Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing, Bank dan Magang

Luarbiasa.id-Surat lamaran kerja adalah pintu masuk ke pekerjaan yang didambakan. Jika surat lamaran kerja tidak dibuat dengan tepat dan sepenuh hati, para pencari tenaga kerja tidak akan tertarik untuk mempekerjakan pembuat surat lamaran tersebut. Pelajari contoh surat lamaran kerja disini.

Dengan mempelajari berbagai contoh surat lamaran yang benar, pencari kerja bisa membuat sendiri surat lamaran yang akan membuatnya direkrut oleh pencari tenaga kerja. Pelajari juga apa yang bisa membuat surat lamaran kerja disukai oleh perekrut sehingga bisa meraih pekerjaan impian.

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja

Saat akan membuat surat lamaran pekerjaan, pencari kerja wajib memahami struktur yang tepat, tata bahasa, serta isi surat lamaran yang akan dilirik oleh perekrut. Surat lamaran kerja wajib bersifat jelas, padat, dan mengandung rincian yang tidak berlebihan. Perhatikan beberapa contohnya di bawah ini.

1. Surat lamaran kerja marketing

Surat lamaran kerja marketing

Yogyakarta, 15 Februari 2023

Perihal: Lamaran Kerja

Yth.

HRD Manager PT Taruna Angkasa

Jl. Kemerdekaan No. 17, Indonesia Raya

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan posisi marketing yang saya baca di situs web resmi perusahaan, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Supervisor Marketing di PT Taruna Angkasa. Beberapa data diri saya tercantum di bawah ini:

Nama : Anugrah Perwira

Jenis Kelamin : Pria

Tempat/Tgl Lahir : Yogyakarta, 25 Desember 1993

Alamat : Jl. Kebebasan No. 16, Yogyakarta

Pendidikan : S1 Manajemen UGM

Nomor HP : 088808880888

Saya mempunyai pengalaman selama 3 tahun di posisi marketing serta mempunyai kemampuan bahasa asing yang cukup fasih. Selain itu, saya juga mampu bekerja dalam kelompok maupun secara mandiri. Saya juga mampu bekerja dengan baik meskipun berada di bawah tekanan.

Sebagai bahan untuk pertimbangkan, saya juga menyertakan beberapa lampiran kelengkapan data diri, yaitu:

  • Curriculum vitae
  • Fotokopi KTP
  • Foto berukuran 3×4
  • Fotokopi ijazah terbaru
  • Fotokopi surat pengalaman kerja
  • Fotokopi SKCK
  • Sertifikat

Harapan saya untuk dipanggil wawancara sangat besar sehingga saya bisa menjelaskan lebih rinci tentang kemampuan dan potensi yang saya miliki.

Surat lamaran yang saya kirimkan ini saya buat dengan penuh kejujuran. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian bapak atau ibu pimpinan.

Hormat saya,

Anugrah Perwira

2. Contoh surat lamaran kerja content creator

Contoh surat lamaran kerja content creator

Sleman, 14 Februari 2023

Baca Juga:   Cek NISN Online Dengan Nama Siswa Dan Sekolah Terbaru 2023

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada

HRD Manager PT Megah Buana Asri

Jl. Batu Besar No. 71, Sleman

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di Instagram official PT Megah Buana Asri yang diunggah pada tanggal 13 Februari 2023, saya bermaksud melamar pekerjaan dengan posisi Digital Content Creator di PT Megah Buana Asri. Berikut ini data pribadi saya.

Nama Lengkap : Satwika Saryani

Tempat/Tgl Lahir : Sleman, 24 Desember 1994

Alamat : Jl. Batu Kecil No. 72, Sleman

Pendidikan Terakhir : S1 Sastra Inggris, UGM

Status : Sudah Menikah

No. HP : 088808880888

Alamat Email : satwsary@gmail.com

Saya adalah seorang wanita yang mempunyai kemampuan edit video, aktif dalam berorganisasi, serta memahami SEO. Saya mampu bekerja dibawah tekanan, baik secara mandiri atau sebagai anggota tim. Dokumen berikut ini saya lampirkan sebagai bahan pertimbangan.

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi SKCK
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4
  • Fotokopi sertifikat pelatihan dan kursus
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijazah S1 yang sudah dilegalisir

Surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan harapan yang besar untuk mendapatkan kesempatan wawancara. Sehingga saya bisa menjelaskan lebih detail mengenai potensi yang saya punyai. Saya ucapkan terimakasih untuk perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Satwika Saryani

3. Contoh surat lamaran kerja magang

Contoh surat lamaran kerja magang

Bantul, 13 Februari 2023

Perihal  : Permohonan Magang

Yth.

HRD PT Jari Manis Kiri

Jl. Imogiri Selatan No. 88, Bantul

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : Roby Saputra

NIM : 021011111002

Alamat : Jl. Imogiri Utara No.99, Bantul

Pendidikan : Universitas Teknologi Bantul

Program Studio : S1 Teknologi Komputer

Saya bermaksud untuk mengajukan permohonan magang (Kerja Praktek) selama 6 bulan di PT Jari Manis Kiri. Selama kuliah, saya mempelajari rancangan konstruksi komputer, desain, serta sistem berbasis komputer. Saya berharap keahlian tersebut bisa menjadi pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan.

Untuk bahan pertimbangan, berikut ini saya sertakan lampiran berupa berkas-berkas pendukung:

  • Daftar Riwayat Hidup
  • KHS terakhir lengkap dengan IPK
  • Fotokopi kartu mahasiswa
  • Pas foto terbaru berukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
  • SKCK

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan harapan yang besar agar Bapak/Ibu bersedia mempertimbangkannya. Saya ucapkan terimakasih atau perhatian Bapak/Ibu pimpinan.

Hormat saya,

Roby Saputra

4. Contoh surat lamaran kerja di bank

Contoh surat lamaran kerja di bank

Kulon Progo, 12 Februari 2023

Perihal  : Lamaran Pekerjaan

Yth.

Manager HRD Bank Syariah Timur

Jl. Simpang Siur Timur No. 1, Kulon Progo

Berdasarkan iklan lowongan kerja yang diunggah di situs web resmi Bank Syariah Timur, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi Technical Analyst. Berikut ini data diri saya:

Nama Lengkap : Muhammad Gandhi

Tempat/Tgl Lahir : Kulon Progo, 27 Desember 1993

Baca Juga:   Contoh Bilangan Berpangkat Positif, Negatif, Nol, Pecahan

Pendidikan Terakhir : S1 Ilmu Komputer UGM

Nomor HP : 088808880888

Saya pernah bekerja sebagai Technical Analyst di Bank Muamalat Barat dan mempunyai pengalaman selama lima tahun. Saya juga mempunyai pengalaman yang dalam bidang pemrograman dan teknologi. Bersama dengan surat lamaran ini, saya sertakan juga dokumen pendukung lainnya, yaitu:

  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi ijazah
  • Daftar Riwayat hidup
  • Fotokopi KTP dan SKCK
  • Surat pengalaman kerja
  • Pas foto ukuran 3×4 terbaru
  • Portofolio

Keterangan dalam surat lamaran pekerjaan ini saya tulis dan buat dengan benar dan jujur. Harapan saya untuk memperoleh kesempatan wawancara di Bank Syariah Timur sangat besar. Sehingga saya bisa menjelaskan lebih rinci mengenai keterampilan yang saya miliki.

Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Muhammad Gandhi

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Bagus

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Bagus

Agar bisa membuat surat lamaran kerja yang mampu menarik perhatian perekrut, ada banyak tips yang bisa diikuti. Perhatikan dulu beberapa contoh surat yang ada di atas. Jika masih membutuhkan bantuan untuk menulis surat lamaran pekerjaan yang bagus, pelajari berbagai tipsnya di bawah ini.

1. Ciptakan kesan individual

Saat akan mengirimkan surat lamaran pekerjaan ke suatu perusahaan, tuliskan nama perusahaan dengan benar di bagian awal surat lamaran. Selain itu, surat lamaran juga sebaiknya ditujukan ke orang tertentu. Jika mungkin, gunakan jabatan dan nama yang spesifik.

Bagi yang akan menggunakan bahasa Inggris dalam menulis surat lamaran dan surat tersebut akan ditujukan pada seorang wanita, gunakan awalan berupa Ms. apabila status pernikahannya tidak diketahui. Awalan ini lebih baik daripada menggunakan awalan Mrs. secara sembarangan.

2. Surat lamaran baiknya padat dan singkat

Dari beberapa contoh surat lamaran kerja di atas, bisa disimpulkan bahwa surat lamaran tidak boleh bertele-tele. Tuliskan surat lamaran dengan padat, singkat, serta memakai bahasa yang mudah untuk dipahami. Pilih dan gunakan kata-kata yang memang sudah sering digunakan sehari-hari.

Tidak perlu susah payah membuat pembaca terkesan dengan memakai bahasa atau kata-kata yang tidak mudah dipahami. Hindari menulis surat lamaran kerja yang terlalu panjang. Surat lamaran seharusnya tidak sampai satu halaman. Perusahaan menerima banyak sekali surat lamaran.

Jika surat lamaran kerja terlalu panjang, perekrut tidak akan tertarik untuk melihatnya. Perekrut lebih suka membaca surat lamaran kerja yang langsung menyediakan informasi secara to-the-point dan tidak berbelit-belit.

3. Bersih dan rapi

Sebisa mungkin, manfaatkan program komputer saat akan membuat surat lamaran. Dengan cara ini, surat lamaran yang dihasilkan akan lebih bersih, rapi, dan jauh lebih mudah untuk dibaca. Banyak orang masih menggunakan tulisan tangan untuk membuat surat lamaran kerja.

Hal ini sebaiknya dihindari karena tulisan tangan seseorang bisa jadi kurang bisa dibaca dengan jelas oleh orang lain. Dan jika ada kesalahan, penggunaan tip-ex akan membuat surat lamaran terlihat kotor dan tidak enak dipandang. Dengan menggunakan komputer, kesalahan pengetikan bisa dihindari.

Baca Juga:   Nama Bulan-Bulan di Islam Dan Hari Besar Beserta Maknanya

Saat mengetik surat lamaran kerja dengan keterangan siap ditempatkan dimanapun dengan menggunakan komputer, pastikan untuk selalu memeriksa ulang setiap katanya. Perbaiki setiap kesalahan sehingga surat lamaran kerja akan terlihat bagus dan menarik perhatian perekrut.

4. Pahami penulisan isi yang tepat

Bagian isi surat lamaran adalah bagian yang sangat penting karena bertugas untuk menyampaikan informasi lengkap pencari kerja. Di bagian pembukaan, selalu sebutkan sumber lowongan kerja yang ditemukan oleh pencari kerja. Misalnya saja dari internet, teman, atau surat kabar.

Sebutkan juga pekerjaan sekarang. Dalam contoh surat lamaran kerja di atas disebutkan secara singkat bidang pekerjaan dan posisi pekerjaan saat ini. Jangan lupa untuk menyebutkan latar belakang pendidikan tertinggi. Bagian penutup juga punya peran yang sangat penting dalam surat lamaran kerja.

Bagian penutup ini sebaiknya mengingatkan perekrut bahwa penulis mempunyai harapan dan keinginan yang sangat kuat agar bisa memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Informasikan kapan waktu terbaik untuk menghubungi penulis. Dan yang paling penting, selalu ucapkan terima kasih.

5. Pahami dan ikuti struktur surat lamaran kerja

Dari empat contoh surat lamaran yang ada di atas, bisa dilihat bahwa semuanya mengikuti struktur yang sama. Ada setidaknya tujuh struktur yang perlu diikuti agar surat lamaran kerja yang dibuat bisa tertata dengan baik dan tidak terkesan berantakan. Beberapa struktur tersebut adalah:

  • Tempat serta tanggal penulisan surat lamaran pekerjaan.
  • Nama perusahaan yang dituju lengkap dengan nama dan gelar perekrut jika penulis mengetahuinya.
  • Salam hormat sebagai pembuka untuk surat lamaran kerja serta kata pengantar yang membangkitkan minat.
  • Biodata pribadi penulis yang sedang membutuhkan pekerjaan di perusahaan tersebut.
  • Skill atau kemampuan penulis serta pengalaman kerja penulis yang bisa mendukung posisi kerja atau lowongan kerja yang tersedia.
  • Bagian penutup yang berisi harapan dan keinginan penulis untuk memperoleh pekerjaan di perusahaan tersebut serta ucapan terima kasih.

Tujuh format tersebut harus ada setiap kali penulis membuat lamaran pekerjaan untuk perusahaan apapun. Saat menyampaikan kemampuan atau skill, pastikan untuk memasukkan informasi skill atau kemampuan yang berhubungan dengan lowongan yang tersedia.

 

Pelajari berbagai contoh surat lamaran kerja sebagai referensi dan pahami struktur atau format yang benar untuk menulis surat lamaran kerja. Hasilnya, Anda bisa membuat surat lamaran pekerjaan yang sangat sesuai dengan kebutuhan perekrut dan akhirnya bisa mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Originally posted 2023-03-10 06:22:00.