5 Cara Aktivasi Kode Paket Darurat Telkomsel Bayar Nanti

Luarbiasa.id-Pulsa dan paket data sudah menjelma menjadi salah satu kebutuhan utama para pengguna ponsel. Tanpa WiFi, smartphone hanya bisa digunakan jika ada pulsa atau paket internetnya. Jika paket internet mendadak habis, pengguna Telkomsel bisa memanfaatkan kode Paket Darurat Telkomsel.

Paket Darurat sendiri merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Telkomsel bagi para pelanggan setianya. Jenis paket yang satu ini tidak akan diperpanjang secara otomatis atau dengan kata lain tidak bersifat subscription atau langganan.

Mengenal Paket Darurat Telkomsel

Mengenal Paket Darurat Telkomsel

Paket Darurat dari Telkomsel adalah paket yang berisi kuota internet, SMS, maupun telepon yang bisa diaktifkan ketika pelanggan Telkomsel dalam kondisi darurat. Kondisi darurat yang dimaksud adalah ketika pulsa atau paket internet tiba-tiba habis dan tidak bisa membeli paket dengan pulsa.

Lalu bagaimana dengan sistem pembayaran Paket Darurat ini? Pengguna bisa mengaktifkan Paket Darurat terlebih dahulu kemudian membayarnya nanti setelah mengisi ulang pulsa Telkomsel. Pulsa yang masuk akan otomatis dipotong untuk membayar Paket Darurat Telkomsel.

Layanan Paket Darurat dari Telkomsel ini hanya bisa digunakan oleh para pelanggan Telkomsel PraBayar dan sudah menjadi pelanggan aktif selama lebih dari 60 hari. Pelanggan juga harus sudah pernah melakukan isi ulang minimal sebanyak 1 kali dalam 3 bulan terakhir.

5 Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel Terbaru

Telkomsel sudah mempersiapkan lima cara berbeda untuk mengaktifkan layanan Paket Darurat ini. Setiap pelanggan bisa memilih salah satu cara yang dirasa paling mudah dan menggunakan cara tersebut untuk melakukan aktivasi paket. Berikut ini adalah lima cara mengaktifkan Paket Darurat.

1. Menggunakan aplikasi MyTelkomsel

Menggunakan aplikasi MyTelkomsel

Telkomsel menyediakan aplikasi MyTelkomsel berukuran 41 MB yang bisa dipasang di perangkat dengan sistem operasi minimal Android 7.0. Pelanggan Telkomsel PraBayar yang akan mengaktifkan Paket Darurat bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Jalankan aplikasi MyTelkomsel di smartphone lalu pilih menu Special for You atau Rekomendasi untuk Pelanggan dimana penawaran menarik bisa ditemukan dan digunakan.
  • Kalau nomor yang digunakan oleh pelanggan memenuhi ketentuan Telkomsel, maka menu Paket Darurat akan muncul diantara menu lainnya.
  • Pilih nominal layanan Paket Darurat yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan kemudian sentuh atau tap tombol Konfirmasi.
  • Apabila proses aktivasi Paket Darurat berhasil dilakukan, maka pelanggan akan mendapatkan SMS dari 5050 yang berisi informasi mengenai paket tersebut.
Baca Juga:   Cek Resi Indah Logistik Cargo Untuk Lacak Pengiriman Barang

Paket Darurat yang dipilih oleh pelanggan bisa digunakan sesuai dengan masa aktif atau masa berlakunya. Untuk melakukan pembayaran, pelanggan bisa langsung mengisi pulsa sesuai dengan nominal paket data yang tadi dibeli. Pulsa akan segera dipotong untuk membayar paket tersebut.

2. Melalui aplikasi SMS

Melalui aplikasi SMS

Proses aktivasi Paket Darurat dari Telkomsel juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi SMS bawaan yang ada di setiap smartphone. Selama pelanggan memenuhi ketentuan atau kriteria dari Telkomsel, cara aktivasi Paket Darurat melalui SMS ini bisa dilakukan.

  • Saat paket internet atau pulsa pelanggan Telkomsel sudah habis dan pelanggan memenuhi kriteria Telkomsel, pelanggan akan mendapatkan SMS dari 5050 yang berisi penawaran Paket Darurat.
  • Balas SMS dari 5050 tersebut dengan pesan singkat yang isinya adalah konfirmasi untuk menggunakan Paket Darurat dari Telkomsel.
  • Kemudian tunggu SMS balasan dari 5050 yang akan menginformasikan bahwa kode Paket Darurat Telkomsel sudah diaktifkan.

Jika SMS balasan dari nomor 5050 sudah masuk, maka Paket Darurat sudah aktif dan pelanggan Telkomsel bisa kembali menjelajahi dunia maya dengan nyaman. Jangan lupa untuk mempersiapkan cukup pulsa untuk membayar tagihan Paket Darurat dan membeli paket internet yang baru.

3. Melalui layanan UMB

Melalui layanan UMB

UMB atau USSD Menu Browser merupakan suatu layanan khusus yang disediakan oleh Telkomsel untuk memudahkan pelanggan mengakses berbagai layanan. Pelanggan hanya perlu menggunakan kode panggilan tertentu untuk mengecek nomor atau bahkan membeli paket internet.

Bagi yang ingin mengaktifkan Paket Darurat dengan menggunakan layanan UMB, pahami kode apa saja yang harus digunakan selama proses aktivasi.

  • Jalankan aplikasi panggilan atau telepon di perangkat seluler yang terpasang nomor Telkomsel kemudian ketikkan kode *505#.
  • Kode ini akan membawa pelanggan yang memenuhi kriteria ke halaman penawaran Paket Darurat. Kalau kode gagal dan halaman penawaran tidak muncul, maka bisa disimpulkan pelanggan tersebut belum memenuhi kriteria Telkomsel.
  • Setelah penawaran Paket Darurat muncul di layar, masukkan kode 1 kemudian pilih salah satu Paket Darurat sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya tinggal tunggu saja SMS balasan dari 5050 yang akan memberikan informasi bahwa paket internet darurat sudah aktif dan bisa digunakan lagi. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengecek apakah nomor Telkomsel Anda sudah memenuhi kriteria Telkomsel atau belum.

4. Melalui aplikasi Facebook

Melalui aplikasi Facebook

Bagaimana caranya mengakses Facebook jika paket internet sudah habis dan pulsa Tsel yang tersisa tidak mencapai Rp10.000? Telkomsel akan tahu bahwa pelanggan berusaha untuk membuka halaman Facebook dan paket internet pelanggan tidak mencukupi.

  • Jika pelanggan Telkomsel PraBayar yang memenuhi kriteria kehabisan paket internet dan mencoba mengakses aplikasi Facebook yang ada di iPhone, Android, maupun melalui browser, Telkomsel akan menampilkan menu Paket Darurat di kanan atas, tepatnya di bagian Beli Data.
  • Penawaran ini hanya akan muncul jika nomor pelanggan Telkomsel sudah memenuhi kriteria. Setelah penawaran muncul, segera pilih salah satu Paket Darurat yang paling cocok dengan kebutuhan.
Baca Juga:   Cara Cek CPU Temperatur Monitor Tanpa Aplikasi Terbaru 2023

Sekarang pelanggan bisa melanjutkan kegiatan mengakses berbagai situs web atau media sosial yang membutuhkan kuota internet. Jangan lupa untuk bersiap membeli paket internet lagi saat kuota dari Paket Darurat sudah hampir habis agar pengalaman browsing tidak terkendala.

5. Melalui situs web Telkomsel

Melalui situs web Telkomsel

Situs web khusus Paket Darurat ini bisa diakses bahkan tanpa kuota internet sama sekali. Sehingga pelanggan Telkomsel PraBayar bisa dengan mudah mengaktifkan Paket Darurat tanpa harus mencari-cari WiFi gratis. Berikut ini cara aktivasi Paket Darurat melalui halaman situs web khusus.

  • Kunjungi halaman situs web Paket Darurat di https://tsel.me/505. Untuk melihat penawaran Paket Darurat, pelanggan wajib memasukkan nomor Telkomsel PraBayar ke kolom di halaman utama.
  • Jika nomor yang dimasukkan sudah memenuhi persyaratan dari Telkomsel, akan muncul beberapa penawaran Paket Darurat yang bisa digunakan oleh pelanggan.
  • Pilih satu Paket Darurat yang ingin diaktivasi, kemudian konfirmasi dan periksa ulang pesanan. Kalau paket yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan, sentuh Lanjutkan.
  • Berikutnya, Telkomsel akan mengirimkan kode OTP ke nomor yang dimasukkan tadi, masukkan kode tersebut ke situs web Paket Darurat lalu sentuh pilihan Verifikasi OTP.
  • Pelanggan akan diarahkan ke halaman Metode Pembayaran. Pilih metode Pinjam (tanpa biaya) untuk menggunakan Paket Darurat dengan pembayaran di akhir menggunakan pulsa.

Apabila rangkaian proses aktivasi kode Paket Darurat Telkomsel di atas berhasil dilakukan, ponsel akan menampilkan notifikasi yang berisi bahwa transaksi sukses dilakukan dan Paket Darurat bisa mulai dinikmati.

Pilihan Paket Darurat untuk Pelanggan PraBayar

Pilihan Paket Darurat untuk Pelanggan PraBayar

Ada tiga jenis Paket Darurat yang bisa digunakan oleh para pelanggan Telkomsel PraBayar saat kehabisan paket internet atau pulsa. Setiap jenis Paket Darurat menawarkan berbagai pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan para pelanggan.

1. Paket Darurat Telepon

Kategori pertama Paket Darurat adalah paket telepon untuk para pelanggan kartu PraBayar yang lebih membutuhkan paket telepon daripada paket internet. Ada empat pilihan paket telepon yang tersedia dengan harga yang bervariasi, sesuai dengan durasi telepon.

Baca Juga:   Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Lupa Semuanya
Harga Paket Telepon Darurat Kuota Telepon Masa Berlaku Paket Darurat
Rp3.000 30 menit 1 hari
Rp5.000 50 menit 1 hari
Rp7.000 70 menit 2 hari
Rp10.000 100 menit 2 hari

2. Paket Darurat Internet

Merupakan Paket Darurat yang dirancang khusus oleh para pengguna smartphone yang sangat membutuhkan kuota internet darurat. Ada lima pilihan paket internet yang bisa digunakan secara darurat atau dipakai dulu untuk kemudian dibayar belakangan.

Harga Paket Internet Darurat Kuota Telepon Masa Berlaku Paket Darurat
Rp6.500 650 MB 1 hari
Rp14.000 2 GB 1 hari
Rp14.000 1 GB 2 hari
Rp24.000 2 GB 3 hari
Rp27.000 2,5 GB 3 hari

3. Paket Darurat Combo

Kategori Paket Darurat yang satu ini merupakan kombinasi dari dua paket sebelumnya. Jadi, pelanggan PraBayar yang memilih paket combo akan mendapatkan kuota lengkap, yaitu kuota internet, kuota telepon, dan kuota SMS. Tersedia 11 pilihan Paket Darurat Combo.

Harga Paket Internet Darurat Kuota SMS Kuota Telepon Kuota Internet Masa Berlaku Paket Darurat
Rp1.000 10 SMS 5 menit 30 MB 1 hari
Rp3.000 30 SMS 75 menit 300 MB 1 hari
Rp3.500 10 SMS 5 menit 300 MB 1 hari
Rp5.000 30 SMS 75 menit 500 MB 1 hari
Rp6.000 10 SMS 5 menit 500 MB 2 hari
Rp7.000 30 SMS 75 menit 750 MB 2 hari
Rp8.000 20 SMS 10 menit 800 MB 2 hari
Rp10.000 30 SMS 75 menit 1 GB 2 hari
Rp12.000 50 SMS 50 menit 1,2 GB 2 hari
Rp13.000 50 SMS 35 menit 1,6 GB 2 hari
Rp15.000 50 SMS 50 menit 1,5 MB 3 hari

Kuota internet Paket Darurat bagi pelanggan yang memenuhi syarat tidak terlalu besar sehingga pelanggan perlu segera mempersiapkan diri untuk membeli paket regular. Sehingga saat paket internet mulai habis lagi, pelanggan sudah siap dengan paket internet yang baru.

Proses Pembayaran Paket Darurat

Proses Pembayaran Paket Darurat

Beberapa pengguna Telkomsel PraBayar penasaran dengan layanan Paket Darurat dari Telkomsel ini. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah mengenai pembayaran Paket Darurat. Apakah pembayaran harus langsung dilakukan dengan membeli pulsa sesuai harga Paket Darurat?

Ada dua metode pemotongan pulsa untuk melakukan pembayaran Paket Darurat, yaitu memotong pulsa sekaligus atau memotong pulsa secara bertahap.

1. Membayar lunas

Pelanggan Telkomsel PraBayar bisa membeli pulsa sesuai dengan nominal Paket Darurat yang digunakan. Misalnya, pelanggan yang membeli paket seharga Rp15.000 bisa mengisi pulsa Rp15.000 agar paket bisa langsung dibayar lunas.

2. Membayar sebagian

Pelanggan Telkomsel PraBayar juga bisa membayar dengan melakukan cicilan. Misalnya, pelanggan membeli Paket Darurat seharga Rp15.000. Sedangkan sisa pulsa hanya Rp5.000 saja. Pulsa akan otomatis dipotong sesuai dengan nominal yang tersisa.

Sisa tagihan akan dipotong lagi jika pelanggan Telkomsel PraBayar sudah mengisi ulang pulsa. Jika pelanggan belum melunasi tagihan Paket Darurat, pelanggan tidak bisa menggunakan Paket Darurat lagi hingga tagihan sebelumnya dilunasi.

Kode Paket Darurat Telkomsel sangat bermanfaat bagi para pelanggan Telkomsel PraBayar yang kehabisan kuota internet, telepon, atau SMS di saat genting.