Cara Mengatasi Aktivitas Mencurigakan di Shopee Dan Penyebabnya

Luarbiasa.idMembeli barang secara online adalah suatu kegiatan yang semakin populer. Namun, terkadang aktivitas mencurigakan bisa terjadi di platform online marketplace, seperti Shopee. Oleh karena itu, pentinguntuk mengetahui cara mengatasi aktivitas mencurigakan di Shopee dengan baik.

Mencurigakan bisa berarti segala jenis aktivitas yang tidak wajar di dalam transaksi jual beli online, mulai dari harga yang terlalu murah hingga penjual yang tidak dapat dihubungi. Hal ini bisa membuat pembeli merasa khawatir dan merugikan diri sendiri.

Oleh karena itu, mengetahui cara mengatasi aktivitas mencurigakan kode M11 Shopee adalah hal yang sangat penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara tersebut. Dengan mengetahui cara-cara ini, para pembeli bisa merasa lebih aman.

Cara Mengatasi Aktivitas Mencurigakan di Shopee

Cara Mengatasi Aktivitas Mencurigakan di Shopee

Mengatasi aktivitas mencurigakan di shopee harus dilakukan dengan tepat. Jika tidak, bisa saja akun yang digunakan justru bermasalah dan akhirnya terblokir atau dibatasi secara maksimal. Berikut beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan.

1. Koneksi Harus Stabil

Salah satu cara mengatasi aktivitas mencurigakan di shopee adalah dengan menggunakan koneksi yang selalu stabil. Dengan koneksi yang stabil data-data yang masuk ataupun keluar pada HP bisa berjalan dengan lancar.

Jika koneksi yang digunakan sering sekali terputus bisa saja menyebabkan kecurigaan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah kecurigaan dari pihak shopee yang menganggap hal itu adalah aktivitas mencurigakan atau melakukan hack.

Jadi ketika sudah ada masalah seperti itu pastikan untuk melakukan online dengan koneksi yang lebih stabil. Bisa berganti kartu operator atau bisa juga dengan menggunakan koneksi dari wi-fi.

2. Hapus Cache Shopee

Terkadang beberapa data yang tersimpan pada aplikasi shopee cukup bermasalah dan menyebabkan aktivitas mencurigakan. Untuk melakukan itu disarankan melakukan proses penghapusan cache.

Proses penghapusan ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah. Pertama masuk ke dalam pengaturan lalu menuju ke bagian aplikasi. Hapus pada data yang ada di sana lalu lakukan login seperti biasa.

Baca Juga:   Musicallydown MP3 dan Video TikTok HD Downloader 2023

3. Tidak Menggunakan VPN

Beberapa orang bisa mengatasi hal seperti ini apabila tidak menggunakan VPN. Karena jika menggunakan VPN maka server yang dimiliki oleh seseorang terkadang tidak hanya bersaudara Indonesia tetapi dari luar negeri.

Apabila menggunakan VPN maka kecurigaan dari pihak shopee akan semakin meningkat. Jadi pastikan untuk tidak menggunakannya sama sekali meskipun hal itu dilakukan untuk mempercepat kecepatan dari koneksi.

4. Cek dengan Akun Lainnya

Terkadang akun dianggap mencurigakan dan tidak bisa melakukan aktivitas karena ada masalah pada aplikasinya. Coba lakukan log out lalu gunakan lagi akun yang lain untuk mengetahui apakah semuanya bisa berjalan dengan lancar atau tidak.

Apabila bisa berjalan dengan lancar berarti memang ada masalah pada akunnya. Namun jika akun yang lain juga mengalami masalah berarti aplikasi yang digunakan itu bermasalah, sehingga harus diganti dengan yang baru.

5. Lakukan Reboot pada HP

Terkadang masalah koneksi dan juga beberapa data yang saling bertabrakan menyebabkan akun jadi bermasalah. Untuk mengatasi hal seperti itu bisa dilakukan dengan cara melakukan reboot atau restart pada HP.

Dengan melakukan proses restart ini, semuanya bisa berjalan dengan lebih mudah. Namun, jika setelah melakukan restart ternyata ada masalah berarti disarankan untuk menghubungi customer service

6. Update pada Aplikasi

Terkadang berbagai masalah termasuk aktivitas yang dianggap mencurigakan hanya bisa diatasi dengan melakukan update. Biasanya proses update ini dilakukan untuk bisa memaksimalkan fungsi termasuk keamanannya.

Itulah kenapa proses update bisa berjalan dengan lancar dan beberapa aktivitas yang dicurigai akan langsung hilang. Jadi bisa berjalan dengan lebih lancar dan aplikasi bisa digunakan lagi untuk melakukan berbagai transaksi.

7. Lakukan Install Ulang

Beberapa orang sering mengalami hal seperti ini dan menyebabkan akun shopee yang digunakan tidak bisa bermanfaat. Menghindari hal itu disarankan untuk langsung melakukan proses instal ulang pada aplikasi.

Hapus aplikasi shopee yang sudah terpasang pada ponsel Android yang dipakai saat ini. Sebelum melakukan penghapusan pastikan terlebih dahulu jika kamu hafal dengan username dan juga password yang nantinya dipakai.

Setelah itu bisa langsung melakukan install ulang dengan menggunakan Play Store. Jangan menggunakan APK jenis apapun apalagi berjenis modifikasi yang bisa langsung mendapatkan blokir.

Baca juga: Cara Mengatasi Aktivitas Teman di Shopee Hilang

Penyebab Akun Shopee Dicurigai

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat akun shopee dibatasi atau dicurigai. Untuk mencegah hal itu ada baiknya mengetahui apa saja penyebabnya secara lengkap.

Baca Juga:   Download VidNow Apk Penghasil Uang Versi Terbaru 2023

1. Buat Pesanan Palsu

Cara mengatasi aktivitas mencurigakan di shopee bisa dilakukan juga dengan melakukan aktivitas pembelian. Usahakan untuk tidak melakukan pesanan palsu hanya untuk bisa menaikkan rating.

Terkadang beberapa toko sengaja melakukan pesanan palsu dengan mengirimnya ke rumah sendiri. Hal ini dilakukan hingga berkali-kali hanya untuk menaikkan rating pada produk yang dijual tidak berkualitas.

2. Jual Produk yang Dilarang

Beberapa orang menjual produk-produk yang dilarang sehingga melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh shopee. Misal menjual barang-barang berbahaya yang seharusnya dilarang oleh pihak kepolisian.

Selain itu bisa juga menjual produk-produk lain seperti produk premium yang seharusnya tidak tersedia di sana. Pelanggaran seperti ini bisa ditinggal dengan sangat tegas sehingga akun yang digunakan bisa langsung dibatasi.

Namun selama aturan itu tidak dilanggar biasanya masalah seperti ini tidak akan terjadi. Biasanya beberapa orang menyiasati hal itu dengan mengubah nama dari produk sehingga tidak mirip dengan yang dilarang.

3. Melakukan Penipuan

Selanjutnya melakukan proses penipuan yang cukup berbahaya. Apabila seseorang melakukan proses penipuan biasanya akan terlihat dari berbagai laporan.

Apabila bisa dibuktikan dengan jelas penipuan itu ternyata merugikan banyak orang, proses pemblokiran bisa dilakukan. Bahkan bisa saja dilakukan proses penyelidikan dan berurusan langsung dengan pihak kepolisian

4. Eksploitasi Promo

Terakhir dan tidak kalah penting adalah dengan melakukan eksploitasi pada promosi yang ditawarkan. Eksploitasi pada produk-produk yang ada di sini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan akun langsung terblokir.

Misal eksploitasi dilakukan dengan menggunakan terlalu banyak promosi. Selanjutnya promosi ini digunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai. Padahal ada larangan dan batasan.

Cara ini biasanya dilakukan dengan login lagi ke akun yang lain pada hp-nya sama. Padahal sistem dari shopee bisa mengenali IP address dari HP sehingga meskipun menggunakan akun yang lain tetap akan terlihat.

Dampak Pembatasan Akun Shopee

Dampak Pembatasan Akun Shopee

Dampak pembatasan sebenarnya cukup besar dan bisa membuat akun seperti tidak bisa digunakan untuk apapun. Untuk mengetahui apa saja dampak pembatasan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tidak Bisa Melakukan Transaksi

Salah satu dampak dari masalah pembatasan ini adalah tidak bisa melakukan transaksi jenis apapun. Berbagai jenis transaksi akan dibatasi sehingga hanya bisa membuka akun dan melakukan pengecekan saja.

2. Dana Tertahan

Apabila kamu adalah seorang penjual yang melakukan aktivitas di shopee, Dana yang ada di dalamnya akan tertahan. Karena dana itu tertahan kemungkinan besar akan sulit untuk mengeluarkannya lagi.

Biasanya harus ada pengurusan yang dilakukan agar dana itu bisa dicairkan ke rekening. Jika jumlahnya sangat besar tentu akan sangat merugikan apalagi sampai hilang.

Baca Juga:   Manhwa List Apk Update Terbaru Versi 1.0.2 All Genre

3. Fitur Lain Tidak Bisa Dipakai

Kemungkinan besar beberapa fitur tidak akan bisa digunakan lagi pada aplikasi ini. Karena tidak bisa digunakan kemungkinan besar akan menyebabkan masalah karena aplikasi shopee jadi sia-sia.

Jadi pastikan untuk tidak melanggar berbagai aturan yang sudah diterapkan oleh shopee. Gunakan cara mengatasi aktivitas mencurigakan di shopee yang sudah dibahas di atas agar akun terselamatkan.

Baca juga: Cara Transfer Mandiri ke ShopeePay (ATM, iBanking, Livin Mandiri)

Berapa Lama Pemulihan Akun Shopee yang Mencurigakan

Berapa Lama Pemulihan Akun Shopee yang Mencurigakan

Sebenarnya pemulihan dari akun shopee tergantung dengan berbagai jenis pelanggaran yang dimiliki. Apabila kamu merasa tidak melakukan pelanggaran ada baiknya segera menghubungi customer service seseorang mungkin.

Biasanya dalam jangka waktu 24 jam akun yang dibatasi atau dianggap tidak sesuai bisa langsung digunakan lagi. Karena begitu ada laporan biasanya akan langsung dilakukan proses pengecekan yang tepat.

Jadi, tidak ada salahnya untuk langsung menghubungi customer service jika merasa terbatasi. Jika tidak segera menghubungi biasanya mereka akan menganggap tidak terjadi kesalahan apapun.

Apa Akun Shopee Bisa Dihack?

Apa Akun Shopee Bisa Dihack?

Beberapa orang mungkin bertanya apakah akun shopee yang dimiliki bisa dihack orang lain? Untuk mengetahui jawabannya simak beberapa pembahasan berikut.

1. Akun Harus Punya Sistem Login Dua Lapis

Akun sebenarnya masih bisa di-hack apabila tidak ada sistem keamanan seperti login dengan dua arah. Jadi disarankan untuk mengaktifkan hal ini sehingga login harus dilakukan dengan menggunakan verifikasi via SMS.

Akan lebih baik lagi jika harus ada verifikasi via WhatsApp yang mungkin akan sulit dibobol oleh banyak orang. Dengan begitu, akun yang dimiliki akan selalu aman dan bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

2. Tidak Membagi Akun di Medsos

Usahakan untuk tidak membagi akun di media sosial apapun. Apabila membaca akun di media sosial termasuk password yang digunakan bisa saja dibobol dengan lebih mudah.

Apabila akun tersebut memiliki banyak sekali cadangan dana mungkin bisa saja berbahaya. Pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja resiko sebelum membagikan akun atau informasi apa saja ke media sosial.

3. Hanya Login di Perangkat Pribadi

Pastikan hanya melakukan login di perangkat pribadi saja. Bila login di perangkat orang lain bisa saja data-datanya masih tersimpan di sana. Hal ini cukup berbahaya apabila tidak melakukan logout karena bisa saja digunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab.

Cara Menghapus Data dari Shopee

Cara Menghapus Data dari Shopee

Beberapa orang sudah tidak menggunakan aplikasi ini lagi dan berharap untuk melakukan proses penghapusan data. Untuk melakukannya bisa menggunakan beberapa langkah berikut.

1. Melalui Pengaturan

Usahakan untuk melakukan penghapusan dengan pengaturan yang ada. Cara ini adalah yang cukup mudah asalkan kamu tidak memiliki tanggungan apapun pada shopee.

Biasanya beberapa tanggungan seperti shopee paylater atau sejenisnya akan menyebabkan seseorang tidak bisa hapus akun. Jadi, harus berhati-hati apabila ingin menghapus semuanyq.

2. Melalui CS

Proses penghapusan juga bisa dilakukan dengan menggunakan customer service. Proses penghapusan harus dilakukan secara mungkin untuk menghindari aktivitas mencurigakan.

Salah satu cara mengatasi aktivitas mencurigakan di Shopee adalah dengan selalu memperhatikan keamanan akun yang dimiliki. Tidak hanya melindungi password, tetapi juga menghindari tindakan yang merugikan diri sendiri.

Jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada orang yang tidak dikenal, selalu periksa riwayat transaksi secara berkala, dan gunakan metode pembayaran yang terpercaya. Dengan cara ini, pengalaman belanja di Shopee akan semakin aman dan menyenangkan.