Cara Log Out Wifi.id dari Berbagai Perangkat (HP dan PC)

Luarbiasa.id-Telkom Indonesia menyediakan layanan internet berkualitas untuk seluruh warga Indonesia. Dua dari berbagai layanan yang disediakan oleh Telkom adalah IndiHome dan wifi.id. Banyak pengguna internet ingin mengetahui cara mendaftar, cara menggunakan, dan cara log out wifi.id.

Dua layanan yang disediakan oleh Telkom Indonesia sekilas tampak sangat mirip. Keduanya menawarkan kecepatan tinggi untuk akses internet online sehingga berbagai kegiatan bisa dilakukan dengan mudah berkat IndiHome maupun wifi.id.

Apa Itu Wifi.id dari Telkom Indonesia

Apa Itu Wifi.id dari Telkom Indonesia

Wifi.id merupakan suatu jaringan internet nirkabel untuk publik yang disediakan oleh Telkom dengan jasa internet lainnya. Jaringan internet ini tersedia demi mendukung berkembangnya teknologi di Indonesia. Saat ini, wifi.id sudah dikenal luas di seluruh penjuru Indonesia.

Warganet bisa menemukan wifi.id di berbagai kota dalam wujud wifi.id corner. Biasanya, wifi.id corner bisa ditemukan dengan mudah di berbagai fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, kafe, restoran, dan sebagainya. Bagaimana cara menggunakannya?

Layanan wifi.id merupakan suatu layanan internet yang menggunakan voucher. Pengguna yang akan mengakses internet dengan menggunakan wifi.id wajib masuk ke halaman login terlebih dahulu. Di halaman tersebut, pengguna perlu memasukkan username dan password yang ada di voucher.

Cara Masuk atau Login Wifi.id

Cara Masuk atau Login Wifi.id

Bagi yang tertarik untuk menggunakan layanan internet publik dari Telkom ini, ada beberapa langkah yang wajib dilakukan terlebih dahulu. Pertama, pengguna perlu mendapatkan voucher yang berisi username dan password untuk masuk ke jaringan internet wifi.id.

Setelah mendapatkan atau membeli voucher, masih ada beberapa rangkaian langkah yang perlu dilakukan untuk bisa masuk atau login dan mulai menggunakan jaringan internet wifi.id.

1. Login wifi.id di ponsel Android

Bagi yang akan mengakses jaringan internet menggunakan layanan wifi.id, ada beberapa langkah sederhana yang wajib diikuti. Cara ini tidak hanya bisa dilakukan di perangkat Android saja tapi juga bisa dilakukan di perangkat iOS.

  • Aktifkan fitur WiFi yang ada di perangkat seluler kemudian temukan jaringan wifi.id. Setelah memilih jaringan tersebut, halaman login akan muncul di aplikasi web browser.
  • Agar bisa terhubung ke jaringan wifi.id, pengguna perlu memasukkan informasi username serta password yang diperoleh dari voucher.
  • Kemudian langsung saja sentuh tombol Lanjutkan dan pengguna akan segera terhubung ke jaringan internet wifi.id.
Baca Juga:   Cara Transfer M banking BRI ke DANA Terbaru 2023

Hanya dalam waktu beberapa detik setelah pengguna berhasil terhubung ke jaringan internet wifi.id, pengguna sudah bisa melakukan berbagai kegiatan secara online seperti mengakses media sosial, mencari informasi yang bermanfaat dari internet, dan lain sebagainya.

2. Login wifi.id menggunakan laptop

Tidak sedikit anak muda yang gemar membawa laptop ke tempat umum untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan dengan memanfaatkan WiFi publik. Salah satu layanan internet yang cocok untuk digunakan mengerjakan tugas adalah layanan wifi.id. Untuk menggunakan layanan ini, pelajari caranya di sini.

  • Nyalakan fitur WiFi yang ada di laptop dengan mengklik ikon WiFi yang biasanya terletak di bagian kanan bawah atau pada ujung taskbar.
  • Tunggu selama beberapa detik sampai laptop mendeteksi adanya jaringan wifi.id. Klik connect untuk menyambungkan laptop ke jaringan wifi.id.
  • Saat berusaha untuk menyambungkan laptop ke jaringan wifi.id, halaman login akan muncul dan menampilkan pemberitahuan dengan perintah untuk membuka browser melalui tombol yang ada.
  • Segera klik tombol yang muncul sebelum pemberitahuan tersebut menghilang. Setelah masuk ke halaman login, ketikkan username serta password yang ada di voucher. Lalu klik lanjutkan maka laptop pun sudah terhubung ke jaringan wifi.id.

Setelah mengetahui dua cara masuk atau login ke wifi.id, pengguna bisa langsung menikmati layanan internet seperti biasa. Setelah selesai menggunakan layanan internet wifi.id, pelajari dan terapkan cara log out wifi.id untuk keluar dari jaringan.

Cara Mendapatkan Username dan Password Wifi.id

Cara Mendapatkan Username dan Password Wifi.id

Seperti disinggung sebelumnya, untuk bisa mengakses layanan internet wifi.id dari Telkom, pengguna harus mendapatkan username serta password khusus. Cara mendapatkan keduanya sangat mudah, bisa melalui SMS dan bisa juga melalui aplikasi khusus. Pelajari cara mendapatkannya di bawah ini.

1. Mendapatkan detail login melalui SMS

Calon pengguna yang ingin mendapatkan akses ke layanan wifi.id bisa menggunakan SMS untuk memperoleh username dan password. Caranya sangat mudah tapi mengharuskan pengguna untuk menggunakan pulsa saat melakukan pembelian paket internet wifi.id.

  • Buka aplikasi SMS di ponsel Android lalu buat pesan baru ke nomor 98108 sebagai penerimanya. Format pengisian pesan adalah NET[spasi]Nominal Paket yang diinginkan.
  • Pembayaran akan dilakukan dengan menggunakan pulsa, jadi pastikan sisa pulsa masih cukup untuk membeli paket wifi.id. Tunggu SMS balasan dari Telkom.
  • Telkom akan mengirimkan SMS balasan yang isinya adalah username serta password untuk mengakses jaringan internet wifi.id.
  • Cari lokasi yang terhubung dengan layanan wifi.id sehingga nominal paket yang dibeli tidak akan terbuang sia-sia dan pengguna bisa mengakses internet dengan lebih lancar.
  • Setelah mengakses jaringan wifi.id melalui laptop maupun ponsel, segera masukkan username serta password yang dikirimkan oleh Telkom.
Baca Juga:   Login Social Spy WhatsApp 2023 Berhasil Sadap WA Orang

Cara login dengan SMS ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan. Pengguna ponsel bisa memperoleh username dan password dengan cepat selama pulsa masih mencukupi. Tapi selain menggunakan SMS, masih ada cara lain untuk mendapatkan username dan password wifi.id.

2. Menggunakan aplikasi wifi.id GO

Telkom Indonesia menyediakan aplikasi khusus untuk para pengguna setia layanan internet wifi.id. Nama aplikasi ini adalah wifi,id GO dan bisa ditemukan di Play Store atau bisa juga langsung diunduh melalui link ini. Pelajari cara menggunakannya di bawah ini.

  • Download wifi.id GO dan tunggu sampai pemasangannya berhasil dilakukan. Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan sentuh menu Beli Voucher di halaman utamanya.
  • Kemudian pilih salah satu nominal yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan lalu sentuh tombol Beli. Pengguna bisa memilih salah satu dari tiga metode pembayaran, yaitu melalui SMS atau pulsa, LinkAja, dan melalui transfer bank.
  • Pilih SMS kemudian sentuh tombol Beli sekali lagi. Telkom Indonesia akan mengirimkan voucher berisi username dan password melalui SMS.
  • Kalau pengguna memilih metode pembayaran LinkAja atau transfer bank, voucher akan dikirimkan ke inbox aplikasi wifi.id Buka pesan yang berisi voucher kemudian sentuh tombol Gunakan.

Hanya dengan beberapa sentuhan saja pengguna bisa terhubung ke jaringan internet wifi.id sehingga bisa mulai mengakses internet dengan leluasa. Setelah selesai menggunakan jaringan internet wifi.id, pengguna perlu melakukan log out atau keluar dari jaringan internet tersebut. Bagaimana caranya?

Cara Log Out Wifi.id Mudah dan Cepat

Cara Log Out Wifi.id Mudah dan Cepat

Apapun jenis perangkat yang dipakai untuk mengakses jaringan internet wifi.id, pastikan untuk melakukan log out atau keluar dari jaringan dengan benar. Ada beberapa pilihan cara yang bisa digunakan untuk meninggalkan jaringan internet wifi.id.

1. Melalui landing page wifi.id

Cara yang pertama untuk meninggalkan jaringan internet wifi.id adalah melalui halaman utama wifi.id. Cara ini bisa digunakan oleh pengguna yang mengakses jaringan wifi.id melalui ponsel maupun melalui laptop. Rangkaian caranya bisa dipelajari di bawah ini.

  • Jalankan aplikasi browser yang sering digunakan kemudian kunjungi landing page wifi.id disini. Akan ada pesan yang memberitahukan bahwa perangkat terhubung dengan wifi.id diikuti dengan tombol Logout.
  • Klik atau sentuh tombol Logout untuk meninggalkan jaringan internet wifi.id. Setelah itu buka Riwayat atau History pada aplikasi web browser tersebut.
  • Sentuh atau klik pada tombol Hapus Data Penjelajahan kemudian centang semua yang ada di daftar dan klik atau sentuh tombol Hapus Data.
Baca Juga:   Cara Download Video Facebook Full HD 2023 Langsung ke Galeri

Cara logout atau keluar dari jaringan internet wifi.id ini merupakan cara resmi yang disarankan oleh Telkom Indonesia. Tapi beberapa pengguna internet gagal melakukan logout meskipun sudah menggunakan cara yang pertama ini. Jika mengalami hal yang sama, gunakan cara lain dibawah ini.

2. Menggunakan pilihan forget network

Cara lain untuk logout atau keluar dari jaringan internet wifi.id adalah dengan menggunakan fitur forget network. Cara yang kedua ini bisa dilakukan saat akan keluar dari jaringan internet wifi.id di HP. Pelajari beberapa langkah mudah logout dengan forget network di bawah ini.

  • Buka aplikasi Settings atau Pengaturan bawaan ponsel Android kemudian cari menu Koneksi atau WiFi dan tap pada id yang masih terhubung.
  • Pilih tombol Lupakan Jaringan atau Forget Network tergantung pada bahasa yang digunakan di ponsel tersebut.

Setelah memilih menu Forget Network, koneksi akan langsung terputus sehingga pengguna perlu menyambungkan ulang ke wifi.id jika ingin menggunakan jaringan itu lagi. Atau pengguna bisa langsung menggunakan data seluler untuk melanjutkan menjelajahi dunia maya.

3. Menggunakan aplikasi resmi wifi.id GO

Seperti saat akan membeli voucher wifi.id, pengguna juga bisa melakukan logout dari jaringan internet wifi.id dengan menggunakan aplikasi wifi.id GO. Untuk keluar dari jaringan dengan menggunakan aplikasi wifi.id GO, cukup ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Jalankan aplikasi wifi.id GO yang sudah terpasang di perangkat Android. Kemudian temukan bagian Connection.
  • Sentuh toggle yang ada di samping Connection hingga bergeser ke kiri dan warnanya berubah menjadi abu-abu.

Jika toggle sudah berubah warna, perangkat seluler yang tadinya terhubung ke wifi.id sudah terputus dan tidak lagi tersambung ke jaringan internet tersebut. Setelah terputus, pengguna perlu menggunakan data seluler saat akan berselancar di internet kembali.

Perbedaan Wifi.id dengan IndiHome

Perbedaan Wifi.id dengan IndiHome

Keduanya sama-sama produk unggulan dari Telkom Indonesia. Tapi tentu saja setiap produk mempunyai kelebihannya sendiri. Perbedaan mendasar kedua produk Telkom ini adalah tujuan penggunaannya. Apa lagi perbedaan antara keduanya?

1. Layanan

Dari segi layanan, ada lebih banyak fitur yang disediakan oleh IndiHome dibandingkan dengan wifi.id. IndiHome menyediakan layanan seperti TV kabel, telepon rumah, dan internet. Sedangkan wifi.id hanya menyediakan layanan internet saja.

2. Konektivitas

IndiHome dari Telkom Indonesia menawarkan modem. Pengguna bisa menyambungkan laptop atau PC ke modem tersebut dengan memanfaatkan kabel LAN. Selain laptop atau komputer, pengguna juga bisa menyambungkan ponsel atau tablet melalui jaringan WAN.

Wifi.id tidak menawarkan modem, tapi hanya menyediakan koneksi wireless atau WAN saja. Itulah sebabnya wifi.id disediakan khusus hanya untuk layanan internet publik.

3. Kecepatan minimal

IndiHome menyediakan kecepatan minimal sebesar 10 Mbps. Wifi.id mempunyai kecepatan yang lebih besar dari kecepatan minimal tersebut, yaitu 20 Mbps. Tujuan kecepatan yang lebih tinggi ini adalah untuk menyediakan koneksi yang lebih stabil meskipun digunakan oleh banyak sekali perangkat.

Pelajari caranya mendapatkan voucher, cara terhubung ke wifi.id, dan cara log out wifi.id. Dengan begitu, Anda akan lebih siap memanfaatkan layanan WiFi publik dari IndiHome.