Fawwazah Juara Pertama FLS2N 2020

Fawwazah Khairun Niswah menunjukkan hasil karya menggambarnya,
       
        Loading...    
   

TANJUNGPINANG – Fawwazah Khairun Niswah berhasil meraih Juara pertama Gambar Bercerita Tingkat Nasional dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2020.

Siswi SD Negeri 004 Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang ini pun tak hanya mengharumkan nama Kepri namun juga Tanjungpinang di tingkat nasional. Pengumuman itu disampaikan panitia, 25 September kemarin.

Orang tua Fawwazah, Mediyanto, menuturkan tidak bisa menggambarkan kebahagiannya setelah tahu anaknya Juara I nasional. Menurutnya, persaingannya sangat berat karena peserta merupakan anak terbaik dari masing-masing daerah se-Indonesia.

Ia mengatakan, sebelum mewakili Kepri di tingkat nasional, anaknya terlebih dahulu mengikuti tahapan seleksi di tingkat Kota Tanjungpinang.

Diceritakannya, ketentuan untuk FLS2N berbeda tahun ini, yaitu yang mewakili tingkat kabupaten- kota terdiri dari dua peserta. Selanjutnya tingkat provinsi menseleksi satu untuk ikut di jenjang nasional.

Baca Juga :  Terkesan Programnya, Mantan Ketua MUI Bintan Ajak Pilih Apri-Roby


Menuju ke tingkat nasional, Mediyanto mengatakan, Faza begitu sapaan akrab anaknya itu sudah mempersiapkan diri. Mulai dari segi mental, penguasaan materi bahkan fisik. Adapun lomba yang dimenangkannya karena hasil gambarnya yang bagus.


Dijelaskannya, setiap peserta mengirimkan dua gambar yakni gambar Arsir dan gambar Warna. Gambar Arsir itu temanya kegiatan yang berkesan pada masa pandemi Covid-19.


Sedangkan gambar warna temanya seandainya virus Korona sebesar bola basket apa yang kamu lakukan itu berhasil membawanya menjadi juara pertama tingkat nasional.


Menurutnya, Fazza hobi menggambar yang turun dari talenta ayahnya. Bapaknya senang ke desain grafis. Serta mengikuti jejak kakaknya yang juga memiliki bakat yang sama.

Baca Juga :  Wakil Ketua DPRD Pengen Tempati Rumah Dinas


“Kakanya ikut les bidang seni menggambar, dari situ Fazza juga mengikuti kakanya,” ucapnya saat berbincang dengan Luarbiasa.id, Minggu (27/9).

Adapun profil anak itu adalah, nama lengkap Fawwazah Khairun Niswah dipanggil Faza. Lahir di Tanjungpinang, 15 September 2008. Hobi menggambar, mendesain.


Cita-citanya menjadi desainer dan kini duduk di Kelas VI (Enam). Sejak TK, Faza sudah banyak prestasi. Sekitar 50-60 piala sudah dikumpukan di rumahnya.

Piala-piala itu diraih Faza sejak TK kecil atau TK B.
Faza merupakan tamatan dari TK Pembina 1 Tanjungpinang. Ia juga pernah mewakili Provinsi Kepri di Galeri Nasional, Jakarta 2018 lalu.

Baca Juga :  Anak Jemaja Makin Gemar Bermain Gasing

Kemudian, Faza juga pernah meraih juara lomba menggambar tingkat kota dan provinsi dimulai dari TK A.

”Kami terus mendukung bakat anak-anak, Faza merupakan anak ketiga atau si bungsu yang hobi menggambar,” ucapnya.


Ia pun mengaku akan mendukung bakat anaknya, mulai dari bidang seni yang diminati maupun akademis.

Tahun 2020, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar kembali menyelenggarakan lomba Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Sekolah Dasar Tahun 2020.

Berikut merupakan Juknis FLS2N Tahun 2020. Gambar Bercerita adalah gambar yang memiliki narasi ‘literasi visual’ yang tujuannya menceritakan proses kejadian/peristiwa melalui bahasa gambar, tanpa perlu ada penjelasan tulisan. (dlp)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN