Persyaratan Pinjaman Di Bank BRI Terbaru Di Tahun 2023

Luarbiasa.id-Mahalnya Bahan Bakar Minyak atau BBM membuat sejumlah komoditi  merangkak naik. Masyarakat pun harus memutar otak supaya bisa bertahan. Untuk menutupinya ada sebagian orang memilih mengajukan pinjaman uang ke  lembaga perbankan. Karena dianggap lebih mudah ketimbang meminjam ke teman atau keluarga.

Memang kelihatannya tampak begitu mudah di luar. Tetapi yang sesungguhnya pihak bank tidak semerta-merta memberikan pinjaman begitu saja. Ada beberapa  persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh peminjam. Hal ini berlaku untuk semua lembaga perbankan. Tak terkecuali Bank Rakyat Indonesia atau BRI yang memiliki beragam jenis layanan pinjaman.

Banyak orang yang memilih Bank BRI karena proses peminjamannya terbilang cepat dan mudah. Asalkan si peminjam sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan, maka pihak bank akan langsung memberikan pinjaman. Perlu Anda ketahui bahwa setiap jenis pinjaman mempunyai syarat yang berbeda-beda. Untuk itulah artikel domain.com ini hadir guna membagikan informasi tersebut kepada para pembaca.

bri

Daftar Pinjaman di Bank BRI Beserta Persyaratannya

Layanan pinjaman di BRI  banyak sekali macamnya. Salah satunya ada  Briguna Pendidikan, Brigurna Umum, dan Brigurna Purna. Sebenarnya jumlah layanan ini masih banyak. Namun pada kesempatan kali ini hanya akan dibahas persyaratan pinjaman di Bank BRI dari ketiga layanan tersebut.  Silakan simak informasi selengkapnya pada keterangan di bawah ini.

1. Briguna Purna

Jenis layanan  yang pertama adalah Brigurna Purna. Pinjaman satu ini dikhususkan bagi orang-orang yang sudah memasuki masa pensiun. Jangka waktu peminjamannya selama 15 tahun atau 180 hari sampai usia nasabah menginjak 75 tahun. Syarat pengajuannya sebagai berikut.

  • Siapkan dokumen berupa KTP, NPWP, dan Kartu Keluarga.
  • Persiapkan pula dokumen asli SK pengangkatan pertama dan terakhir.
  • Dokumen asli slip gaji.
  • Pas foto suami dan istri bagi yang menikah.
  • Fotokopi rekening Tabungan Bank BRI.
  • Surat keterangan rekomendasi dari atasan nasabah.
  • Mengisi formulir pengajuan permohonan dana pensiun.
Baca Juga:   Cara Dan Limit Transfer OCBC NISP Ke Bank Lain Terbaru 2023

Baca juga: Aplikasi Pinjol Bunga Rendah Langsung Cair Dan Tenor Panjang

2. Brigurna Umum

Untuk layanan Brigurna Umum merupakan jenis pinjaman yang mana pembayarannya berasal dari gaji tetap si peminjam. Lama pinjamannya sendiri sama seperti Brigurna Purna, yaitu 15 tahun. Cara pinjam uang di Bank BRI untuk layanan Brigurna Umum harus memenuhi syarat berikut.

  • Mempunyai kelengkapan Kartu Keluarga, KTP, dan NPWP.
  • Dokumen asli SK pengangkatan pertama dan terakhir.
  • Dokumen asli slip gaji.
  • Fotokopi buku tabungan rekening BRI.
  • Pas foto suami dan istri untuk yang menikah.
  • Surat rekomendasi dari atasan dan Formulir pengajuan pinjaman.
  • Apabila si peminjam memasuki masa pensiun maka wajib menyerahkan SK pensiun dan kartu tanda pensiun sampai proses kredit yang bersangkutan lunas.

3. Brigurna Pendidikan

Berbeda dari asuransi pendidikan yang bisa dipakai semenjak anak masuk sekolah SD. Layanan Brigurna Pendidikan hanya dikhususkan bagi yang memasuki jenjang pendidikan tinggi seperti S2 dan S3. Namun syaratnya Anda sudah harus memiliki penghasilan tetap yang dibuktikan dengan slip gaji.

Pihak bank hanya mampu memberikan pinjaman sebesar Rp 250 juta saja.  Jangka waktu pinjaman untuk setiap jenjang pendidikan berbeda. Bagi yang menempuh S2 mempunyai waktu 6 tahun. Sementara untuk jalur S3 jauh lebih lama, yaitu 10 tahun.

Persyaratan pinjaman di Bank BRI memang lumayan mudah dan layanannya juga beragam. Tetapi Anda jangan semerta-merta melakukan peminjaman begitu saja. Usahakan meminjam jika  memang benar-benar butuh dan tidak ada jalan alternatif lainnya. Perlu diingat bahwa meminjam di bank terdapat suku bunga tambahannya. Selain melunasi hutang, Anda juga wajib membayar bunga setiap bulannya.

Baca juga: Cara Mengajukan Pinjaman Bank CIMB Niaga Jaminan AJB Dengan Mudah

Baca Juga:   Belajar Investasi Saham Bagi Pemula Modal 100 Ribu Juga Bisa

Akhir Kata

Demikianlah tadi beberapa persyaratan pengaajuan pinjaman di bank BRI, untuk persyaratan yang kami bagikan diatas bisa saja suatu saat berubah dikarenakan kebijakan dari pihak Bank itu sendiri.