Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Sudah Diproses Penjual COD

Luarbiasa.id-Berkembangnya dunia teknologi membuat masyarakat kini makin mudah saat berbelanja online. Lazada merupakan salah satu marketplace yang cukup populer di Indonesia, namun terkadang ada orang yang masih bingung cara membatalkan pesanan di Lazada yang sudah diproses penjual COD.

Untuk membatalkan pesanan lewat aplikasi Lazada sebenarnya mudah saja dilakukan, asalkan alasan pembatalan pesanan sesuai dengan kebijakan yang ada. Memang terkadang ada masalah yang terjadi saat proses order, kirim barang, atau kerusakan barang sehingga Anda berhak mengajukan pembatalan.

Cara membatalkan pesanan di aplikasi Lazada cukup mudah, anda bisa langsung merubah laman settingnya sesuai keperluan yang diinginkan. Namun sebelumnya harus mendapatkan persetujuan dari penjual saat membatalkan pesanan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan nantinya.

Sekilas Tentang Aplikasi Marketplace Lazada

Sekilas Tentang Aplikasi Marketplace Lazada

Lazada merupakan semacam platform marketplace belanja online yang berasal dari negara Singapura. Hingga saat ini, Lazada sudah berhasil dalam menjalankan operasi bisnis di 6 negara Asia Tenggara khususnya Indonesia. Tahukah Anda bahwa Lazada tergolong salah satu investasi dari Alibaba Group?

Sekitar tahun 2016, Perusahaan Alibaba Group sudah menginvestasikan sebesar US$1 miliar guna bisa mendapatkan kepemilikan mayoritas saham Lazada. Tahun berikutnya saham Lazada dimiliki sekitar US$ 2 miliar, sehingga kepemilikan Alibaba Group terhadap Lazada sudah sekitar 90%.

Sebagai aplikasi marketplace yang profesional, Anda bisa menggunakannya untuk membuka toko online, berjualan, dan belanja kebutuhan apa saja. Lazada dipenuhi para penjual toko yang menyediakan berbagai produk bermanfaat mulai dari bahan pokok, aksesoris, pakaian, alat olahraga, dan lain-lain.

Aplikai Lazada bisa dioperasikan menggunakan perangkat apapun seperti web, android, iOS, phone, ataupun windows. Apakah semua itu aman? Tentu saja aman, karena Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dengan kode aktivasi yang sudah dimasukkan sebelumnya saat proses registrasi.

Untuk meningkatkan kepuasan kepada para penggunanya, aplikasi Lazada menyediakan fitur untuk bisa melakukan pembatalan pesanan karena alasan tertentu. Namun bagaimana kalau ternyata barang pesanan sudah di proses pengiriman dan pelanggan ingin membatalkannya?

Pada pembahasan kali ini Anda akan mengetahui tips membatalkan pesanan Lazada COD yang belum diproses, sudah diproses, dan sudah dikirimkan ke rumah. Pembeli yang membatalkan pesanan COD diharapkan memiliki alasan yang bisa diterima agar bisa dikonfirmasi oleh penjual.

Baca Juga:   Sensibilidade FF Pro Apk Auto Headshot Free Fire Terbaru 2023

Cara Membatalkan Pesanan Di Lazada Yang Sudah Diproses Penjual COD

Bagi penjual online yang responsif dalam melayani transaksi pembelian COD, maka saat itu juga akan segera melakukan packing dan memproses pengiriman. Ketika barang sudah selesai diproses, ada saja pembeli yang berubah pikiran dengan beberapa alasan tertentu sehingga terpaksan membatalkannya.

Ada pembeli yang beralasan salah pilih ukuran barang, warna tidak sesuai, dan lain-lain. Masih bingung? Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda bisa langsung menghubungi Customer Service Lazada agar pesanan bisa terkonfirmasi batal dan tidak merugikan kedua belah pihak yang bersangkutan.

Lazada memiliki aturan tersendiri bagi pengguna yang ingin membatalkan pesanan COD, pesanan transfer, dan keperluan lainnya. Maka dari itu, Anda harus menerapkan langkah yang tepat agar proses pembatalan pesanan bisa di proses dengan baik sesuai prosedur yang berlaku.

Caranya:

  • Cara cancel pesanan di lazada COD yang pertama dengan membuka aplikasi lewat perangkat HP, kemudian lakukan “Login”.
  • Silahkan klik opsi “Akun”, kemudian gulir halaman ke bawah dan klik chat dengan customer service atau CS.
  • Pada tahapan ini, Anda akan diarahkan untuk menuju laman “Chat” atau “Chat Bot”. Tekan pilihan “Pembatalan Pesanan”, lalu klik “Batalkan Pesanan”.

Pada tahapan ini, Anda akan diarahkan untuk menuju laman “Chat” atau “Chat Bot”. Tekan pilihan “Pembatalan Pesanan”, lalu klik “Batalkan Pesanan”.

  • Pilih beberapa pesanan yang akan dibatalkan, kemudian nantinya akan ada pesan balasan berbunyi “Pesanan Saat Ini Sudah Dalam Proses Pengiriman”.
  • Ketika “CS” pada kolom yang sudah tersedia agar pengguna bisa langsung melakukan komunikasi dengan customer service Lazada asli, bukan bot sebelumnya.
  • Tahap terakhir, Anda bisa langsung menyampaikan kepada CS bahwa ingin membatalkan pesanan COD. Tunggu dalam waktu beberapa menit, kemudian CS Lazada akan segera memberi respon permintaan sesuai permintaan pengguna. 

Mudah bukan cara membatalkan pesanan di Lazada yang sudah diproses penjual COD? Dalam hal ini, CS resmi dari Lazada yang akan membantu untuk menanganinya. Kendati penjual belum dapat fee dari penjualan, maka tidak perlu pengembalian dana dan barang sudah tidak jadi dikirim nantinya.

Pembeli juga bisa membatalkan pesanan saat barang sudah diantarkan ke rumah Anda, namun perlu memberikan alasan yang bisa diterima. Kurir akan membantu pembeli untuk konfirmasi kepada penjual dan secara otomatis status pesanan pada Lazada akan dibatalkan sesuai permintaan.

Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan COD Lazada yang Belum Proses?

Seorang pakar bisnis online bernama Silviasari mengungkapkan bahwa penyelesaian permasalahan konsumen dan pelaku usaha dalam transaksi e-commerce melalui sistem COD lebih mudah. Sistem pembayaran COD (Cash On Delivery) akan membuat masyarakat merasa lebih aman dan nyaman.

Baca Juga:   10+ Twibbon Mixue Gang Jaya Jaya Jaya Yang Sedang Viral

Mengapa demikian? Sistem pembayaran COD akan membuat masyarakat tidak mengalami tindak penipuan dari penjual online yang tidak bertanggungjawab. Misal barang yang dikirim tidak sesuai pesanan dan penjual tidak ada respon, maka tidak perlu membayar barang pesanan tersebut.

Beberapa kasus juga sering terjadi, dimana pembeli sudah transfer uang untuk belanja, namun barang tidak kunjung datang sampai beberapa bulan. Jika pembayaran barang dilakukan secara COD, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan uang yang sudah dibayarkan kepada penjual sebelumnya.

Setelah mengetahui cara membatalkan pesanan di Lazada yang sudah diproses penjual COD, maka Anda juga perlu memahami tips batalkan pesanan COD yang belum proses. Penjual biasanya belum melakukan pengiriman barang, sehingga pembeli akan lebih mudah membatalkannya.

Caranya:

  • Silahkan buka aplikasi Lazada, kemudian masuk ke bagian menu “Akun”. Klik bagian menu “Pesanan Saya”. Langkah selanjutnya pilih “Dalam Proses”.

Silahkan buka aplikasi Lazada, kemudian masuk ke bagian menu “Akun”. Klik bagian menu “Pesanan Saya”. Langkah selanjutnya pilih “Dalam Proses”.

  • Setelah itu, pilih pesanan COD yang akan dibatalkan. Pilih “Batal” yang letaknya pada bagian kanan bawah. Anda harus menyertakan alasan melakukan pembatalan pesanan, klik “Pilih”.
  • Klik “Kirimkan” dan pesanan COD akan segera dibatalkan sesuai permintaan pelanggan.

Lalu bagaimana caranya membatalkan pesanan COD yang sudah diantarkan ke tempat Anda? Pembeli bisa langsung membatalkannya ketika kurir sudah mengantarkan paket ke alamat tujuan. Sebelumnya pembeli bisa melacak pengiriman dengan menggunakan nomor resi yang tertera dalam aplikasi.

Saat kurir sudah datang ke rumah, maka coba sampaikan bahwa Anda ingin membatalkan pesanan barang tersebut. Kurir akan langsung meminta pembeli untuk menandatangani nota resi dan menulis alasan pembatalan pesanan COD. Bagaimana proses yang dilakukan selanjutnya?

Secara otomatis pesanan COD Lazada sudah dibatalkan sesuai permintaan pembeli. Status pemesanan yang tercantum dalam aplikasi Lazada akan berubah menjadi “Pesanan Dibatalkan Pembeli”. Selama alasan bisa diterima oleh penjual, maka proses pembatalan pesanan COD akan lebih mudah.

Beberapa Kebijakan Lazada Bagi Pengguna yang Membatalkan Pesanan

Walaupun proses pembatalan pesanan Lazada mudah dilakukan, namun pihak Lazada memiliki aturan atau kebijakan yang perlu Anda perhatikan. Jika pembatalan pesanan melanggar beberapa prosedur yang ada, maka penjual ataupun pembeli tidak bisa membatalkan semaunya sendiri.

1. Masalah Penggunaan Voucher Gratis

Masalah Penggunaan Voucher Gratis

Voucher gratis sering kali diberikan dari pihak Lazada kepada seluruh pengguna agar lebih murah saat melakukan belanja online. Namun bagi Anda yang sudah menggunakan voucher gratis untuk membeli beberapa produk, maka tidak bisa membatalkan sebagian pesanan.

Anda harus melakukan pembatalan semua produk pesanan yang menggunakan voucher bebas ongkir tersebut. Ini sudah menjadi kebijakan dari pihak Lazada bagi para pengguna yang akan melakukan pembatalan pesanan, sehingga pemilik toko dan pembeli perlu memperhatikannya.

Baca Juga:   8 Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Terhapus 2023

Jika hanya bisa membatalkan beberapa produk, maka dikhawatirkan pembatalan pesanan pada sebagian produk gratis ongkir akan membuat rancu laporan keuangan. Daripada membingungkan penjual dan pihak Lazada, maka lebih baik pembatalan pesanan dilakukan keseluruhan.

2. Pengguna yang Memanfaatkan Diskon, Voucher, dan Promosi

Pengguna yang Memanfaatkan Diskon, Voucher, dan Promosi

Pemilik toko sering kali mengaktifkan fitur diskon, voucher, dan promosi besar-besaran dengan tujuan banyak pelanggan yang akan membelinya. Barang dengan potongan harga dari toko memang bisa dibatalkan, namun nantinya voucher atau diskon tidak bisa digunakan kembali.

Pesanan yang sudah dibatalkan akan menggunakan store credit, sehingga Anda selaku pihak yang membatalkan perlu menghubungi layanan CS. Kebijakan satu ini bertujuan untuk meminimalkan terjadinya kerugian yang bisa dialami oleh pemilik toko online.

Potongan harga barang merupakan keuntungan tersendiri bagi konsumen, sehingga perlu untuk dikembalikan lagi kepada penjualnya. Bagi Anda yang ingin membatalkan pesanan dengan harga diskon, maka perlu memahami poin penting yang satu ini.

3. Pesanan yang Sudah Batal Tidak Bisa Dikirim Kembali

Pesanan yang Sudah Batal Tidak Bisa Dikirim Kembali

Sudah tahu kan cara membatalkan pesanan di Lazada yang sudah diproses penjual COD? Jika sudah membatalkannya, maka Anda tidak dapat memproses pesanan kembali. Hal ini sudah menjadi kebijakan dari pihak Lazada, sehingga pembeli tidak asal merubah proses pembelian.

Mempertimbangkan kondisi tersebut, maka sudah seharusnya pembeli memikirkan dengan matang saat akan membatalkan pesanan. Bagaimanapun, pihak penjual Lazada sudah keluar biaya untuk mengemas dan mengirimkan barang sampai ke rumah Anda.

Kebijakan seperti ini dikeluarkan agar pihak penjual Lazada tidak merasa kebingungan dan malah salah memproses pengiriman barang. Belum lagi banyak biaya yang belum dipertimbangkan sebagai bentuk kerugian pembatalan pesanan tersebut.

4. Harga Produk Bisa Berubah Sewaktu-Waktu

"</a

Harga produk yang berlaku pada aplikasi Lazada merupakan harga yang sudah tertera saat Anda sedang melakukan pemesanan. Namun, harga tersebut bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan kepada pengguna sebelumnya.

Oleh sebab itu, barang yang sudah Anda batalkan sebelumnya tidak dapat diproses kembali sesuai permintaan pembeli. Hal ini dikarenakan harga barang bisa saja mengalami perubahan, sehingga pihak Lazada sangat mempertimbangkan masalah tersebut.

Bagi pesanan pembeli yang sudah memasuki tahap pengiriman, maka sebelumnya Anda harus menghubungi penjual untuk melakukan pembatalan. Jika pembatalan pesanan sudah disetujui oleh penjual, maka proses konfirmasi dari pihak Lazada akan lebih mudah dilakukan.

Bagi pengguna aplikasi Lazada yang ingin membatalkan pesanan dengan alasan ingin mengubah alamat pengiriman, maka akan diarahkan untuk mengisi alamat pengiriman baru. Namun ketika alamat pengiriman baru jaraknya jauh dengan alamat lama, maka perubahan tidak bisa dilakukan.

Sudah paham kan cara membatalkan pesanan di Lazada yang sudah diproses penjual COD? Bayar belanja dengan sistem COD memang banyak diminati untuk menghindari penipuan. Silahkan ikuti beberapa tahapan di atas agar tidak bingung saat akan membatalkan pesanan yang sudah di proses.

Baca juga: