Mau Latihan Bola, Berjemur Sebelumnya

SEJUMLAH pemain muda menjalankan latihan sepak bola. f-istimewa
       
        Loading...    
   

BINTAN – Tak sedikit para pemain sepak bola yang rindu dan sudah ’gatal’ ingin menendang bola. Kini, dr Benni Antomy MKed (An) SpAn menyampaikan beberapa saran atau trik, ketika menjalani latihan sepak bola pada masa pandemi virus korona (Covid-19) sekarang.

HAMPIR di seluruh pelosok Provinsi Kepri tak ada pertandingan sepak bola, maupun latihan dalam jumlah banyak orang. Terutama bagi pemain muda di Sekolah Sepak Bola (SSB). Ribuan pemain muda di Kepri ini berharap kondisi normal kembali, virus Covid-19 lenyap di muka bumi. Namun, ada yang tak sabar. Sejumlah pemain tetap berlatih di lapangan terbuka.

”Sudah gatal mau tendang bola, kami ada juga latihan di tempat terbuka,” ujar seorang pemain muda di Tanjungpinang.

Tak hanya di Tanjungpinang. Latihan terbuka juga di jalankan di beberapa daerah lain. Seperti di Batam, Bintan, Lingga dan beberapa daerah lain. Para pemain beralasan, latihan rutin atau berolahraga itu justru meningkatkan imun atau kekebalan tubuh, guna menangkal virus korona.

Dalam fenomena ini, Direktur RSUD Bintan dr Benni Antomy MKed (An) SpAn menyampaikan, kegiatan berolahraga di masa darurat kesehatan akibat pandemi Covid-19, justru dianjurkan. Hanya saja, lebih baik latihan itu dilakukan di tempat yang terhindar dari keramaian. Seperti di rumah pada pagi hari, sekitar pukul 10.00 sampai dengan pukul 11.00.

dr Benni Antomy MKed (An) SpAn

”Pada jam itu, sinar ultraviolet lebih bagus dalam mengefektifkan vitamin D di dalam tubuh kita. Sehingga akan lebih bagus dalam meningkatkan imun tubuh,” jelas dr Benni.

”Jika dilakukan di tempat terbuka, di saat pemain capek, itu lebih riskan akan terpapar virus korona,” sambungnya.

Pada masa menjalankan imbauan pemerintah untuk karantina mandiri di rumah, para pemain maupun pecinta sepak bola, akan mendapatkan waktu lebih banyak untuk berjemur pada pagi hari. Hanya saja, ada tips-tips berjemur yang bagus untuk mengefektifkan vitamin di dalam tubuh itu.

Pertama, saat berjemur sebaiknya dalam keadaan tubuh bergerak atau aktif. Bisa dalam bentuk senam, yoga maupun dalam kondisi peregangan otot. Kemudian, berjemur itu dipastikan seluruh tubuh terkena sinar matahari. Terutama pada bagian belakang atau pada punggung.

”Boleh kita bermain sepak bola, tapi sebelumnya alangkah lebih bagus berjemur 15 sampai 20 menit, di antara pukul 10.00 sampai dengan 11.00. Itu pun dilaksanakan di lingkungan rumah, yang bebas dari keramainan. Dan aktivitas ini, sebaiknya rutin dilaksanakan,” demikian disarankan dr Benni Antomy MKed (An) SpAn.

”Kemudian, jangan lupa mengonsumsi multivitamin serta menjalankan imbauan serta menjalankan pola hidup sehat dan bersih,” tambahnya. (yendi)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN