Cara Sound of Text WA Sebut Nama Suara Google Tanpa Aplikasi

Luarbiasa.id-Selama ini nada dering di Whatsapp memang terbatas hanya musik instrumen saja. Akhirnya banyak orang bereksperimen menciptakan jenis suara baru menggunakan sound of text WA.

Dengan variasi ini, banyak pengguna WA yang menggunakan suara tersebut sebagai nada dering pesan atau telepon masuk. Ada yang membuat suara kartun, bahasa lokal, suara unik, keren dan masih banyak lagi.

Mengenal Sound of Text WA

Sound of text WA adalah teknologi yang bisa merubah teks menjadi suara, kemudian dijadikan sebagai notifikasi atau nada dering di Whatsapp. Dengan teknologi sound of text ini, kamu bisa merubah tulisan menjadi suara, dengan logat bahasa apapun.

Kamu bisa menjadikannya sebagai nada panggilan, pesan masuk atau nada notifikasi lainnya di hp. Karena suara tersebut memang memungkinkan untuk diterapkan di berbagai aplikasi.

Keuntungan lainnya, ketika sedang bersama banyak orang, seperti di kantor, di sekolah, kamu bisa tahu jika suara yang muncul berasal dari hp orang atau hp sendiri. Pasalnya, pasti suara yang kamu ciptakan berbeda dengan hp orang lain. Inilah yang membuat teknologi sound of text populer.

Kenapa Sound of Text Viral?

Sound of Text ini belakangan viral karena banyaknya orang yang menyebarkan reviewnya di media sosial mereka. Apalagi jenis suara yang dihasilkan cukup unik, jadi banyak yang tertarik mencobanya sendiri.

Suara-suara yang dihasilkan kebanyakan untuk dijadikan nada dering, juga sebagai kiriman di percakapan pribadi atau grup. Selain itu sound of text juga biasa digunakan oleh online shop di TikTok. Jadi mereka tidak perlu repot record suara untuk menjelaskan produk mereka.

Cukup tulis teks, lalu ubah menjadi suara dan tempel di video produk. Selesai. Aplikasi TikTok yang sedang trending saat ini, membuat sound of text semakin dikenal publik.

botika

Contoh Sound of Text WA Keren

1. Nada Dering WA Sebut Nama

Kamu bisa membuat nada dering dengan sebut nama. Jadi nada yang dihasilkan unik dan lain daripada yang lain.

Misalnya :

  • Halo Budi, Ada Pesan Whatsapp Masuk!
  • Pak Budi, Angkat Telepon Whatsapp Sekarang!
  • Hai Sis, Pesan Whatsapp dari Orang Spesial, Jangan Lupa Dibaca!
Baca Juga:   Cek Resi Indah Logistik Cargo Untuk Lacak Pengiriman Barang

2. Pikachu

Pilihan suara di sound of text sangat beragam, salah satunya suara Pikachu. Suara Pikachu memang sangat imut, jadi cocok digunakan untuk nada dering di hp wanita.

Contoh suara Pikachu yang trend adalah ‘Pika Pika, Pika Chuu!’

3. Doraemon

Serial kartun Doraemon sepertinya telah menemani dunia anak-anak, bukan hanya di Jepang melainkan Indonesia. Hingga dewasa, kita masih bisa ingat dengan jelas, bagaimana suara serak, berat dan unik dari Doraemon. Kalau kamu suka dengan suaranya, langsung aja buat versi suara kamu sendiri dengan teknologi sound of text ini. Misalnya, ‘Hei Nobita (bisa diganti nama pribadi), cepat angkat telepon!’

4. Sunda

Nada dering Bahasa Sunda cukup banyak digunakan saat ini. Maka jangan kaget, kalau ada teman kamu dari suku Sunda, punya nada dering ini ya!

Sound Sunda yang terkenal adalah :

  • Aya Pesen Asup!
  • Buka Whatsapp Heula Kang!
  • Telepon Asup, Angkat Sateuacan Maot!

5. Bahasa Jawa

Selain Sunda, nada dering Bahasa Jawa juga paling banyak dicari. Nggak heran, karena populasi masyarakat Jawa yang banyak dan saat ini banyak lagu-lagu jawa yang populer.

Nih contoh nada dering Bahasa Jawa yang populer :

  • Ono telepun WA ki mas/mbak!
  • Aku telpon tolong diangkat yo!
  • Iki pesen WA ku, bales lek!

6. Anime

Buat kamu pecinta anime, jangan sampai ketinggalan trend suara anime untuk nada dering Whatsapp ya!

Dengan teknologi ini, kamu bisa mendapatkan suara dengan logat anime yang populer. Mulai dari karakter suara Doraemon, Naruto, Inuyasha, Dragonball, One Piece sampai ke Sailor Moon pun bisa.

7. Spongebob

Spongebob adalah tokoh kartun yang punya suara unik dan sangat khas, apalagi saat sedang tertawa. Maka nggak heran banyak yang membuat versi sound of text versi Spongebob.

Contoh suara Spongebob yang bisa kamu buat seperti :

  • Hai Patrick, ini ada pesan Whatsapp untukmu!
  • Mr Krab, maukah kau membuka pesan ini dari seseorang?
  • Hai Plankton, jangan kabur! kau harus mengangkat telepon!

8. Bayi

Selain suara orang dewasa, baik laki atau wanita, fitur ini juga bisa untuk membuat teks ke suara menjadi suara bayi lucu dan menggemaskan. Jenis suara bayi yang viral untuk nada pesan adalah suara yang di eja atau terbata-bata. Misalnya ‘Aa daa pe esan ma asuk!’.

nada dering wa

Rekomendasi Website Pembuatan Sound Text WA (Suara Google)

1. Sound of Text

Soundoftext.com adalah situs yang paling banyak digunakan untuk membuat suara unik. Pasalnya situs ini akan muncul pertama kali jika kamu mencari sound of text di Google.

Baca Juga:   Solusi Mengatasi "Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat" di Android

Situs ini mengadopsi program dari Google Translate, maka nggak heran bisa menerjemahkan tulisan menjadi banyak bahasa. Mulai dari Afrikaans, Albania, Arabic, Chinese, English, Korean, Indonesia, hingga Vietnames dan Welsh.

Berikut cara mengubah tulisan lewat soundoftext.com :

  1. Kunjungi situs soundoftext.com
  2. Akan ada 2 pilihan kolom text dan voice.
  3. Silahkan masukkan tulisan/text yang akan diubah menjadi suara.
  4. Klik dropdown di menu voice untuk memilih bahasa.
  5. Klik submit untuk memulai proses konversi
  6. Scroll layar ke bawah untuk melihat hasil
  7. Klik Play untuk menyalakan suara atau
  8. Klik Download untuk menyimpan suara.
  9. Selesai.

Sound text whatsapp

2. Free TTS

Free TTS Free TTS merupakan situs konverter teks menjadi format MP3. Situs ini menyediakan hingga 5000 karakter, artinya lebih banyak tulisan yang bisa dimuat.

Kelebihan Free TTS selain dukungan bahasa yang cukup lengkap, juga tersedia banyak pilihan tipe suara, baik suara laki maupun perempuan.

Selain itu situs ini juga bisa memproses SSML yang mengizinkan format audio, akronim dan tanggal. Misalnya bentuk tulisan 2022-10-12 maka akan dibaca Dua Belas Oktober Dua Ribu Dua Puluh Dua.

Begitupun dengan tanda waktu seperti 1:30 AM akan dibaca Satu Tiga Puluh AM. Situs iin juga bisa diakses gratis, proses cepat dan tidak perlu daftar atau berlangganan.

Lihat panduan penggunaannya :

  1. Buka situs freetts.com
  2. Tempel atau tulis kata kata di kolom pertama
  3. Pilih bahasa (languages) dan tipe suara di kolom voices
  4. Klik tombol Convert to MP3
  5. Lalu akan muncul baris audio baru yang bisa kamu play
  6. Ubah tipe suara dan bahasa kembali jika belum sesuai
  7. Klik titik 3 untuk download suara

3. Fake You

Fake you adalah situs konversi suara paling lengkap, cocok bagi yang ingin mendapatkan lebih banyak variasi suara. Disini ada pilihan kategori suara seperti Anime, Game, Comics, Movies, Meme Voice, Musician dan masih banyak lagi.

Pada kategori Comics misalnya, terdapat karakter suara dari pemain DC dan Marvel. Sedangkan kategori Cartoons, kamu bisa menemukan suara Avatar, Ben 10, Pokemon, Scooby – Doo dan kartun lainnya. Bagi yang penasaran, langsung simak tutorialnya :

  1. Buka situs fakeyou.com
  2. Pilih kategori / bahasa
  3. Kemudian pilih tipe channel yang sesuai
  4. Cari suara yang diinginkan
  5. Masukkan teks yang akan diubah
  6. Klik tombol ‘Berbicara’
  7. Tunggu proses beberapa saat
  8. Kamu bisa memutar audionya atau download dengan klik ‘Permalink & Download’.

4. Botika

Botika online adalah situs milik warga Indonesia, yang mendukung fitur text to speech dengan karakter manusia yang lebih natural. Berbeda dengan situs lain yang terdengar seperti robot. Jadi sangat cocok untuk membuat konten video, dubbing profesional.

Baca Juga:   8 Kiat Youtuber Sukses Dan Niche Konten Populer Bagi Pemula

Botika menyediakan jenis suara laki dan wanita, mulai dari anak-anak, remaja hingga tipe suara orang tua. Lengkap dengan nada natural, profesional dan confident.

Selain di situs web, botika juga menyediakan versi mobile Android yang bisa kamu download di Google Play Store. Langsung saja kita ke proses pembuatannya :

  1. Kunjung situs https://botika.online/TextToSpeech/
  2. Masukkan teks yang akan diubah dalam kotak yang tersedia
  3. Pilih karakter suara
  4. Klik verifikasi robot
  5. Klik tombol play untuk memutar audio atau klik icon unduh untuk menyimpan.

5. Voicemaker

Voicemaker adalah contoh website pembuat suara sound of text WA yang canggih. Keunggulan dari situs lain adalah memiliki fitur speed (atur tempo), volume suara dan tipe suara yang ingin dikatakan (tanggal, waktu, alamat dsb).

Jadi boleh dibilang ini situs yang memberikan keluasan kepada para pengguna untuk menciptakan jenis suara sendiri sesuai keinginan.

Yang menarik, Voice maker sudah digunakan oleh banyak brand besar, seperti Coca Cola, SONY, Harvard University dan TVS. Situs ini bisa diakses gratis, namun untuk mendapatkan lebih banyak jenis suara, kamu juga bisa berlangganan versi premiumnya.

Pilihan Artificial Intelligence tersedia dalam versi standar dan versi neural atau natural. Selain untuk nada dering, kamu bisa memanfaatkan suara dari Voicemaker sebagai Call Centers, Sales dan Social media videos.

Karena suara yang dihasilkan memang mirip dengan native speaker atau penduduk asli pada negara tertentu sesuai yang dipilih. Simak panduan pembuatan suara di Voicemaker :

  1. Pergi ke situs https://voicemaker.in/
  2. Ketik tulisan yang akan dirubah
  3. Atur spasi bicara pada tombol pause, kecepatan berbicara dan volume (opsional)
  4. Pilih AI Engine
  5. Klik bahasa yang diinginkan
  6. Pilih jenis suara (anak, remaja atau dewasa)
  7. Klik tombol Convert To Speech
  8. Pilih audio format (MP3, OGG, WAV) dan Sample Rate nya (opsional)
  9. Klik Download untuk menyimpan suara.

Baca juga: Ringtone WA Lucu Pendek yang Keren, Asik dan bikin Ngakak!

Mengubah Sound WA di Android

Setelah membuat dan menyimpan suara yang kamu inginkan, berikut cara untuk mengubah nada dering panggilan dan pesan di Whatsapp Android.

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Klik titik tiga > Pengaturan
  3. Notifications > Pilih nada pesan pribadi, grup atau panggilan telepon
  4. Pilih suara yang sudah disimpan sebelumnya
  5. Selesai

Mengubah Sound WA di IPhone

Mengubah suara atau nada dering di iPhone memang berbeda dengan Android. Karena nada dering yang ditetapkan akan berpengaruh pada sistem keseluruhan. Jadi nada dering panggilan maupun pesan telepon akan sama dengan nada dering di Whatsapp.

Simak cara mengubah suara WA di iPhone berikut :

  1. Klik menu Setting di layar
  2. Klik opsi Sounds (logo speaker)
  3. Pilih suara yang akan diubah, Telepon, suara email, atau pesan.
  4. Pilih nada dering yang tersedia.
  5. Selesai.

Akhir Kata

Memang untuk menjadikan nada dering unik ini ada banyak cara dan salah satunya seperti yang sudah kami bagikan diatas. Itu saja untuk ulasan kali ini, semoga artikel mengenai sound text wa ini bermanfaat.