6 Cara Memblokir Pengguna WiFi IndiHome dan Provider Lain

Luarbiasa.id-Beberapa tindak kejahatan terlalu kecil untuk dibawa ke pengadilan. Misalnya adalah pencurian koneksi WiFi yang dilakukan oleh beberapa orang. Meskipun tindakan ini tidak bisa diadili, pemilik WiFi bisa menindaklanjutinya dengan mempelajari cara memblokir pengguna WiFi.

Dengan memblokir pengguna yang mencuri jaringan internet, pengguna resmi WiFi bisa mendapatkan kembali haknya untuk menikmati koneksi internet yang stabil dan lancar. Sehingga kenyamanan pun akan tetap terjaga. Bagaimana caranya memblokir pengguna WiFi yang mencuri koneksi sesuka hati?

Berbagai Cara Memblokir Para Pencuri Koneksi

Sebenarnya, memblokir pengguna WiFi ilegal bisa dilakukan dengan sangat mudah. Syaratnya adalah mengetahui MAC address pengguna yang akan diblokir. Setelah mengetahui MAC address-nya, pemilik sah WiFi perlu masuk ke bagian konfigurasi router.

Selanjutnya tinggal masukkan saja MAC address para pencuri koneksi ke dalam daftar hitam atau blacklist sehingga nantinya mereka tidak akan bisa lagi mengakses WiFi dan mencuri koneksi. Berikut ini rangkaian langkah yang lebih lengkap untuk memblokir para pengguna WiFi ilegal.

1. Mencari tahu MAC address pengguna tidak dikenal

Mencari tahu MAC address pengguna tidak dikenal

Langkah pertama untuk memblokir pengguna WiFi ilegal adalah mengetahui MAC address para pengguna tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi Android yang bernama WiFi Detector: Who Use My WiFi.

  • Dapatkan aplikasi WiFi Detector melalui link ini atau dengan mengunduhnya langsung dari Play Store dan memasangnya di ponsel Android.
  • Buka WiFi Detector kemudian berikan izin untuk beberapa akses yang diminta oleh aplikasi sehingga aplikasi bisa berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.
  • Aplikasi WiFi Detector akan melakukan scanning, tunggu hingga proses scanning WiFi Detector selesai.
  • Setelah proses scanning berhasil dilaksanakan, WiFi Detector akan menampilkan daftar perangkat. Daftar ini akan menunjukkan modem router, perangkat pemilik (ditandai dengan kata My Device), dan perangkat lainnya.
  • Biasanya, perangkat ilegal yang tidak dikenali akan diberi label Stranger sedangkan perangkat yang dikenali oleh WiFi Detector akan ditandai dengan label Known.
  • Tap perangkat Stranger yang akan diblokir kemudian catat MAC address perangkat tersebut untuk kemudian di blacklist melalui halaman konfigurasi router.

Enam langkah di atas baru permulaan saja dan masih harus dilanjutkan dengan memasukkan alamat yang sudah dicatat tadi ke bagian blacklist atau MAC address filtering pada konfigurasi router yang digunakan. Cara memblokir MAC address sendiri bervariasi, tergantung jenis router yang digunakan.

Baca Juga:   Cara Pasang Iklan di Google Ads Untuk Pemula, Sangat Mudah

2. Memblokir pencuri koneksi TP-Link

Memblokir pencuri koneksi TP-Link

Jika WiFi yang ada di rumah menggunakan router TP-Link, pastikan untuk mengikuti langkah yang tepat agar para pengguna ilegal bisa segera dilenyapkan. Di bawah ini adalah rangkaian langkah yang wajib dilakukan oleh pengguna TP-Link setelah mengikuti langkah pertama di atas.

  • Buka aplikasi Google Chrome atau web browser lainnya yang ada di perangkat Android maupun di perangkat komputer. Lalu akses alamat IP 168.1.254.
  • Setelah masuk dengan menggunakan username serta password bawaan, segera pilih menu Wireless di sebelah kiri halaman utama TP-Link.
  • Kemudian akan muncul berbagai submenu, pilih Wireless Mac Filtering untuk memblokir berbagai pengguna WiFi ilegal.
  • Pada halaman berikutnya, klik atau tap tombol Add New yang fungsinya adalah untuk menambahkan pengguna yang akan diblokir.
  • Di bagian MAC Address, masukkan MAC address yang akan diblokir. Dan di bagian Description, masukkan keterangan pengguna yang diblokir, misalnya ‘Xiaomi tidak dikenal’.
  • Pastikan bagian Status di bawah MAC Address dan Description sudah Enabled. Selanjutnya simpan pengaturan dengan menyentuh atau mengklik tombol Save.
  • Pengguna akan diarahkan ke bagian Wireless MAC Filtering Periksa bagian Filtering Rules dan pilih Deny untuk memblokir pengguna WiFi ilegal.
  • Cara memblokir pengguna WiFi yang terakhir adalah memilih tombol Enable yang ada di bagian Wireless MAC Filtering.

Setelah memblokir semua pengguna WiFi ilegal, para pengguna tersebut tidak akan bisa lagi tersambung ke WiFi yang digunakan. Cara yang kedua ini khusus untuk para pemilik WiFi yang menggunakan router TP-Link. Jika routernya berbeda, gunakan cara lain.

3. Memblokir pengguna ilegal router Huawei

Memblokir pengguna ilegal router Huawei

Jika router yang digunakan adalah Huawei dan bukan TP-Link, pemilik WiFi tetap perlu melakukan cara pertama tapi melompati cara kedua di atas. Cara yang ketiga ini khusus untuk pemilik WiFi yang menggunakan router Huawei. Pastikan untuk mengikuti semua langkah di bawah ini dengan benar.

  • Jalankan aplikasi web browser yang sudah terpasang di perangkat komputer maupun perangkat seluler untuk mengunjungi alamat IP Huawei, yaitu 168.100.1.
  • Lakukan Login dengan cara mengetikkan telecomadmin di bagian Account dan admintelecom di bagian Password. Lalu sentuh atau klik tombol Login.
  • Setelah masuk ke halaman beranda konfigurasi Huawei, pilih tab Security yang ada di bagian atas lalu pilih menu WLAN MAC Filter Configuration di sebelah kiri layar.
  • Bagian kanan layar akan menampilkan pengaturan MAC Filter, centang bagian Enable WLAN MAC Filter kemudian di bagian Filter Mode pilih Blacklist.
  • Pilih New di sebelah kanan lalu ketikkan MAC Address yang berhasil didapatkan dengan aplikasi WiFi Detector ke bagian Source MAC Address.
  • Lalu klik atau sentuh tombol Apply di bagian bawah sehingga pemblokiran pengguna WiFi ilegal berhasil dilakukan.
Baca Juga:   Cara Hapus Background Foto Online Dan Menggantinya Gratis

Untuk memblokir pengguna WiFi ilegal yang lainnya, ulangi saja langkah-langkah di atas. Nanti akan muncul daftar pengguna ilegal yang sudah diblokir. Para pengguna yang ada dalam daftar tersebut tidak akan bisa mengakses jaringan WiFi milik Anda lagi.

4. Memblokir pencuri WiFi IndiHome

Memblokir pencuri WiFi IndiHome

IndiHome merupakan layanan penyedia internet paling terkenal dibandingkan dengan yang lainnya. Dan karena merupakan yang paling terkenal, banyak orang bisa mencuri koneksi internet IndiHome dengan lebih mudah. Untuk menghentikan para pencuri tersebut, ikuti langkah-langkah ini.

  • Kunjungi alamat IP IndiHome di 192.168.1.1 melalui aplikasi web browser apapun yang ada di perangkat komputer atau perangkat seluler.
  • Ketikkan admin di kolom username dan password lalu sentuh atau klik Login untuk masuk ke halaman utama IndiHome.
  • Ada berbagai tab yang muncul di bagian atas, pilih tab Network kemudian akan muncul beberapa menu di sebelah kiri layar. Pilih menu WLAN Settings kemudian pilih submenu WIFI ACL.
  • Selanjutnya beralih ke bagian kanan, pilih Enable di bagian paling atas kemudian pilih Blacklist pada bagian MAC Filtering. Lalu pilih Apply untuk menyimpan pengaturan ini.
  • Berikutnya sentuh atau klik Add di sebelah kanan SSID Index dan masukkan MAC Address yang tadi diperoleh dari aplikasi WiFi Detector dan klik atau sentuh Apply

Pengguna WiFi yang MAC Addressnya sudah dimasukkan ke dalam daftar blacklist akan muncul di layar. Para pengguna tersebut tidak akan bisa lagi mengakses koneksi internet yang berasal dari WiFi IndiHome Anda.

5. Cara memblokir pengguna WiFi dengan Fing

Cara memblokir pengguna WiFi dengan Fing

Ada satu cara lagi yang bisa digunakan untuk mendeteksi pencurian koneksi jaringan IndiHome. Caranya adalah dengan memakai aplikasi Android yang bernama Fing. Aplikasi ini bisa ditemukan di Play Store atau bisa langsung didownload dari link ini.

Aplikasi Android yang satu ini bisa membantu pemilik WiFi mendeteksi serta memblokir para pencuri koneksi IndiHome. Setelah aplikasi berhasil diunduh serta dipasang di perangkat Android, segera lakukan beberapa langkah di bawah ini.

  • Jalankan aplikasi Fing kemudian berikan izin untuk mengakses berbagai fitur ponsel Android, terutama untuk mengakses lokasi.
  • Segera setelah akses diberikan, aplikasi Fing akan langsung memperlihatkan halaman utama. Di halaman utama ini, pilih menu Scan for devices.
  • Proses scanning akan dilakukan dengan tujuan mendeteksi berbagai perangkat yang menggunakan jaringan WiFi secara ilegal. Tunggu aplikasi Fing menyelesaikan scanning.
  • Setelah muncul daftar perangkat yang terhubung ke WiFi secara ilegal, sentuh perangkat tersebut untuk melihat detailnya. Kemudian blokir user WiFi yang tidak dikenali.
Baca Juga:   Sinyal iPhone Lemah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Aplikasi Fing ini sangat berguna bagi para pemilik WiFi. Selain mendeteksi perangkat apa saja yang tersambung secara ilegal, aplikasi Fing juga bisa memblokir pengguna tidak dikenal dengan proses yang sangat mudah. Ada juga fitur pemberitahuan yang akan memberikan update informasi.

Jika ada perangkat yang secara ilegal tersambung ke jaringan WiFi, perangkat Fing akan mengirimkan notifikasi sehingga pemilik WiFi bisa segera menindaklanjutinya dan memblokir pengguna tersebut sebelum mengakibatkan lebih banyak kerugian.

6. Menggunakan aplikasi Android WiFiman

Menggunakan aplikasi Android WiFiman

Seperti halnya aplikasi Fing, aplikasi WiFiman untuk Android juga hadir dengan fitur yang menarik, lengkap, dan tentunya tersedia secara gratis dan tanpa iklan. Aplikasi ini bisa mendeteksi jaringan Bluetooth dan WiFi secara instan. Selain itu, WiFiman juga bisa mendeteksi perangkat tidak dikenal.

Setelah diunduh, dipasang, dan diberi akses ke berbagai fitur ponsel Android, WiFiman akan langsung mendeteksi jaringan WiFi milik Anda dan berbagai perangkat yang tersambung ke jaringan tersebut. Yang menarik adalah pengelompokan yang dilakukan.

WiFiman akan mengelompokkan perangkat yang tersambung ke dalam beberapa kategori, seperti Gaming, Smarthome, PCs, Phones & Tablets, dan sebagainya. Sehingga pemilik bisa lebih mudah memeriksa perangkat tidak dikenal yang menggunakan jaringan WiFi dengan semena-mena.

Tips Melindungi WiFi dari Pencuri Koneksi

Tips Melindungi WiFi dari Pencuri Koneksi

Selain memblokir para pengguna WiFi yang berlaku semena-mena, pemilik WiFi juga perlu mengantisipasi kejadian serupa dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan. Jangan sampai muncul para pencuri koneksi baru yang memanfaatkan WiFi milik orang lain.

1. Selalu ganti password WiFi

Memang, tidak perlu mengganti password WiFi setiap hari. Tapi sangat disarankan untuk mempunyai jadwal penggantian password WiFi, misalnya setiap 3 bulan sekali. Tujuannya adalah agar orang yang mengetahui password lama tidak bisa lagi mengakses jaringan WiFi yang sama.

Hindari menggunakan password WiFi yang sangat mudah ditebak oleh siapapun. Misalnya, jangan memakai password WiFi 12345678 karena password ini adalah yang paling pertama dicoba oleh para pencuri koneksi.

2. Buat password WiFi yang kuat

Password WiFi harus mempunyai tingkat keamanan yang sangat tinggi. Artinya, password WiFi perlu dibuat dengan menggunakan kombinasi angka, tanda baca atau simbol, dan huruf besar serta kecil agar tidak mudah dibobol oleh pengguna tidak dikenal.

Tapi meskipun tingkat keamanannya sangat tinggi, pastikan untuk mengingat password WiFi tersebut dan jangan sampai terlupa. Dan yang penting, jangan sebarkan password WiFi ke tetangga atau orang yang tidak bisa dipercaya. Bisa jadi orang tersebut akan menyebarkan password ke lebih banyak orang.

Setelah mengetahui berbagai cara memblokir pengguna WiFi, terapkan cara-cara tersebut agar jaringan WiFi Anda terlindung dan aman dari serangan para pengguna WiFi ilegal.