Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal Dan Penyebabnya

Luaribiasa.id-Bagi pengguna Set Top Box atau STB, terkadang ada masalah yang dirasakan dalam penggunaan STB yaitu saluran televisi yang tidak dapat menampilkan siaran dengan baik. Karena itu cara mengatasi set top box tidak ada sinyal kemudian dicari.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah STB yang tidak ada sinyal sehingga menyebabkan tidak berfungsi dengan baik dan siaran pun menjadi terganggu. Seperti apa sajakah cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal

Pastikan bahwa daerah Anda telah dijangkau oleh sinyal TV digital

Agar Anda dapat menikmati siaran televisi digital dengan nyaman melalui STB adalah sinyal yang sudah dijangkau di daerah Anda. Kalau daerah Anda masih belum terjangkau dengan sinyal TV digital maka besar kemungkinan sinyalnya tersendat atau bahkan muncul peringatan tidak ada sinyal.

Untuk mengecek apakah daerah Anda sudah ada sinyal TV digital atau tidak, Anda bisa menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang sekarang ini sudah tersedia secara gratis untuk didownload pengguna baik di Play Store atau pun di App Store.

Melalui bantuan aplikasi aplikasi Sinyal TV Digital tersebut, Anda dapat mengetahui berapa jarak antara pemancar sinyal dengan rumah Anda sehingga Anda pun dapat memastikan apakah daerah rumah Anda sudah tercover dengan sinyal TV digital atau masih belum.

Disarankan agar sebelum pindah ke STB, Anda download dulu aplikasi aplikasi Sinyal TV Digital agar tidak sia – sia beli STB. Karena kalau daerah rumah Anda belum tercover dengan sinyal digital maka STB juga tidak akan berfungsi karena sinyalnya belum terjangkau.

top box tidak ada sinyal

Periksa bagaimana kondisi antenanya

Periksa bagaimana kondisi antena yang digunakan apakah kabel atau jacknya berkarat atau tidak. Kalau ternyata memang berkarat atau mengalami korosi, Anda harus segera menggantinya.

Kalau kabel atau jacknya berkarat mungkin bisa jadi hal tersebut yang menjadi alasan sinyal tidak bisa diterima. Utamanya kalau Anda menggunakan antena luar dan sudah lama digunakan, kualitas antenanya pun dapat menurun karena korosi dan karat.

Baca Juga:   6 Cara Setting APN Telkomsel Tercepat 4G dan 5G

Selain itu, bagian dalam kabel untuk antena luar juga bisa lembab karena terkena hujan sehingga penangkapan sinyal TV menjadi lemah atau tidak stabil.

Gunakan antena outdoor

Antena outdoor sangat dianjurkan untuk digunakan karena dapat menangkap sinyal TV digital secara maksimal. Khususnya pada STB dengan label DVB-T2, penggunaan antena outdoor dirasa diperlukan. Kalau Anda paaki STB DVB-T2 dan belum ganti antena outdoor, lebih baik ganti dulu.

Namun kalau Anda masih ingin memakai antena indoor, masih boleh sih dilakukan namun pastikan bahwa lokasi Anda dekat dengan daerah terpancarnya sinar tersebut.

Alasannya tentu karena antena indoor hanya dirancang untuk lokasi yang memang lebih dekat dengan pemancar sinyal sehingga Anda dapat menangkap suatu siaran televisi bahkan meski antena diletakkan pada bagian dalam ruangan. Hal tersebut berbeda jika Anda tinggal atau berada di lokasi yang kondisinya susah signal.

Cek kabel HDMI atau kabel RCA

Ada beberapa kasus yang mana STB dapat menangkap sinyal TV digital hanya ketika kabel RCA digunakan. Akan tetapi setelah kabel RCA tersebut diganti dengan kabel HDMI, maka STB kemudian tidak bisa menemukan sinyal dan bisa terjadi hal yang sebaliknya.

Oleh karena itu pastikan dulu kabel HDMI atau RCA terhubung ke port yang ada pada STB dan TV dengan benar. Jangan sampai ada yang terbalik atau tertukar. Terkadang juga ada kotoran yang mengganjal di port HDMI atau RCA sehingga Anda harus coba membersihkannya dulu juga.

Kalau sudah Anda pastikan tak ada kotoran di kabel atau  port dan pemasangannya tidak tertukar atau terbalik juga, tekan pada tombol source remot TV. Kemudian pilih pada opsi HDMI jika Anda ingin menghubungkan STB ke TV memanfaatkan kabel HDMI. Kalau sudah berhasil terhubung, tampilan awal STB akan muncul di layar.

Restart STB

Malfungsi pada software STB juga dapat mengakibatkan STB tidak dapat menangkap atau menerima sinyal sehingga layar yang tampil tidak ada sinyal. Cara mengatasi set top box tidak ada sinyal yang juga bisa dilakukan adalah dengan restart STB.

STB yang masih menyala, matikan dulu selama beberapa saat kemudian kalau sudah nyalakan kembali dan lihat apakah work.

Lakukan update pada software STB

Kalau Anda sudah lama tidak melakukan pembaruan software, maka cek pembaruan softwarenya sekarang apakah sudah tersedia atau tidak. Pastikan hubungkan dulu STB ke internet atau wifi memanfaatkan dongle wifi yang cocok untuk STB Anda dan perbarui software untuk mendapatkan update terbarunya.

Baca Juga:   2 Cara Minta Pulsa Darurat Indosat via SMS dan Telepon

Reset STB

Reset ulang STB merupakan cara mengembalikan setelan STB ke pengaturan pabrik. Jadi STB akan seperti awal lagi. Namun sebelum memastikan menggunakan cara ini, atasi STB yang tidak dapat menangkap sinyal dengan cara sebelumnya terlebih dahulu.

Mengganti Jack TV

Apa itu jack TV? Jack TV merupakan suatu alat yang menghubungkan antara STB dengan antena. Coba cek apakah Jack TVnya yang bermasalah. Jika hal tersebut yang terjadi, maka besar kemungkinan STB tidak mengeluarkan sinyal adalah karena jack TV sehingga jack TV harus segera diganti.

Meski sudah ada cukup banyak cara mengatasi set top box tidak ada sinyal, namun Anda perlu tahu juga penyebab mengapa STB menjadi tidak ada sinyal. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat mencegah sebelum terjadinya masalah.

Jadi, apa saja penyebab STB tidak muncul sinyal?

Penyebab Set Top Box Tidak Ada Sinyal

Dari apa yang sudah kami sampaikan sebelumnya tentang bagaimana cara mengatasi Set Top Box tidak ada sinyal yang bisa dilakukan, ada beberapa hal yang bisa disimpulkan menjadi penyebab STB tidak ada sinyal di antaranya :

Daerah belum terjangkau signal televisi

Sebagus apapun kualitas STB yang Anda gunakan, akan menjadi percuma jika ternyata masalah yang terjadi adalah bukan terdapat pada STB-nya, melainkan pada daerahnya yang memang masih belum terjangkau dengan sinyal siaran televisi yang diinginkan. Sehingga STB-pun mengeluaran informasi tidak ada sinyal.

Posisi dari antena yang digunakan

Posisi antena juga berpengaruh terhadap terjadinya penangkapan sinyal. Posisi antena yang kurang baik dapat mengakibatkan STB tidak mampu menangkap sinyal dengan baik pula.

Salah satu contoh posisi antena yang kurang baik adalah antena yang posisinya satu sama lain berdekatan sehingga hal tersebut mengakibatkan antena saling berebut signal. Karena itu ada baiknya posisi antena diberi jarak antara satu dengan lainnya agar tidak berebut signal.

Kabel HDMI atau RCA tidak tersambung dengan benar

Dalam pengoperasiannya, STB bisa saja menggunakan kabel HDMI atau RCA. Sebenarnya keduanya dapat berfungsi dengan baik jika terpasang atau tersambung dengan benar.

Namun sebaliknya, jika kabel tersebut tidak tersambung dengan baik pada port yang seharusnya maka yang terjadi adalah masalah siaran yang tidak dapat tertangkap dan tidak dapat ditayangkan juga.

Software Set Top Box (STB) yang belum diperbarui

Biasanya STB selalu menyediakan pembaruan software. Ketika sudah tersedia software terbarunya namun Anda belum memperbaruinya maka kemungkinan signal tidak akan muncul dengan kualitas yang baik akan dialami.

Baca Juga:   8 Cara Promosi Video Youtube Gratis Dan Berbayar Paling Efektif

Jack TV yang bermasalah

Jack TV yang bermasalah memang dapat menjadi salah satu aspek yang menyebabkan terjadinya sinyal yang tidak keluar sehingga siaran televisi pun tidak dapat terpancar sebagaimana mestinya.

Fungsi Set Top Box (STB)

Set Top Box sejatinya memiliki fungsi utama membuat suara dan gambar di dalam tayangan menjadi lebih tersiar jelas. Bagi Anda yang merupakan pengguna televisi analog, tidak perlu mengganti televisi Anda untuk bisa mendapatkan siaran televisi dengan kualitas HD seperti yang tersiar pada televisi digital karena Anda hanya cukup menggunakan STB saja.

Selain dapat membuat suara dan gambar di dalam tayangan televisi yang tersiar lebih jelas, ada beberapa fungsi lain dari Set Top Box di antaranya :

Tidak dibebani biaya bulanan seperti pemasangan TV kabel

Selama ini ada banyak miskonsepsi yang berkembang di tengah masyarakat tentang STB yaitu bahwa STB atau Set Top Box merupakan layanan TV kabel untuk menonton suatu tayangan televisi, padahal tentu saja tidak demikian.

STB bukan sebuah perangkat tambahan untuk menikmati TV kabel. Jadi pemasangan atau instalasi STB tidak akan pernah mengubah tayangan atau siaran televisi dan tidak akan membebankan biaya bulanan pada masyarakat.

Dengan menggunakan STB, masyarakat hanya perlu membeli sekali saja dan menikmatinya selamanya tentu sampai STB rusak dan tidak dapat lagi digunakan sehingga harus membeli yang baru. Selama STB masih berfungsi, tidak ada biaya tambahan atau biaya bulanan apapun yang perlu dibayarkan.

Siaran televisi yang tayang melalui STB lebih banyak

Kalau pakai TV analog membuat Anda hanya akan menemukan siaran televisi saja, maka dengan STB Anda bisa mendapatkan jauh lebih banyak siaran TV lokal. Tentu semua siaran TV lokal yang semakin banyak itu dapat dinikmati atau ditonton setiap harinya secara gratis tanpa biaya apapun.

Dengan adanya siaran televisi yang menampilkan jauh lebih banyak tayangan, tentu hal ini akan membuat Anda semakin tidak cepat bosan ketika menonton suatu tayangan televisi. Ketika bosan atau tidak suka dengan tayangan yang satu, Anda bisa segera memindahkan ke tayangan televisi lainnya.

Baca juga: Sinyal iPhone Lemah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Sinyal yang terpancar jauh lebih baik

Menurut situs Ask Any Difference, dijelaskan bahwa pemasangan STB pada perangkat televisi memungkinkan perangkat televisi tersebut untuk menangkap signal 0 atau pun 1 bit. Atau artinya bahwa sinyal tersebut memiliki tingkat akurasi atau tingkat keakuratan yang jauh lebih tinggi daripada tingkat akurasi ketika memakai TV analog.

Hal tersebut terjadi karena siaran yang ditayangkan pada TV analog menerima sinyal yang dikirim langsung dan terus menerus sehingga ketika cuaca tidak baik seperti hujan atau petir, sinyal pada TV analog lebih mudah terganggu.

Sementara dengan STB, STB tersebut dapat menangkap sinyal dari stasiun televisi dan satelit untuk ditayangkan sehingga meski ada gangguan apapun tayangan akan tetap jelas dan jernih tidak terganggu.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait bagaimana cara mengatasi Set Top Box tidak ada sinyal yang bisa dilakukan. Bagi Anda yang merupakan pengguna televisi analog dan masih belum menggunakan STB, segera gunakan karena banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan penggunaan STB.