Tips Lengkap Cara Retur Barang di Lazada yang Sudah Diterima

Luarbiasa.id-Lazada merupakan salah satu e-commerce yang memberi kemudahan masyarakat untuk berbelanja dan melakukan aktivitas pembayaran lainnya. Seringkali terjadi, barang yang sudah selesai dibeli tidak sesuai dengan harapan, lalu bagaimana cara retur barang di Lazada yang sudah diterima?

Ketidaksesuaian barang bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya penjual salah kirim barang, ukuran barang tidak sesuai, kerusakaan barang, dan masih banyak lagi. Marketplace Lazada kini sudah memberi kemudahan kepada para penggunanya untuk melakukan retur barang dengan cepat.

Sebelum retur barang dilakukan, maka Anda harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari pihak penjual. Jika penjual sudah melakukan konfirmasi dan pembeli memberikan alasan yang jelas, maka retur di Lazada akan berjalan sangat cepat serta terstruktur dengan membutuhkan syarat tertentu.

Apa yang Dimaksud Retur Barang Lazada?

Apa yang Dimaksud Retur Barang Lazada?

Menurut seorang pakar pemasaran Soemarso tahun 2009, retur penjualan merupakan barang dagang yang sudah dijual kemudian akan dikembalikan oleh pelanggan karena faktor-faktor tertentu. Faktor yang bisa mempengaruhi pelanggan mengembalikan barang yaitu kerusakan, ketidaksesuaian, dan lainnya.

Dengan begitu nantinya pelanggan akan mendapatkan potongan harga atau diskon sebagai bentuk tanggung jawab dari pihak penjual. Namun untuk masalah ketidaksesuaian barang, maka pelanggan tetap perlu melakukan retur barang agar bisa mendapatkan pengembalian dana dan barang sesuai.

Pelanggan akan mengirimkan barang kepada penjual kembali melalui gudang Lazada, kemudian segera memproses pengembalian dana bagi pelanggan yang sudah transfer. Hal ini tidak berlaku bagi pelanggan yang menggunakan pembayaran sistem COD, sehingga tinggal mengembalikan barang saja.

Sebelum memutuskan melakukan pengembalian barang, maka Anda harus menyiapkan semua syarat yang dibutuhkan beserta alasan jelas pengembalian barang. Alasan pengembalian barang yang jelas akan memudahkan penjual mudah menyetujui permintaan pelanggan dan memberikan konfirmasi.

Jika memang masalah pengembalian barang berasal dari penjual sendiri, maka sudah seharusnya penjual segera menyetujui permintaan tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas dan loyalitas dari pelanggan agar mau order kembali walaupun sebelumnya sudah terjadi kesalahan.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android, Aman dan Works!

Baca Juga:   WA iOS (WhatsApp Mod iOS) Terbaru 2023 Mirip iPhone

Berbagai Syarat Pengembalian Barang di Lazada

Berbagai Syarat Pengembalian Barang di Lazada

Sebelum mengetahui tahapan retur barang di marketplace Lazada, sebaiknya Anda perlu memahami persyaratan yang harus dipersiapkan oleh pembeli. Tanpa mempersiapkan persyaratan yang diminta, maka proses pengembalian barang tidak akan disetujui oleh pihak pihak penjual Lazada.

1. Menyiapkan Bukti Pembelian

Bukti pembelian yang diminta oleh pihak penjual dan Lazada berupa nomor pesanan yang tertera, faktur pembelian, dan lain-lain. Maka dari itu, dalam memesan barang online sebaiknya jangan langsung menyobek atau membuang kertas resi sebagai bukti saat akan melakukan retur barang.

Namun untuk bagian alamat yang sudah terlanjur sobek, maka Anda bisa mencoba konfirmasi dari pihak penjual via chat Lazada. Beri keterangan bahwa pembelian atas nama tersebut mengalami masalah, sehingga ingin mengajukan retur barang kembali sesuai kebutuhan.

2. Data Rincian Bank

Pembeli perlu mengisi rincian Bank saat mengisi Formulir Pengembalian Barang. Persyaratan ini nantinya akan diminta oleh penjual sebagai bukti pengembalian barang dan pengembalian dana yang sudah dibayarkan, sedangkan untuk pembayaran COD tidak perlu mengisi formulir tersebut.

3. Alasan Pengembalian Barang

Cara retur barang di Lazada yang sudah diterima dengan memberikan alasan pengembalian jelas dan disetujui oleh penjual. Alasan pengembalian harus bersifat sah, maka secara otomatis pihak penjual akan segera menyetujui permintaan pengembalian barang dengan cepat.

Biasanya kalau retur barang karena kerusakan barang saat pengiriman, maka Anda bisa meminta pertanggungjawaban kepada pihak jasa kirim. Namun terkadang penjual akan ikut memberikan tanggung jawab selaku pihak yang melakukan packing barang tersebut.

4. Barang Berupa Elektronik Harus Set Mode Pabrik

Jika Anda ingin mengajukan retur barang berupa barang elektronik misal HP yang sudah terkunci password, maka sebaiknya pelanggan segera lakukan unlock kata sandi. Semua barang yang akan dikembalikan ke gudang Lazada harus mode pabrik untuk memudahkan quality check.

Semua barang yang nantinya sudah terkirim ke gudang Lazada memang sebaiknya harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Jika kondisi barang masih memadai, maka akan segera dikembalikan kepada pihak penjual Lazada yang bersangkutan.

5. Kirimkan Produk Sesuai Alamat Formulir

Jika proses retur barang sudah disetujui oleh penjual, maka Anda bisa langsung mengirimkan barang ke alamat yang tercantum dalam formulir pengembalian barang. Tunggu beberapa hari, maka penjual juga akan segera memproses pengembalian dana pembelian barang tersebut.

Bagaimana Cara Retur Barang Lazada Non COD?

Sudah tahu kan berbagai syarat yang harus dipenuhi untuk retur barang di marketplace Lazada dengan mudah? Tahapan pengembalian barang Lazada bisa dilakukan dengan mengikuti langkah di bawah. Proses retur barang dijamin akan segera di proses dan dana akan segera dikembalikan kepada pembeli.

  1. Silahkan buka aplikasi Lazada atau kunjungi langsung website http://lazada.com/ untuk mengatur setting pengembalian barang kepada penjual.
  2. Saat sudah memasuki halaman utama, maka pilih menu “Akun”. Klik “Lihat Semua Pesanan” lalu pilih pesanan yang akan dikembalikan.
  3. Masuk bagian menu “Detail Pesanan” kemudian pilih opsi “Pengembalian Saya” . Klik opsi “Saya Ingin Mengembalikan Produk”.
Baca Juga:   Apa Itu FYP TikTok? Ini Arti, Penjelasan dan Cara Kerjanya

Masuk bagian menu “Detail Pesanan” kemudian pilih opsi “Pengembalian Saya” . Klik opsi “Saya Ingin Mengembalikan Produk”.

  1. Pembeli perlu menyiapkan alasan pengembalian produk sesuai keadaan tepatnya pada bagian keterangan. Anda bisa menyisipkan foto produk sebagai lampiran, klik “Selanjutnya”.
  2. Silahkan atur metode pembayaran untuk melakukan pengembalian dana. Lazada memberikan 2 opsi pilihan dana lewat transfer rekening pembeli atau berupa voucher redeem.
  3. Lakukan pengecekan pengembalian dana di Lazada, kemudian saat sudah sesuai pilih “Confirm”. Tentukan kurir pick up yang sudah tersedia pada aplikasi Lazada untuk mengembalikan paket.
  4. Klik “Pilih” kemudian “Lanjutkan” dan “Kirim” untuk proses selanjutnya.

Pengembalian dana yang sudah dibayarkan kepada pembeli biasanya sekitar 3-7 hari. Jika sudah lebih dari 7 hari, maka Anda bisa mengingatkan kembali penjual lewat chat toko. Mungkin pihak penjual lupa untuk memproses pengembalian dana, sehingga bisa segera dikirimkan kepada pembeli.

Baca juga: Cara Mengatasi Aktivitas Mencurigakan di Shopee Dan Penyebabnya

Bagaimana Cara Retur Barang Di Lazada yang Sudah Diterima Sistem COD?

Bagaimana Cara Retur Barang Di Lazada yang Sudah Diterima Sistem COD?

Banyak pengguna Lazada yang menanyakan, apakah pengembalian barang dengan sistem COD bisa dilakukan? Pihak Lazada sendiri sudah membuat aturan tiap pembelian produk. Pelanggan yang sudah mendapatkan barang, namun tidak sesuai bisa mencoba untuk mengajukan pengembalian produk.

Begitu juga bagi pelanggan yang sudah membeli barang dengan sistem COD (Cash On Delivery), maka akan tetap bisa dikembalikan selama mengikuti prosedur yang ada. Bagaimana tahapan pengembalian barang Lazada dengan sistem COD? Berikut ini penjelasan selengkapnya bagi pelanggan setia Lazada.

1. Barang Bisa Retur Saat Masih Dalam Masa Pengembalian

Pelanggan bisa melakukan retur barang selama masih dalam masa perlindungan pembeli dan juga jaminan kepuasan. Kurun waktu yang disediakan oleh pihak Lazada dalam proses pengembalian barang biasanya sekitar 7 hari dan tidak ada tenggang toleransi pengembalian barang lagi.

Jika memang ada masalah dengan barang yang sudah diterima, maka sebaiknya segera urus pengembalian barang kepada penjual. Saat sudah melebihi waktu 7 hari, maka Anda tidak bisa mengajukan retur barang sesuai permintaan karena sudah menjadi kebijakan Lazada sendiri.

2. Paham Syarat Retur Barang Sah

Sebelumnya sudah dijelaskan berbagai persyaratan yang dibutuhkan dalam proses retur barang lewat marketplace Lazada. Jika sudah paham dan menyiapkan semua persyaratan, maka Anda akan lebih mudah mengajukan retur produk Lazada sesuai dengan kebutuhan pastinya.

Baca Juga:   Nicoo FF Apk Unlock Terbaru 2023 Semua Skin Free Fire Gratis

Retur barang tidak akan dilakukan selama pembeli belum memenuhi semua persyaratan yang sudah diberikan dari pihak Lazada. Jika sudah melebihi batas pengembalian barang, maka Anda tidak bisa lagi mengajukan retur barang sesuai keinginan nantinya.

3. Isi Formulir Retur Produk

Tahapan yang tidak boleh dilewati oleh pelanggan yaitu melakukan pengisian formulir retur produk. Pada formulir tersebut akan tercantum jenis produk, alasan pengembalian produk, harga produk, dan info lainnya yang dibutuhkan oleh pihak Lazada dan penjual khususnya.

Isi kemudian cetak formulir dan lampirkan ke dalam paket yang akan dikirimkan kembali ke gudang Lazada. Pembeli belum membayar barang tersebut, maka tidak masalah untuk mengajukan pengembalian produk dengan alasan yang bisa diterima oleh penjual.

4. Hubungi CS Bertugas

Pihak Lazada selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggannya, oleh sebab itu sebisa mungkin menampung setiap keluhan dan pertanyaan yang ada. Bagi Anda yang bingung masalah retur barang COD, maka bisa langsung konfirmasi kepada CS yang bertugas.

Coba hubungi CS Lazada untuk mendiskusikan dan mendapatkan jawaban terkait pertanyaan yang belum dimengerti. CS Lazada yang bertugas akan senang hati menjawab setiap pertanyaan pelanggan agar semua permasalahan retur barang bisa berjalan dengan baik.

Seringkali banyak pengguna Lazada yang protes karena keberatan untuk melakukan pengembalian barang menggunakan biaya pengiriman pribadi. Untuk mengatasi hal itu, maka pihak Lazada kini sudah menyediakan layanan gratis pembelian sehingga pelanggan bisa antar produk dengan metode drop off.

Dengan menggunakan metode drop off, maka Anda bisa mengembalikan produk Lazada dengan ongkir gratis. Metode tersebut akan memudahkan pelanggan menggunakan jasa ekspedisi sesuai kebutuhan mulai dari J&T, JNE, Sicepat Express, dan layanan ekspedisi lainnya tergantung banyak barang.

Bagaimana Kalau Pihak Penjual Tidak Respon Retur Barang?

Bagaimana Kalau Pihak Penjual Tidak Respon Retur Barang?

Tidak sedikit pengguna Lazada yang mengajukan keluhan bahwasannya penjual barang tidak memberi respon sama sekali saat ada permintaan retur barang. Pelanggan pastinya akan melakukan retur barang karena faktor-faktor tertentu seperti barang rusak, barang tidak sesuai pesanan, dan lain-lain.

Kalau penjual tidak memberikan respon dengan baik, maka tentu saja akan membuat pelanggan akan kebingungan. Akhirnya cara retur barang di Lazada yang sudah diterima menjadi terhambat dan membuat pelanggan merasa kecewa terhadap model pelayanan seperti itu.

Mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir saat mendapatkan masalah tidak mendapatkan respon dari penjual, karena tinggal menghubungi CS Lazada atau menggunakan layanan live chat. CS Lazada akan memberikan respon cepat kepada pelanggan, sehingga semua permasalahan cepat teratasi.

Pengguna Lazada yang sudah membeli barang memang bisa melakukan pengembalian barang sesuai dengan tenggang waktu yang diberikan, namun untuk menukar barang masih belum diperbolehkan. Belum tersedia opsi untuk tukar barang di Lazada, sehingga hanya bisa melakukan pembatalan pesanan.

 

Mudah bukan cara retur barang di Lazada yang sudah diterima? Namun sebelumnya Anda harus isi semua formulir yang dibutuhkan dengan benar dan sesuai. Untuk meyakinkan penjual agar mau konfirmasi retur barang, maka sebaiknya cantumkan foto atau video sebagai bukti kesalahan.