Google Camera APK (GCam) Versi Terbaru Untuk Android 11

Luarbiasa.id-Aplikasi kamera sudah menjadi aplikasi yang wajib ada di halaman utama agar mudah diakses setiap kali pengguna smartphone membutuhkannya. Salah satu aplikasi kamera yang wajib dimiliki adalah Google Camera Apk yang punya banyak fitur keren dan kelebihan bagi para pengguna Android.

Sekilas aplikasi Camera dari Google ini tampak mirip dengan berbagai aplikasi lain yang ada di Play Store. Tapi ada yang membuat aplikasi kamera ini jauh lebih unik dibandingkan dengan aplikasi serupa. Temukan perbedaannya dan alasan harus mempertimbangkan Google Camera di bawah ini.

Mengenal Google Camera Versi Apk

Mengenal Google Camera Versi Apk

Jadi, ada dua versi aplikasi Google Camera, yaitu versi asli dan versi apk. Versi asli merupakan aplikasi Google Camera yang tersedia di Play Store dan tersedia secara gratis. Tapi versi asli ini tidak diperuntukkan bagi semua pengguna Android. Hanya pengguna tertentu yang bisa memakainya.

Sedangkan versi apk merupakan versi asli Google Camera yang sudah dikembangkan ulang oleh pengembang selain Google LLC. Berkat pengembangan inilah aplikasi Google Camera jadi bisa diakses oleh lebih banyak orang yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android.

Tidak sedikit pengguna Android yang penasaran kenapa tidak bisa menemukan aplikasi Google Camera di Play Store. Alasannya adalah aplikasi ini dibuat khusus oleh Google untuk digunakan oleh para pengguna ponsel Pixel. Jadi, selain pengguna ponsel Pixel tidak bisa menemukan aplikasi ini.

Itulah sebabnya perlu ada versi apk yang memungkinkan para pengguna Android merk lain bisa mengunduh aplikasi Google Camera dan memakainya di ponsel Android tanpa kendala. Pelajari seluk beluk aplikasi ini sebelum mengunduhnya.

Berbagai Mode dalam Aplikasi Google Camera

Kenapa banyak orang penasaran dan ingin segera mencoba memakai aplikasi kamera dari Google ini? Salah satu penyebabnya adalah berbagai mode kamera yang terdapat di dalam aplikasi dan bisa digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Ada berapa mode kamera yang tersedia di dalamnya?

Baik versi asli maupun versi apk hadir dengan banyak pilihan mode kamera. Diantara sekian banyak mode kamera tersebut, beberapa diantaranya adalah:

1. Night Sight

Night Sight

Merupakan mode kamera yang sering dikenal dengan istilah mode malam. Mode kamera yang satu ini memungkinkan para pengguna untuk menangkap gambar dengan kualitas yang cukup bagus meskipun pencahayaan di dalam ruangan terbatas atau redup.

Baca Juga:   WhatsApp Plus (WA Plus ) Apk V19.10, V17 20 Lama dan Terbaru

Selain untuk digunakan di dalam kamera dengan pencahayaan terbatas, mode kamera Night Sight juga memungkinkan pengguna smartphone Android untuk mengambil gambar dengan kualitas tinggi di luar ruangan pada malam hari.

Dibandingkan dengan kamera lainnya, hasil yang diberikan oleh mode Night Sight akan jauh lebih jelas dan terang.

2. Portrait

Portrait

Mode portrait merupakan mode kamera lain yang sebenarnya juga tersedia di berbagai aplikasi kamera lainnya. Mode portrait dalam Google Camera versi asli maupun apk akan membuat bagian latar belakang atau background tampak blur atau kurang jelas.

Dengan begitu, objek utama yang ada di bagian depan akan tampak lebih fokus dan menarik. Efek bokeh akah muncul dan membuat foto yang dihasilkan terlihat lebih profesional dan berkualitas. Mode ini biasanya digunakan untuk mengambil gambar dengan objek berupa manusia.

Untuk menggunakan mode ini, objek yang akan menjadi fokus utama tidak boleh berada terlalu dekat dengan latar belakang. Sehingga Google Camera Apk bisa mendeteksi dengan mudah.

3. Photo

Photo

Merupakan mode kamera biasa yang ada di aplikasi versi asli maupun apk. Mode ini bisa digunakan untuk mengambil foto dengan sangat mudah. Cukup arahkan kamera ke suatu objek kemudian tentukan fokusnya agar tidak blur, caranya adalah dengan menyentuh objek yang ada di kamera.

Selanjutnya tinggal sentuh atau tap tombol shutter bulat untuk mengambil gambar. Selain untuk mengambil gambar, mode Photo juga bisa digunakan untuk mengambil video dengan durasi singkat. Pengguna tidak perlu mengakses mode Video.

Tinggal sentuh dan tahan tombol shutter di mode Photo saat akan merekam video singkat. Kemudian lepaskan tombol shutter setelah selesai merekam video singkat.

4. Video

Video

Meskipun mode kamera yang sebelumnya bisa digunakan untuk merekam video, durasi video yang dihasilkan tidak akan lama. Biasanya hanya berkisar di angka 15 detik saja. Sedangkan untuk merekam video yang durasinya lebih lama, gunakan mode Video di Google Camera versi asli atau apk.

Untuk merekam video yang durasinya mencapai satu menit atau lebih, pengguna Android perlu mengakses mode Video kemudian menyentuh shutter untuk mulai merekam. Tidak perlu menahan tombol karena aplikasi akan tetap merekam sampai pengguna menyentuh tombol stop.

Selain tombol stop, ada juga tombol pause yang memungkinkan perekam untuk menjeda video sementara sebelum melanjutkan proses rekaman.

5. Panorama

Panorama

Fitur lain aplikasi Gcam atau Google Camera adalah Panorama yang dirancang khusus untuk mengambil gambar dengan tampilan wide atau lebar. Biasanya, para pengguna smartphone akan menggunakan mode ini untuk mengambil gambar pemandangan alam.

Baca Juga:   8 Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Terhapus 2023

Proses pengambilan foto dengan mode panorama tidak semudah mengambil foto seperti biasa. Pengguna perlu menggeser kamera agar gambar yang diinginkan bisa muat sepenuhnya ke dalam kamera. Artinya, pengguna harus memegang kamera dengan stabil dan meminimalisir guncangan.

Jika tidak dilakukan dengan benar, hasil pengambilan gambar dengan metode panorama tidak akan bagus. Pengguna perlu mempraktekkan cara menggunakan mode ini berkali-kali sampai ahli.

6. Timelapse

Timelapse

Dua mode kamera terakhir adalah mode video yang akan menghasilkan tampilan yang berbeda. Mode pertama adalah timelapse yang akan menghasilkan video dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada biasanya. Jadi, semua yang direkam akan bergerak dengan cepat.

Untuk menggunakan mode Timelapse dan memperoleh video yang unik, letakkan ponsel di posisi yang stabil karena ponsel akan ditinggalkan untuk waktu yang cukup lama agar bisa menghasilkan video Timelapse. Setelah menemukan tempat yang pas, mulai lakukan perekaman.

Kemudian tinggalkan ponsel untuk waktu yang cukup lama, misalnya 30 menit hingga 1 jam. Nantinya, mode Timelapse akan menghasilkan video gerak cepat berdurasi beberapa menit saja.

7. Slow motion

Slow motion

Merupakan mode kebalikan dari timelapse, yaitu mode gerak lambat. Dengan menggunakan mode kamera yang satu ini, pengguna bisa menciptakan video dengan efek lambat yang hasil video jadi lebih unik dan lucu. Biasanya, mode ini digunakan untuk merekam video lucu.

Beberapa pengguna Android juga menggunakan mode slow motion ini untuk menciptakan video produk yang lebih berkualitas. Efek slow motion saat merekam video produk bisa meningkatkan kualitasnya. Misalnya saja efek cipratan air yang mengenai kemasan botol minum.

Efek slow motion pada saat air terciprat ke botol membuat produk tampak lebih segar dan menggoda. Mode slow motion juga bisa digunakan di berbagai kesempatan dan keperluan lainnya.

8. Top Shot

Top Shot

Fitur unik Google Camera Apk adalah Top Shot yang memungkinkan pengguna untuk mengambil 10 gambar sekaligus. Mode yang satu ini sangat berguna dalam berbagai kesempatan. Misalnya saat akan mengambil foto orang yang sedang melompat.

Gunakan mode Top Shot sehingga pengguna bisa mengambil 10 gambar orang yang sedang melompat untuk kemudian dipilih yang paling bagus dan berkualitas. Biasanya, foto orang yang sedang melompat tidak bisa didapatkan dengan sempurna hanya dengan sekali jepret.

Daripada meminta model untuk melompat berkali-kali, cukup gunakan mode Top Shot untuk mendapatkan foto terbaik.

9. Astrophotography

Astrophotography

Merupakan fitur khusus yang disediakan oleh Google LLC untuk para pecinta langit. Mengambil foto langit merupakan hobi bagi sebagian orang. Jika Anda juga suka mengambil foto langit, pastikan untuk menggunakan mode astrophotography dan bukan mode kamera biasanya.

Baca Juga:   Cara Klaim Bonus Kuota XL Prioritas, 30GB, via MyXL, dll

Mode astrophotography memungkinkan pengguna Google Camera versi asli maupun apk untuk mendapatkan foto langit yang kualitasnya jauh lebih tajam dan jelas daripada foto langit yang diambil memakai mode kamera biasa.

Fitur kamera ini masih belum banyak ditemukan di berbagai aplikasi kamera yang lainnya. Mode kamera inilah yang membuat Google Camera, khususnya versi apk, disukai oleh banyak orang.

Download Aplikasi Google Camera Versi Apk

Beberapa pengguna smartphone Android tidak bisa menemukan aplikasi Google Camera meskipun sudah mencari-cari aplikasi ini di Play Store. Hal ini karena Google LLC hanya menyediakan aplikasi ini untuk pengguna Google Pixel yang sudah mendapatkan sistem operasi Android 12.

Untungnya, ada pengembang pihak ketiga yang berbaik hati menyediakan versi apk yang bisa diunduh oleh semua pengguna Android. Tapi versi apk juga tidak tersedia di Play Store. Untuk mendapatkannya, pengguna perlu mengunduh Google Camera versi apk melalui link ini.

Nama aplikasi Google Camera
Pengembang aplikasi Google LLC & pihak ketiga
Ukuran aplikasi 22MB
Versi aplikasi 8.7.250
Terakhir diperbarui Desember 2022
Harga aplikasi Gratis tanpa pembelian atau pembayaran apapun
Sistem operasi Khusus Android
Link download Download Disini

Tidak seperti aplikasi yang berasal dari Play Store, aplikasi yang diunduh dari pengembang pihak ketiga, seperti misalnya aplikasi dari link di atas, tidak bisa terpasang secara otomatis. Jadi, pengguna Android perlu melakukan pemasangan aplikasi secara manual.

Caranya sangat mudah, tinggal temukan saja lokasi penyimpanan file Apk Google Camera. Kemudian tap file tersebut untuk membukanya. Ketika muncul permintaan konfirmasi, berikan konfirmasi maka proses instalasi akan segera dilakukan dan diselesaikan.

Segera setelah aplikasi selesai dipasang di perangkat Android, pengguna bisa segera menikmati seluruh mode kamera yang ada dalam aplikasi Google Camera tersebut.

Resiko Menggunakan Google Camera Versi Apk

8 Mode Kamera Google Camera Apk Terbaik

Satu hal penting yang wajib diketahui oleh semua yang tertarik untuk menggunakan Google Camera versi apk adalah keamanan aplikasi tersebut. Play Store akan memastikan bahwa semua aplikasi yang Anda unduh aman untuk digunakan dan bebas dari masalah keamanan apapun.

Masalahnya, aplikasi versi apk tidak diunduh dari Play Store sehingga keamanannya tidak dijamin oleh Play Store. Jika Anda mengunduh aplikasi versi apk dari situs yang tidak jelas keamanannya, bisa jadi ada malware atau virus berbahaya yang ikut terdownload dan membahayakan keamanan.

Malware atau virus bisa menyebabkan banyak kerugian. Misalnya, ada virus yang mencuri data dalam ponsel untuk kemudian disalahgunakan. Agar tidak mengalami kerugian saat akan menggunakan aplikasi Google Camera Apk, unduh hanya melalui link yang ada di halaman ini.