Sinyal iPhone Lemah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Luarbiasa.id-Kalau Anda pengguna iPhone yang sedang mencari tahu kenapa signal iPhone Anda hilang atau menampilkan informasi tidak ada layanan, maka informasi ini akan sangat Anda butuhkan. Ada beberapa hal yang menyebabkan sinyal iPhone lemah.

Namun demikian sinyal iPhone lemah juga dapat diatasi dengan berbagai macam cara. Seperti apa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah signal pada iPhone yang lemah atau bahkan tidak ada layanan? Di sini kita akan membahasnya bersama!

Penyebab Sinyal iPhone Lemah

Masalah sinyal iPhone lemah atau bahkan sampai memuat informasi ‘tidak ada layanan’ bisa terjadi karena berbagai macam faktor, di antaranya :

Lokasi iPhone di luar jangkauan area dari operator selulernya

iPhone tidak ada layanan atau sinyal iPhone lemah dapat disebabkan salah satu alasannya adalah karena perangkat seluler yang terpasang atau tertanam pada perangkat.

Ketika provider berada di luar jangkauan area operator seluler bisa jadi hal tersebut dapat menyebabkan perangkat berada dalam kondisi ‘bad signal’ atau kesulitan sinyal. Alhasil bar signal akan kosong dan atau akan bertuliskan ‘tidak ada layanan’.

Sistem perangkat lunak mengalami bug

Sinyal iPhone lemah juga bisa terjadi karena perangkat mengalami bug atau bisa diartikan sebagai terjadinya gangguan pada sistem perangkat lunaknya.

Bug biasanya akan dirasakan seluruh pengguna Apple karena merupakan suatu masalah yang tidak terjadi secara personal melainkan terjadi pada sistem perangkat lunaknya. sehingga biasanya jika kondisi signal buruk pada perangkat terjadi karena bug, Apple sebagai pihak atau brand yang mengeluarkan iPhone akan memberikan perbaikan melalui pembaruan sistem operasi atau sistem pengaturan yang bisa diakses di masing – masing perangkat.

Baca Juga:   5 Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Di HP Android

Terjadinya kerusakan hardware

Kerusakan hardware atau perangkat keras bisa mengakibatkan berbagai masalah mulai dari perangkat yang mati total sampai dengan yang paling ringan adalah kondisi perangkat sulit signal.

IMEI yang tidak terdaftar

Apa yang dimaksud IMEI? IMEI merupakan singkatan atau kependekan dari International Mobile Equipment Identity. Jadi setiap perangkat pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda – beda karena fungsi IMEI sama seperti kartu identitas yang kepemilikannya adalah per orang.

Pada smartphone, IMEI yang menjadi identitas dimiliki pada setiap perangkat. Ketika suatu perangkat merupakan perangkat ilegal atau perangkat yang IMEInya tidak terdaftar pada database pemerintah salah satu masalah yang kemudian akan muncul adalah perangkat sulit menemukan signal.

sinyal lemah di iphone

Cara Mengatasi Sinyal iPhone Lemah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah signal iPhone yang kondisinya lemah. Beberapa cara yang bisa digunakan tersebut di antaranya :

Memeriksa jangkauan area pengguna

Jika signal lemah terjadi karena Anda berada di area terpencil bisa jadi kemungkinan signal tersebut tidak didapatkan pada perangkat karena Anda berada di luar jangkauan area. Jadi solusinya atas penyebab ini adalah kunjungi area yang dapat dijangkau dengan signal.

Coba matikan data seluler dan kembali hidupkan

Mematikan dan menghidupkan kembali data seluler atau yang sering dikatakan sebagai proses restart perangkat juga dapat menjadi salah satu solusi mengatasi masalah susah signal atau bahkan masalah tidak menemukan signal.

Pada iPhone, cara mematikan data sebagai berikut :

  • Masuk pada menu Settings atau Pengaturan
  • Klik pada bagian Data Seluler
  • Klik pada toggle hijau data seluler off untuk mematikan perangkat dan on untuk menghidupkan perangkat kembali.

Selain dapat melalui Settings atau Pengaturan, cara mematikan dan menghidupkan kembali data seluler iPhone bisa dilakukan dengan cara berikut :

  • Buka Control Panel
  • Klik pada logo Data Seluler yang ditunjukkan dengan warna hijau
  • Klik sampai warnanya abu – abu untuk mematikan dan klik kembali sampai kembali berwarna hijau untuk menghidupkan kembali.

Mengupdate roaming data

Kalau Anda berada di luar negeri dan menggunakan kartu di negara asal Anda (Indonesia) maka signal memang tidak akan dapat Anda akses sebelum Anda mengaktifkan roaming data di pengaturan atau Settings perangkat.

Cara mengupdate atau mengaktifkan roaming data pada perangkat sebagai berikut :

  • Klik pada Settings atau Pengaturan
  • Klik pada Data Seluler
  • Klik pada Pilihan Data Seluler
  • Klik pada hidupkan Roaming Data

Aktifkan LTE dan update pada perangkat versi iOS terbaru

Terkadang AT&T menghentikan jaringan 3G tidak secara langsung melainkan dengan cara bertahap. Jadi jika Anda merupakan pengguna perangkat iPhone dan masih menggunakan jaringan 3G jangan salahkan HPnya kalau muncul tulisan ‘No Service’ pada status bar.

Baca Juga:   5 Cara Ganti Password WiFi Rumah via PC dan HP

Jika hal tersebut terjadi dan memang karena penyebab jaringan 3G maka Anda harus melakukan update iOS dan menyalakan LTE terlebih dahulu. Hanya saja cara ini hanya masih work untuk versi iPhone 6 ke atas. Untuk pengguna iPhone 5s atau versi yang lebih lama, Anda perlu menghubungi operator seluler terlebih dahulu.

Lakukan reset network settings atau pengaturan ulang jaringan

Cara mengatur ulang jaringan pada iPhone sebagai berikut :

  • Masuk dulu pada menu Settings atau Pengaturan pada perangkat
  • Klik pada General atau Umum
  • Klik pada opsi Transfer atau Atur Ulang iPhone
  • Klik pada Transfer atau Reset iPhone
  • Jika Anda klik Reset iPhone dan akan muncul banner yang menampilkan beberapa opsi penting di sana
  • Klik pada Atur Ulang Jaringan atau pada perintah Reset Network Settings
  • Jaringan akan kembali seperti sedia kala.

Lepas pasang SIM card Anda

Di bagian kanan atau di bagian sebelah atas iPhone akan Anda temukan ruang untuk SIM Card. Anda bisa coba lepas dan masukkan kembali SIM card tersebut untuk mengatasi masalah layanan atau signal yang hilang. Cara ini biasanya efektif untuk mengembalikan signal seperti sedia kala.

Agar terhindar dari berbagai masalah, termasuk masalah pada signalnya pengguna iPhone harus merawat perangkatnya dengan tepat.

Baca juga: Cara Menghapus Cache iPhone Pada Browser dan Aplikasi

mengatasi sinyal iphone lemah

Cara Merawat iPhone Agar Awet

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat perangkat iPhone yang digunakan oleh pengguna iPhone agar awet. Beberapa cara tersebut di antaranya :

Berikan perlindungan body HP dengan case dan pelindung pada layar

Semua bagian perangkat iPhone perlu diberikan perlindungan ekstra sebagai langkah preventif untuk membuat tampilan perangkat selalu cantik dan terhindar dari kerusakan meski memang perlindungan dari pabrikan sudah cukup aman.

Untuk memberikan perlindungan ekstra, Anda bisa berikan tempered glass atau pelindung layar guna melindungi layar iPhone dari goresan. Sementara untuk melindungi iPhone dari resiko terjatuh Anda bisa menggunakan case body baik yang hard atau soft sesuaikan saja dengan selera dan kebutuhan.

Pastikan menggunakan charger atau pengisi baterai asli

Ada begitu banyak alasan mengapa pengguna iPhone dianjurkan untuk menambah daya perangkat dengan menggunakan charger asal pabrikan atau yang asli.

Salah satunya adalah untuk menghindari terjadinya korsleting listrik, menjadikan hardware berupa IC tetap dalam kondisi bagus dan menjaga komponen baterai awet karena sebagaimana yang kita tahu bahwa perangkat hardware dan komponen baterai pada iPhone harganya mahal.

Baca Juga:   Cara Cek Umur Kartu Telkomsel Sudah Berapa Lama (Loop, Halo, AS)

Hindari memainkan perangkat ketika sedang diisi daya

Pada perangkat apapun termasuk iPhone, mengoperasikan HP ketika sedang diisi daya memang sangat tidak baik karena dapat mengakibatkan potensi terjadinya korsleting, overheat dan bahkan perangkat berpotensi meledak.

Jadi jaga dan hindari masalah – masalah yang berpotensi ada di kemudian hari dengan salah satunya tidak memainkan perangkat ketika perangkat diisi daya.

Lakukan pengisian daya baterai jika sisa baterai sudah 20%

Kondisi kesehatan baterai dipengaruhi oleh bagaimana Anda memberikan daya ketika perangkat membutuhkannya. Pastikan agar Anda selalu mengisi baterai ketika kondisi angka pada baterai yang ditampilkan sudah 20%.

Kemudian untuk pengisiannya, pastikan agar Anda isi baterai pada perangkat sampai minimal 80% dan maksimal 90% atau 95%. Hindari mengisi penuh sampai 100% atau bahkan sampai overheat.

Manfaatkan pengatur kecerahan otomatis dan mode daya rendah

Guna menghemat baterai pada iPhone, jangan lupa atur kecerahannya. Anda bisa mengatur kecerahan otomatis dan atur juga penggunaan pada mode daya rendah. Dengan begitu perangkat tidak akan boros baterai.

Update sistem iOS terbaru

Jangan pernah lupakan update. Anda harus tahu bahwa Apple merupakan vendor yang seringkali melakukan perbaruan sistem iOS. Jadi jika versi terbaru sudah tersedia, segerakan untuk mengupdate sistem iOS terbaru tersebut.

Anda harus tahu bahwa update diperlukan bukan tanpa sebab. Beberapa sebabnya adalah untuk menambal lubang keamanan pada sistem operasi sebelumnya dan melancarkan kinerja perangkat.

Hindarkan iPhone dari suhu yang terlalu tinggi dan air

Anda perlu tahu bahwa perangkat secanggih apapun tidak tahan panas. iPhone juga termasuk perangkat yang sangat rentan dengan suhu yang terlalu panas.

Karena itu pastikan untuk menghindarkan perangkat dengan suhu yang terlalu panas seperti misalkan didekatkan dengan api atau zat pemicu api, didekatkan dengan televisi yang dapat memancarkan radiasi dan panas yang besar atau lainnya.

Beberapa tempat yang harus dihindari juga seperti dashboard mobil. Mengapa dashboard mobil perlu dihindari untuk meletakkan perangkat? Karena di sana biasanya menjadi tempat yang paling sering terpapar sinar matahari  langsung dalam waktu lama utamanya ketika mobil diparkirkan.

Selain harus dihindarkan dari sumber panas, iPhone juga harus dihindarkan dari air. Tidak hanya dapat mengakibatkan signalnya menjadi lemah, iPhone bahkan dapat mengalami mati total kalau terkena air.

Hal yang perlu Anda ingat bahwa tidak semua tipe iPhone dibekali fitur tahan air yang tinggi. Bahkan walau iPhone dibekali fitur tahan air yang tercanggih sekalipun Anda juga perlu menjaga agar perangkat Anda tidak rusak karena apapun sehingga Anda pun tidak perlu gonta – ganti HP dan bisa menghemat budget karena perangkat yang digunakan awet.

Baca juga: Cara Backup WhatsApp di Android, iPhone dan Windows

Bersihkan iPhone secara rutin

Membersihkan iPhone tidak hanya perlu dilakukan untuk membersihkan bagian body dan layarnya saja. Membersihkan iPhone juga perlu dilakukan dengan cara membersihkan file – file sampah yang menumpuk agar tidak membebani kinerja perangkat. Kalau kinerja perangkat sudah terbebani, perangkat bisa lemot dan tidak responsif lagi.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait penyebab dan juga cara mengatasi sinyal iPhone lemah. Pastikan perhatikan selalu perangkat iPhone Anda, gunakan dengan bijak dan rawat sebaik mungkin agar dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang.