihapus.

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus

Selain menggunakan cara resmi seperti dengan mengembalikan lewat backup, anda juga dapat melihat pesan yang sudah terhapus ini dengan aplikasi berikut.

melihat pesan terhapus WhatsAPp

Dengan Aplikasi WAMR

Cara melihat pesan WA yang sudah dihapus pertama adalah dengan menggunaan aplikasi tambahan yang bernama WAMR. Aplikasi ini akan secara otomatis menjadi aplikasi WhatsApp seperti biasanya. Namun, yang menjadi perbedaan besarnya adalah pesan di dalamnya akan tersedia, termasuk pesan-pesan yang telah dihapus.

Cara menggunakan aplikasi ini terbilang mudah. Langkah pertama, tentu kamu harus mengunduh aplikasi WAMR terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat kamu download melalui Google Play Store. Setelah aplikasi terunduh, lakukan pendaftaran untuk membuat akun di aplikasi WAMR.

Setelah melakukan pembuatan akun, klik Terima untuk menyetujui segala persyaratan dan penggunaan yang diajukan oleh aplikasi WAMR ini. Kemudian, ceklis pilihan WhatsApp di bagian Select Apps to Monitor. Jika sudah tercentang, klik opsi Enable di setting WAMR. Jangan lupa untuk mengizinkan akses yang dibutuhkan oleh WAMR.

Setelah melakukan semua langkah dan cara yang disebutkan di atas, kamu bisa menggunakan aplikasi WAMR ini seperti saat menggunakan aplikasi WhatsApp seperti biasanya. Hanya saja, perbedaan signifikan dari aplikasi WAMR ini adalah kamu bisa tetap melihat pesan-pesan atau media lain  yang telah dihapus oleh lawan bicara kamu di WA.

Baca Juga:   Kenapa WA Tidak Bisa Buka Link, Berikut Cara Mengatasinya

Dengan Aplikasi WhatsRemoved+

Cara melihat pesan WA yang sudah dihapus berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan lain yang bernama WhatsRemoved+. Cara melihat pesan WA yang dihapus dengan aplikasi tambahan WhatsRemoved+ ini tidaklah sulit sehingga sangat mudah untuk diikuti.

Langkah pertama, download dan install terlebih dahulu aplikasi WhatsRemoved+ di HP android kesayanganmu. Pastikan untuk mengunduhnya melalui Google Play Store agar terjamin keaslian dan keamanannya. Selanjutnya, jika aplikasi WhatsRemoved+ telah terunduh di ponsel kesayanganmu, langkah selanjutnya adalah pilih aplikasi yang diinginkan.

Kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang diizinkan untuk diakses oleh aplikasi WhatsRemoved+ ini. Jika kamu ingin melihat pesan yang telah dihapus oleh pengirim di WhatsApp, maka pilih aplikasi WhatsApp di WhatsRemoved+. Setelah memilih aplikasi yang diizinkan aksesnya, klik opsi Next.

Jika sudah memilih opsi atau pilihan Next, langkah selanjutnya adalah kamu perlu menunggu beberapa saat terlebih dahul. Kemudian, kamu akan memasuki tampilan dari aplikasi WhatsRemoved+. Setelahnya, aktifkan pengaturan dan kamu bisa melihat foto maupun pesan meski pesan tersebut telah dihapus oleh pengirimnya.

Dengan menggunakan aplikasi yang bernama WhatsRemoved+ ini, kamu bisa melihat pesan-pesan yang telah dihapus oleh pengirimnya. Karenanya, cara yang satu ini patut dicoba jika kamu ingin mengetahui pesan yang telah dihapus karena aplikasi ini mampu menunjukkan seluruh pesan di WhatsApp kamu, sekalipun pesan dan media tersebut telah dihapus pengirimnya.

melihat pesan wa di hapus

Dengan Google Drive Backup

Cara melihat pesan WA yang sudah dihapus berikutnya adalah dengan Google Drive Backup. Google Drive Backup ini merupakan salah satu platform dari Google yang dapat mencadangkan pesan-pesan di dalam WhatsApp. Namun, pesan-pesan ini akan dicadangkan saat kamu telah menghubungkan akun WhatsApp dengan akun Google untuk pencadangan pesan.

Baca Juga:   4 Cara Ganti Password WiFi First Media Berbagai Router

Saat akun WhatsApp telah terhubung dengan akun Google, otomatis semua pesan dan juga riwayat pesan yang ada pada WhatsApp akan disimpan oleh Google Drive. Namun, pastikan untuk menggunakan nomor WA dan Google yang sama akan pencadangan berhasil sehingga semua pesan dan riwayat pesan dapat dicadangkan dan disimpan di Google Drive.

Caranya sendiri tidak terlalu rumit. Pertama, pastikan WhatsApp telah terhubung dengan akun Google dan pesan yang ada di dalamnya telah terbackup dan tersimpan secara keseluruhan. Kemudian, install atau pasang ulang aplikasi WhatsApp yang sebelumnya telah diuninstall atau dihapus.

Setelah menginstall ulang aplikasi WhatsApp di HP kesayanganmu, masukkan nomor dan lakukan verifikasi nomor. Setelahnya, pilih opsi Restore. Opsi Restore ini berguna untuk mengembalikan seluruh pesan dan media maupun dokumen yang telah di backup oleh Google Drive meski aplikasi WhatsApp terhapus.

Selanjutnya, WhatsApp akan melakukan proses pemulihan riwayat pesan. Kamu perlu menunggu beberapa saat akan pesan dapat dipulihkan secara sempurn. Langkah selanjutnya, klik opsi Next ketika proses pemulihan riwayat pesan telah selesai. Nah, seluruh pesan termasuk pesan yang telah dihapus akan muncul kembali di akun WhatsApp kamu.

Aplikasi Notification Log atau Recent Notification

Cara melihat pesan WA yang sudah dihapus yang keempat adalah dengan menggunakan aplikasi Notification Log atau Recent Notification. Cara dan langkah-langkah untuk melihat pesan yang telah dihapus dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bernama Notification Log ini sebenarnya mudah dan tidak rumit untuk dilakukan.

Pertama, unduh dan install aplikasi Notification Log di Google Play Store. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan dana sepeser pun untuk mengunduh aplikasi Notification Log. Setelah aplikasi Notification Log telah terunduh di ponsel kamu, pilihlah opsi Notification History.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air Pada Android

Setelah memilih opsi Notification History yang ada di dalam aplikasi Notification Log ini, langkah selanjutnya adalah dengan mencari notifikasi dari WhatsApp. Setelah melakukan semua langkah dan cara melihat pesan WA yang sudah dihapus ini, kamu bisa melihat pesan yang terhapus karena telah terbaca di bawah android text.

Baca juga: Whatsapp Clone (WA Clone) Apk Mod Versi 8.1 Terbaru 2023

Aplikasi Nova

Cara melihat pesan WA yang dihapus oleh pengirimnya yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan atau aplikasi ketiga yang digunakan di cara kelima ini adalah aplikasi yang bernama Nova. Caranya pun hampir sama seperti saat menggunakan aplikasi tambahan yang lainnya.

Pertama, tentu kamu harus mengunduhb aplikasi Nova terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat kamu unduh melalui Google Play Store. Jika unduhan aplikasi Nova telah berhasil dan selesai, aplikasi akan terpasang secara otomatis di ponsel pintarmu. Langkah selanjutnya, buka aplikasi Nova yang telah terunduh di ponsel.

Setelah aplikasi Nova berhasil dibuka, pergilah ke bagian menu Pengaturan dengan cara klik bagian menu pengaturan. Kemudian, tap Notification Log yang ada di Pengaturan aplikasi Nova. Memilih Notification Log yang terdapat di menu Pengaturan aplikasi Nova ini akan membuat pintasan Notification Log di layar beranda ponsel.

Setelah pintasan Notification Log muncul di layar beranda ponsel, isi pesan yang sebelumnya dihapus oleh pengirim dapat terlihat. Namun aplikasi ini memiliki batasan waktu. Batas waktunya adalah kurang dari 68 menit, sehingga pesan yang dihapus melebihi batas waktu tidak dapat dibaca oleh Nova.

Demikian 5 cara melihat pesan WA yang sudah dihapus dengan mudah dan anti ribet. Kebanyakan cara di atas memang membutuhkan aplikasi tambahan atau aplikasi ketiga untuk melihat pesan yang telah dihapus oleh pengirimnya, sehingga kamu perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu.