Cek NISN Online Dengan Nama Siswa Dan Sekolah Terbaru 2023

Luarbiasa.id-Cara cek NISN online dengan nama bisa di lakukan, kalian bisa mengecek NISN sendiri dari sekolahmu dulu. Atau kalian juga bisa mengecek NISN milik orang lain dari sekolah yang sama dengan mu. Daftar setiap siswa siswi di sekolah pasti berbeda-beda karena sebagai identitas atau pengenal dari sekolah tersebut.

Nomor Induk Siswa Nasional merupakan identitas yang dimiliki oleh setiap siswa sebagai tanda pengenal. Selain itu NISN siswa satu dan yang lainnya berbeda satu dengan siswa lainnya. Untuk kalian yang belum tahu NISN sendiri bisa mengeceknya melalui situs resmi (Kemendikbud).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan NISN kepada setiap peserta didik disetiap sekolah. Nomor NISN terdiri dari nomer unik yang terdiri dari beberapa angka yang berbeda dan setiap siswa sekolah nemilikinya. Untuk kalian yang belum tahu cara mengecek NISN kalian bisa simak ulasan yang akan kami berikan selanjutnya.

Sekilas Tentang NISN

Nomor Induk Siswa Nasional atau di singkat menjadi NISN, merupakan identitas para siswa sekolah di seluruh indonesia. Nomor NISN akan siswa dapatkan sejak duduk dibangku sekolah dasar dan bersifat permanen. Yang artinya nomor tersebut tidak akan berubah meskipun kalian naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kode yang terdapat dalam NISN merupakan sebuah nomor kombinasi yang unik, sederhana serta berlaku untuk selama-lamanya. Kode unik ini biasanya merupakan kode rahasia dan beberapa digit diantaranya disematkan tanggal lahir siswa. NISN dari setiap siswa yang bersekolah di satuan pendidikan diseluruh indonesia memiliki nomor yang berbeda.

NISN juga digunakan untuk mengecek status kependidikan dari siswa yang bersangkutan. Untuk setiap peserta didik diseluruh indonesia, mulai dari Sekolah Dasar, SMP, SMA/SMK hingga perguruan tinggi memiliki nomor NISN. Jadi kalian perlu mengingat nomor tersebut untuk mempermudah kalian melakukan pendaftaran sebagai siswa baru.

Perlu kalian ingat bahwa nomor NISN dengan nomor NIS itu berbeda, jadi jangan salah berasumsi. NIS merupakan nomor induk siswa yang kalian dapatkan dari sekolah yang sedang kalian tempuh. NIS akan berubah sesuai tingak pendidikan yang sedang kalian tempuh, seperti NIS SD dan NIS SMP kalian alan berbeda.

NIS yang sifatnya sementara, hanya akan aktif selama kalian menempuh jenjang pendidikan sekolah. Sedangkan NISN yang kalian dapatkan sejak pertama sekolah tidak akan berubah meskipun tingkat pendidikan kalian naik ketahap lanjutan. Diharapkan para peserta didik mengingat nomor NISN masing-masing karena dinilai cukup penting.

Baca Juga:   Nama Bulan-Bulan di Islam Dan Hari Besar Beserta Maknanya

Lalu bagaimana jika kalian lupa dengan nomor NISN sendiri sedangkan kalian membutuhkan nomor tersebut ? Tidak perlu khawatir tentang hal itu, karena kalian bisa mengecek nomor NISN kalian secara offline maupun online. Melalui halaman resmi KEMENDIKBUD kalian bisa mengecek nomor NISN milik kalian sendiri dengan mudah.

Kalian bisa melakukan pengecekan dengan metode offline maupun online, pilih salah satunya. Serta cara mudah untuk mengecek NISN online dengan nama bisa juga dilakukan. Atau kalian lebih suka metode offline, untuk tutorial pengecekan NISN pada situs resmi KEMENDIKBUD simak info selanjutnya.

Manfaat Nomor Induk Siswa Nasional

Berkat kemajuan teknologi yang mempermudah urusan disegala bidang termasuk bidang pendidikan. Melalui situs resmi KEMENDIKBUD kalian bisa mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan yang berkaitan dengan NISN. Kalian bisa menggunakan situs tersebut untuk menemukan nomor NISN sendiri dengan cara online.

NISN kini banyak dipergunakan untuk kepentingan pendidikan pada umumnya seperti pendaftaran siswa baru. Nomor tersebut juga berguna untuk mengidentifikasi setiap siswa sekolah diseluruh indonesia secara standart, konsisten dan berkesinambungan. Tentunya hal tersebut akan mempermudah Dapodik dalam menerapkan program pendidikan, statistik pendidikan dan program lainnya.

Hal-hal terkait dengan program pendidikan baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten maupun di tingkat sekolah. Program yang tengah berlangsung seperti program Bantuan Operasional Sekolah (BOS), ujian sekolah, PIP hingga  SNMPTN. Beserta program lanjutan lainnya yang diselenggarakan pemerintah jadi pastikan kalian mengingat NISN sendiri.

Dengan adanya NISN ini akan mempermudah pendataan para siswa oleh pemerintah dan terverifikasi sebagai peserta didik secara Nasional. Peserta didik akan dibedakan dengan nomor NISN yang terdaftar secara resmi sejak pertama memasuki tingkat pendidikan. Untuk mengetahui nomos NISN kalian tidak perlu repot lagi, kini kalian bisa mencarinya secara online dengan menggunakan ponsel.

Cek NISN Online

Cara Cek NISN Online dengan Nama

Bagi kalian yang belum tahu atau lupa dengan NISN kalian dan memerlukan nomor tersebut untuk kepentingan pendaftaran sekolah atau lainnya. Kalian bisa melakukan pengecekan NISN secara online menggunakan nama pada halaman resmi KEMENDIKBUD. Yang perlu kalian ingat adalah halam resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Berikut ini langkah-langkah penegecekan NISN berdasarkan nama :

  • Pertama silahkan kalian buka browser diperangkat yang kalian gunakan.
  • Setelah itu, buka situs resmi kemendikbud yaitu nisn.data.kemendikbud.
  • Jika sudah, pilih menu pada halaman dan klik opsi pencarian NISN berdasarkan nama.
  • Lalu akan muncul kolom yang perlu kalian isi data diri seperti nama, tanggal lahir, tempat lahir dan nama ibu kandung.
  • Pastikan semua data diri kalian isi dengan benar, jika sudah benar klik lanjutkan kemudian klik cari.
  • Berikutnya akan muncul NISN dengan nama siswa yang kalian cari tersebut.
  • Selesai.

Tidak hanya menggunakan nama siswa untuk dapat mengetahui nomor NISN, namun kalian juga bisa mencari berdasarkan sekolah, nama ibu kandung. Jika kalian tidak memiliki jaringan internet yang cukup baik atau kuota tidak cukup bisa mencarinya secara offline.

Baca Juga:   Tabel Perkalian 1-100 Lengkap dan Cara Belajar Seru

Cara Cek NISN Berdasarkan Sekolah

Jika kalian masih belum menemukan nomor NISN siswa pada halaman Kemendikbud, ada cara lain yang bisa kalian gunakan. Kalian bisa mengecek NISN siswa berdasarkan nama sekolah, berikut ini langkah-langkahnya :

  • Silahkan kunjungi browser yang biasa kalian gunakan.
  • Klik laman resmi nisn.data.kemendikbud.go.id.
  • Jika halaman pencarian NISN berdasarkan sekolah sudah muncul.
  • Masukan NISN siswa yang ingin kalian cari nomor NISN nya.
  • Lalu isi data diri nama beserta nama ibu kandung dan data lainnya secara lengkap dan benar.
  • Setelah semua data terisi dengan benar maka akan muncul ketahapan selanjutnya dengan klik cari.
  • Maka akan muncul NISN yang kalian cari berdasarkan nama sekolah.
  • Selesai.

Lalu jika kalian sudah melakukan cara-cara yang telah disampaikan diatas NISN kalian tetap tidak muncul. Untuk kesalahan tidak ditemukannya NISN yang kalian cari mungkin ada beberapa faktor penyebab tidak munculnya NISN tersebut.

Memperbaiki Data NISN Siswa yang Tidak Sesuai

Setelah kalian melakukan pengecekan NISN melalui halaman resmi Kemendikbud namun hasilnya nihil. Hal ini bisa saja terjadi karena ada beberapa data yang tidak sesuai pada halaman resmi saat didaftarkan oleh pihak terkait. Untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa memperbaikinya dengan cara-cara berikut ini :

  • Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah menyiapkan berkas yang akan dilampirkan.
  • Berkas yang perlu kalian lampirkan diantaranya adalah ijazah jenjang sebelumnya dan akta kelahiran.
  •  Kemudian silahkan kalian login menggunakan username beserta password.
  • Jika kalian belum memiliki akun silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu pada laman resmi NISN.
  • Lalu masuk ke halaman utama kalian pilih menu edit data.
  • Pada menu tersebut pilih opsi pengajuan dan isi kelengkapan data yang diperlukan.
  • Kemudian kalian pilih pada opsi “siswa” lalu tekan ok.
  • Setelah itu pilih nama siswa yang ingin diganti datanya dan klik ok.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan perubahan data yang dikehendaki.
  • Isi data perubahan sesuai dengan yang diajukan. Semua kolom wajib kalian isi setelah itu upload berkas yanh diperlukan seperti ijazah dan akte dengan format jpg.
  • Setelah semua data terisi dengan benar, silahkan untuk melakukan pengecekan data ulang dan pastikan semuanya benar.
  • Jika sudah silahkan klik tombol “pengajuan perubahan”.
  • Pada tahapan tersebut kalian sudah berhasil mengajukan perubahan data.
  • Jika ingin melihat laporan pengajuan silahkan untuk mengeceknya pada bagian “Status”.

Itulah langkah-langkah mengajukan perubahan data yang bisa kalian lalukan jika data kalian tidak sesuai.

Faktor atau Penyebab NISN Tidak Ditemukan

Apakah kalian sudah mencoba berbagai cara untuk mengecek NISN kalian sendiri namun tidak berhasil. Kenapa demikian ? Hal ini biasanya data yang kalian isi tidak sesuai dengan data kalian yang ada di Kemendikbud. Itu sebabnya saat kalian ingin mengecek NISN data kalian tidak akan muncul, beberapa faktor atau penyebabnya diantaranya sebagai berikut :

Baca Juga:   Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing, Bank dan Magang

NISN Tidak Valid

NISN tidak valid adalah kesalahan pengisian data atau ada data yang sama dengan data siswa lainnya sehingga membuatnya tidak valid. Atau bisa karena tidak diterbitkan oleh PDSPK hal ini biasanya berkas seperti ijazah, rapor, kartu NISN milik orang lain. Sehingga data yang kalian cari tidak muncul pda mesin pencarian data di situs kemendikbud tersebut.

Kesalahan Penulisan Data NISN

Faktor lainnya seperti kesalahan dalam pengisian data diri kalian. Misalnya nama kalian tidak sama dengan akta kelahiran, atau nama ibu kandung tidak sesuai dengan nama diakta. Atau jika kalian sudah masuk kejenjang pendidikan lanjutan ijazah kalian tidak sesuai dengan data yang ada pada kemendikbud. Hal ini meyebabkan nomor NISN kalian pada rapor dan kartu NISN tidak sesuai dengan ijazah sehingga saat dilakukan pengecekan salah.

Perbedaan Arsip Offline dan Online

Penyebab nomos NISN kalian tidak bisa dicek atau tidak ditemukan pada halaman kemendikbud biasanya karena arsip offline dan online berbeda. Hal ini biasanya disebabkan dokumen yang kalian lampirkan tidak lengkap sehingga terjadi ketidak cocokan data. Kesalahan lainnya adalah data yang tercantum pada dat offline seperti Kartu Keluarga (KK) tidak sesuai dengan dokumen kependudukan tersebut.

Jadi NISN kalian akan tidak terdata secara otomatis karena beberapa faltor diatas. Untuk itu kalian perlu melakukan pengajuan perubahan data atau melengkapi dokumen yang perlu kalian lengkapi. Hal ini bertujuan agar data kalian terkonfirmasi dengan benar pada data NISN di Kemendikbud dan terverifikasi sebagai peserta didik Nasional.

Cara Cek NISN dengan Aplikasi

Pengecekan NISN siswa kini bisa lebih mudah dan efisien dengan menggunakan bantuan aplikasi. Aplikasi ini merupakan aplikasi terbaik yang bisa kalian unduh dengan gratis di Google Play Store. Berikut ini rekomendasi aplikasi cek NISN terbaik :

Cek NISN New

Aplikasi pendidikan yang satu ini sudah bisa kalian nikmati sejak lama dengan pembaruan sistem didalamnya. Developer POPSI memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk menggunakan aplikasi tersebut dengan tampilan yang cukuo sederhan. Selain itu ukuran dari aplikasi ini cukup ringan sehingga tidak memuat banyak ruang dalam perangkat.

Cetak Kartu NISN

Jika kalian ingin mencari nomor NISN sekaligus ingin mencetaknya dalam bentuk kartu bisa menggunkan aplikasi yang satu ini. Aplikasi Cetak Kartu NISN ini bisa kalian pergunakan dengan mudah hanya perlu mengisi beberapa data yang diperlukan. Maka akan muncul informasi yang kalian cari terkain NISN siswa yang ingin kalian cari.

Dapodik All In One

Untuk aplikasi yang satu ini terbilang memiliki menu yang cukup lengkap dibandingan dengan aplikasi lainnya. Bahkan dalam aplikasi ini terdapat informasi mengenai sekolah hingga guru sebagai tenaga kerja pendidikan. Menu dalam aplikasinya dibedakan berdasarkan kategori sehingga kalian akan lebih mudah menggunakannya. Aplikasi yang satu ini bisa kalian dapatkan di Play Store secara cuma-cuma.

Baca juga: 10 Aplikasi Kuliah Online Terbaik 2023 Untuk Cari Ilmu

Penutup

Itulah informasi yang dapat disampaikan tentang Cara Cek NISN Online dengan Nama pada ulasan kali ini. Kalian bisa memilih metode pengecekan NISN dengan situs resmi KEMENDIKBUD atau menggunakan aplikasi seperti yang kami rekomendasikan diatas. Semoga informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat dan terima kasih.