Sinopsis Film Aku Ingin Ibu Pulang, Kisah Sedih Anak Menunggu Ibunya

luarbiasa.id – Sinopsis film Aku Ingin Ibu Pulang, film yang bergenre drama ini diproduksi oleh Maxima Pictures in Associated With SRN Production. Disutradarai oleh Monty Tiwa, ia memastikan jika kalian menonton film ini akan menguras banyak air mata, jadi siapkan tisu saat menonton.

Monty Tiwa adalah seorang sutradara, penulis scenario, dan produser film yang sudah lama berkarir dalam dunia perfilman Indonesia. Sepanjang karirnya ia meraih banyak penghargaan seperti Piala Citra untuk Skenario Cerita Asli Terbaik pada 2006 dalam film Denias, Senandung di Atas Awan.

Menurut keterangan dari sang sutradara Monty Tiwa, film ini terinspirasi dari kerasnya kehidupan yang membuat orang-orang sulit untuk berpikir jernih. Monty dan Titin Watimena mencoba bekerjasama untuk memvisualisasikan kerasnya hidup ini dalam sebuah film.

Berikut kutipan dari sang sutradara Monty Tiwa “Memang film ini mengangkat sebuah masalah yang ada di dunia ini. Kerasnya kehidupan di dunia seringkali membuat orang susah untuk berpikir tenang dan jernih. Itu yang coba saya angkat di film ini”.

Film ini bercerita tentang kehidupan seorang pelari maraton muda, ia berusaha merawat ayahnya yang sedang sakit karena kecelakaan di tempat kerjanya. Sedangkan ibunya pergi setelah bertengkar dengannya. Ia merawat sang ayah seorang diri sambil berlatih untuk memenangkan lomba maraton.

Berikut Detail Film Aku Ingin Ibu Pulang

  • Judul                : Aku Ingin Ibu Pulang
  • Genre               : Drama, Keluarga:
  • Sutradara         : Monty Tiwa
  • Penulis              : Alim Sudio, Monty Tiwa, dan Titien Wattimena
  • Tanggal Rilis     : Kamis, 1 September 2016
  • Durasi               : 1 jam 41 menit
  • Bahasa              : Indonesia
  • Negara             : Indonesia
  • Produksi           : Maxima Pictures
  • Nilai IMDb        : 7.7
Baca Juga:   Rekomendasi Drakor 2023 Paling Populer yang Wajib Ditonton

Sinopsis Film Aku Ingin Ibu Pulang

Sinopsis Film Aku Ingin Ibu Pulang

Film dengan judul Aku Ingin Ibu Pulang, bercerita tentang sebuah keluarga sederhana yang hidup bahagia bersama. Keluarga sederhana ini terdiri dari Ayah bernama Bagus yang menyayangi keluarganya, Ibu yang Bernama Satri rela melakukan apapun untuk keluarganya, dan anak laki-laki yang Bernama Jempol Budiman yang sedah meraih impiannya.

Tetapi seketika kebahagiaan dikeluarga ini hilang, ketika sang ayah Bagus mengalami sebuah insiden kecelakaan di tempat kerjanya. Atas terjadinya sebuah tragedi ini sang ibu menjadi stress, ia mencari uang untuk membayar pengobatan sang suami, sampai terpaksa ia rela mencuri uang di tempat kerjanya.

Akan tetapi Jempol,  pada saat kejadian itu ia melihat perbuatan ibunya yang rela mencuri uang untuk membayar biaya pengobatan suaminya. Lalu ia marah kepada ibunya, yang mengakibatkan sang ayah mengetahui perbuatan istrinya.

Pertengkaran antara ayah dan ibunya tidak bisa dihindari, yang mengakibatkan ibunya harus pergi dari rumah. Dari sejak itu Jempol seorang diri merawat ayah yang ia sayangi, dan ibunya pergi meninggalkan mereka berdua entah kemana.

Lanjutan Sinopsis Film Aku Ingin Ibu Pulang

Hingga pada suatu ketika jempol mengikuti perlombaan lari maraton, ia hampir saja berhasil memenangkan perlombaan. Akan tetapi tetangganya jempol memberitahu jika ayahnya dalam kondisi buruk, lalu ia terpaksa berbalik arah dan berlari melihat keadaan sang ayah.

Akan tetapi dari tragedi lomba maraton itu, ia dipanggil untuk tampil dalam sebuah wawancara talkshow stasiun TV dalam acara Kick Andy yang dibawakan oleh host terkenal Andy F. Noya. Dalam wawancaranya, Jempol mengungkapkan tentang keinginan terbesarnya agar sang ibu Kembali pulang ke rumah.

Untuk detail ceritanya silahkan kalian tonton di berbagai platform streaming yang tersedia, untuk merasakan kesedihan Jempol dan mungkin bisa menjadi sebuah inspirasi hidup untuk kita. Lalu bagaimana akhir ceritanya apakah Jempol berhasil membawa ibunya Kembali ke keluarga kecilnya.

Daftar Pemain Film Aku Ingin Ibu Pulang

Daftar Pemain Film Aku Ingin Ibu Pulang

Pemeran atau sering disebut sebagai aktor (pria) dan aktris (wanita), adalah orang yang memainkan peran tertentu dalam suatu aksi panggung, acara televisi, atau film. Berikut beberapa aktor dan aktris yang bermain dalam Film Aku Ingin Ibu Pulang:

  • Jefan Nathanio sebagai Jempol Budiman
  • Nirina Zubir sebagai Satri/Ibu Jempol
  • Rifnu Wikana sebagai Bagus/Ayah Jempol
  • Ghecca Tavvara
  • Verdi Solaiman
  • Mario Irwinsyah
  • Nova Eliza
  • Deddy Mahendra Desta
  • Acha Sinaga
  • Reza Nangin
  • Andy F. Noya
  • Fatih Unru
Baca Juga:   Sinopsis Film The Courier: Misi Dalam Menggagalkan Perang Nuklir

Penghargaan dan Nominasi Film Aku Ingin Ibu Pulang

Penghargaan dan Nominasi Film Aku Ingin Ibu Pulang

Penghargaan Film adalah upacara penghargaan untuk prestasi estetika dan teknis dalam industri film. Setiap tahun di Indonesia selalu mengadakan perayaan besar untuk aktor film dan film terbaik yang telah dibuat selama setahun.

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil
2016 Piala Maya Aktor/Aktris Cilik/Remaja Terpilih Jefan Nathanio Nominasi
2017 Indonesian Movie Actors Awards Pemeran Utama Pria Terbaik Teuku Rifnu Wikana Nominasi
Pemeran Utama Pria Terfavorit Nominasi
Pemeran Utama Wanita Terbaik Nirina Zubir Nominasi
Pemeran Utama Wanita Terfavorit Nominasi
Pemeran Anak-Anak Terbaik Jefan Nathanio Nominasi
Pasangan Terbaik Nirina Zubir & Teuku Rifnu Wikana Nominasi

Rekomendasi Film Bertema Keluarga

Sekarang banyak sekali film-film bertema keluarga yang sudah rilis di Indonesia dan bisa kalian tonton lagi melalui platform streaming yang gratis maupun berbayar. Selain Film Aku Ingin Ibu Pulang, berikut ini kami rekomendasikan film yang harus kalian tonton:

1

. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini|

Film ini rilis pada tanggal 2 Januari 2020. Bercerita tentang keluarga Narendra tiga bersaudara yang diperankan oleh Rio Dewanto sebagai Angkasa, Sheila Dara Aisha sebagai Aurora, dan Rachel Amanda sebagai Awan.

Kalian akan diajak untuk mengenal kehidupan para tokoh di film ini dengan berbagai konflik keluarga. Pertengkaran antara saudara mengungkap  rahasia keluarga dan trauma  masa lalu yang tersembunyi. Kalian akan dibuat penasaran saat menonton film ini.

2. Keluarga Cemara

Keluarga Cemara

Film yang rilis pada tanggal 3 Januari 2019. Dibintangi oleh  Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Adhisty Zara dan Widuri Putra Sasono. Para aktor dan aktris berhasil membangkitkan emosi penonton dengan memainkan karakternya masing-masing, yang akan membuat kalian terkesan oleh akting mereka.

Berawal ketika abah atau Ringgo Agus yang mengajak keluarganya pindah ke desa terpencil di Jawa Barat, karena di kota rumah dan harta bendanya disita oleh debt collector. Cerita berlanjut ketika ketiga putrinya harus beradaptasi dengan rumah kecil peninggalan orang tuanya. Film ini mengajarkan kita untuk selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki.

3. Super Didi

Super Didi

Film yang rilis pada tanggal 21 April 2016. Mengisahkan tentang seorang ayah, bernama Arka yg diperankan Vino G Bastian. Karena suatu alasan, istrinya Wina harus pergi ke Hongkong. Hal ini membuat sang ayah yang harus mengurus seluruh keperluan rumah dan ke 2 putrinya.

Baca Juga:   Sinopsis Film The Spy Who Dumped Me Yang Tayang di TV

Lewat film ini untuk kalian para ayah akan menerima sudut pandang baru tentang pekerjaan rumah tangga yang dilakukan oleh para istri. Ternyata tugas rumah tangga yang dilakukan sehari-hari itu sebenarnya tidak mudah.

Film bertema keluarga ternyata tidak selalu berisi adegan-adegan sedih, saat menonton film ini kalian akan menemukan selipan unsur komedi yang membuat kalian tertawa terbahak-bahak melihat tingkah lucu sang ayah dan anak-anaknya.

4. Tampan Tailor

Tampan Tailor

Film yang dirilis pada tanggal 28 Maret 2013. Bercerita tentang perjuangan hidup seorang ayah tunggal dan anaknya yang masih SD. Bercerita tentang sang ayah Topan yang diperankan oleh Vino G Bastian, baru saja kehilangan istrinya karena mengidap penyakit.

Penderitaan Topan semakin bertambah ketika ia kehilangan pekerjaannya sebagai tukang jahit. Hal ini membuat anaknya, Bintang yang diperankan oleh Jefan Nathanio, terancam dikeluarkan dari sekolah karena tidak ada biaya lagi.

Topan mulai menjajal segala pekerjaan untuk terus menyambung hidup. Mulai dari calo tiket kereta, kuli bangunan hingga pekerjaan yang berbahaya, stuntman. Ditengah nasibnya yang tak menentu, Topan dibantu oleh orang-orang baik disisinya, sehingga ia bisa kembali melanjutkan hidup.

Banyak pembelajaran yang bisa kita ambil setelah menonton film ini. Banyak hal yang harus kita perjuangkan untuk tetap hidup, dan jangan lupa untuk tetap berjuang dan berdoa untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpi.

5.  Sabtu Bersama Bapak

Sabtu Bersama Bapak

Film yang rilis pada tanggal 19 Mei 2016. Film ini diadaptasi dari sebuah novel karya Adhitya Mulya dengan judul sama. Dibintangi oleh Abimana Aryasatya, Ira Wibowo, Deva Mahenra, Arifin Putra, Acha Septriasa, serta Sheila Dara Aisha.

Mengisahkan tentang seorang ayah yang mengetahui jika umurnya sudah tak lama lagi. Sang Ayah Gunawan yang diperankan oleh Abimana mengidap penyakit yang parah dan sisa hidupnya hanya tinggal satu tahun lagi.

Agar anak-anaknya tetap tidak kehilangan sosok ayah, Gunawan membuat rekaman video. Yang kemudian istrinya, Itje akan memutar kembali pesan-pesan yang telah direkam seminggu sekali pada hari Sabtu untuk anak-anaknya.

Baca juga; Sinopsis Film The Courier: Misi Dalam Menggagalkan Perang Nuklir

Akhir Kata

Kalian harus tonton Film Aku Ingin Ibu Pulang, selain ceritanya yang bagus banyak pelajaran hidup didalam film ini. Kalian bisa tonton di berbagai platform streaming, dan kalian juga bisa menonton 5 rekomendasi film bertema keluarga yang sudah dijelaskan di atas. Sekian Pembahasan mengenai Film Aku Ingin Ibu pulang, terimakasih untuk kalian yang sudah mengunjungi artikel kita.