Cek DPT Online KPU GO ID, Untuk Cek Sudah Terdaftar Apa Belum

Luarbiasa.id-Sebentar lagi Indonesia akan mengadakan pesta pemilu di awal tahun 2024, tidak terasa ternyata kita sudah hampir 5 tahun dipimpin oleh presiden  yang sekarang menjabat. Ditahun depan tepatnya tanggal 14 februari 2024 bukan hanya akan dilakukan pemilihan presiden saja tetapi juga kalian diminta untuk memilih calon legislatif yang baru.

Untuk menjelang akhir tahun 2024 Indonesia juga akan menggelar pesta pemilu lagi tingkat kepala daerah lebih tepatnya tanggal 27 November 2024. Sudah dapat dipastikan bahwa tahun depan akan ramai kampanye yang dilakukan oleh para kader dari kubu satu dan kubu lainnya, oleh karena itu kalian jangan sampai golput yha.

Kami harap kalian tidak salah salah memilih karena nasib bangsa ini ada ditangan kita sendiri dimana jika kalian salah memilih pemimpin maka kita tidak tahu bagaimana nasib bangsa dan rakyatnya 5 tahun kedepan.

Meskipun untuk sampai tahun depan masih cukup lama tetapi KPU telah mempersiapkannya dengan menentukan siapa saja yang menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sampai Panitia Pendaftaran Pemilih (Pentarlih).

Selain itu di sejumlah daerah yang ada di Indonesia telah diterjunkan petugas atau panitia untuk mendata Daftar pemilih Tetap atau (DPT). Dimana warga negara Indonesia yang sudah berusia 17 tahun wajib dan berhak menyampaikan suara nya dalam pemilu tahun 2024 nanti baik di pemilu presiden atau pun kepala daerah.

Lantas bagaimana caranya mengetahui apakah nama kita sudah terdaftar di DPT atau tidak? Sementara sekarang banyak sekali WNI yang baru menginjakan usia 17 tahun namun belum mempunyai KTP?

Apakah mereka tetap akan terdaftar atau tidak? Banyak sekali yang menanyakan terkait namanya sudah terdaftar atau belum di pemilu tahun yang akan datang. Untuk bisa memastikan sendiri apakah nama kalian sudah masuk DPT atau tidak caranya mudah banget.

Baca Juga:   Apa Arti 323 Dalam Bahasa Gaul Yang Viral di TikTok

Kalian bisa cek sendiri via online melalui website resmi KPU yang kamu bagikan dibawah ini. Dengan begitu kalian tidak akan bertanya-tanya lagi karena sudah mengecek nya sendiri.

cek dpt pemilu go id

Daftar Isi Artikel

Cara Cek DPT Pemilu 2024 Via Online

Jika 5 tahun sebelumnya kalian tidak mengikuti Pemilu karena mungkin nama kamu belum terdaftar dalam DPT pemilu maka untuk Pemilu tahun depan kalian bisa langsung cek sendiri via online melalui situs resmi Kpu.go.id. Untuk caranya silahkan bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pertama silahkan kunjungi situs resmi KPU https://infopemilu.kpu.go.id/.
  2. Klik Menu “Cek DPT Online.
  3. Kemudian akses laman https://cekdptonline.kpu.go.id/.
  4. Nanti akan muncul opsi “Pencarian Data Pemilih”.
  5. Disini kalian bisa memasukan data seperti Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, Tempat Tinggal kecamatan dan kabupaten, dan juga NIK.
  6. Priksa kembali apakah data yang kalian masukan sudah benar.
  7. Jika sudah tinggal klik Pencarian.
  8. Nanti sistem akan memunculkan informasi terkait pencarian yang meliputi nama pemilih dan juga TPS sesuai dengan data yang ada di DPT.
  9. Apabila nama kamu tidak terdaftar mungkin data yang kalian masukan salah atau bahkan kalian belum terdaftar silahkan bisa konfirmasi langsung dengan pihak terkait yang ada di desa kamu.
  10. Selesai.

Siapa Saja yang Berhak Mengikuti Pemilu 2024?

Ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi jika ingin mengikuti pemilu di tahun 2024, adapun syarat-syaratnya yaitu sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia Asli
  • Sudah berusia 17 tahun
  • Normal atau tidak sedang terkena gangguan jiwa dan ingatannya
  • Bukan seorang anggota polri dan TNI
  • Tidak sedang dibatasi hak pilihnya oleh pengadilan atau hukum
  • Berdomisili sesuai dengan E-KTP
Baca Juga:   70+ Rekomendasi Nama Kucing Unik dan Lucu Beserta Artinya

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara jika kalian ingin mengecek apakah nama kalian sudah terdaftar di DPT atau belum. caranya cukup efisien karena kalian bisa mengaksesnya via online saja. Ingat yha, bagi kalian yang sudah memiliki hak pilih jangan sampai salah menentukan pilihan hanya karena sebuah janji-janji dalam kampanye.

Mungkin hanya sekian pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai Cara Cek DPT Online via KPU go.id. Terimakasih semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat.