8 Cara Promosi Video Youtube Gratis Dan Berbayar Paling Efektif

Luarbiasa.id-Para Youtuber saat ini semakin mudah untuk melakukan promosi video konten. Bahkan, promosi yang dilakukan juga bisa disesuaikan dengan target audiens. Ini memberikan peluang dalam meningkatkan jumlah viewers hingga subscriber. Semakin sering melakukan promosi konten video maka akan memberikan pengaruh terhadap jumlah viewers.

Pastikan untuk menggunakna cara promosi video youtube yang legal. Pilihan dari metode yang dilakukan bisa dengan cara berbayar maupun gratis. Pastikan juga bahwa channel youtube dan konten video yang dimiliki juga berkualitas. Hal ini juga untuk mendapatkan impressi yang lebih baik lagi.

promosi youtube

Keuntungan melakukan promosi video Youtube

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan user dengan menerapkan promosi video youtube. Bahkan, manfaat yang diterima juga bisa semakin banyak. Apalagi hal ini juga akan memberikan pengaruh terhadap pengembangan channel hingga jumlah view dari konten di Youtube. Namun, pastikan bahwa user menerapkan strategi yang benar dalam melakukan promosi. Berikut ini ada beberapa keuntungan melakukan promosi video youtube yang bisa diperhitungkan seperti:

Jangkauan audiens yang luas

YouTube adalah platform video terbesar di dunia, dengan jutaan pengguna aktif setiap hari, mempromosikan video di sana dapat membantu menjangkau audiens yang lebih luas. Semakin luas jangkauan dari video konten untuk promosi produk maka akan semakin besar juga peluang untuk meningkatkan keuntungan. Selain itu, ini juga membantu untuk meningkatkan jumlah subscriber hingga viewers.

Baca Juga:   Cara Menghapus Cache iPhone Pada Browser dan Aplikasi

Meningkatkan brand awareness

Mempromosikan video di YouTube dapat membantu meningkatkan brand awareness dan membangun merek yang kuat. Platform ini akan memberikan kesempatan bagi banyak user dengan jangkauan yang sangat luas untuk mengenal brand maupun produk yang dipromosikan. Apalagi hal ini juga akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis yang melibatkan platform Youtube.

Meningkatkan engagement

Video memiliki kemampuan untuk memengage audiens secara emosional dan membantu mereka terhubung dengan produk atau layanan user. Bahkan, keuntungan ini juga tidak hanya ditujukan bagi penawaran produk. User bisa mengembangkan channel yang melibatkan secara langsung subscriber hingga viewers. Channal youtube juga akan semakin dikenal oleh banyak viewers.

Meningkatkan konversi

Melalui video, user dapat menyampaikan informasi dan manfaat produk dengan lebih efektif, membantu meningkatkan tingkat konversi. Apalagi bila user sudah memiliki konten yang sangat berkualitas maka viwers juga harus mengetahui konten itu. Hal ini juga dilakukan untuk memberikan kemudahan dalam pengembangan channel. Pastikan juga bahwa user selalu melakukan produksi konten berkualitas secara berkala.

Menjadi referensi yang baik

Video dapat ditemukan dan dilihat kembali dalam waktu yang lama, membuat mereka menjadi referensi yang baik untuk audiens saat mereka membutuhkan informasi terkait produk atau layanan user. Hal ini juga berlaku untuk konten video yang dimiliki channel. Konten itu akan menjadi referensi bagi banyak subscriber hingga viewrs. Justru ini akan memudahkan peningkatan jumlah viewers. Apalagi konten terbaru akan menjadi rekomendasi di halaman utama.

cara promosi youtube channel (1)

Cara mudah promosi video Youtube

Bagi youtuber yang ingin mendapatkan jumlah subscriber hingga viewers yang semakin meningkat maka lakukan promosi. Metode dan cara promosi video Youtube yang dilakukan juga dianggap sangat mudah. Selain itu, masing-masing pilihan metode ini bisa tidak melanggar ketentuan. Bahkan, user bisa menerapkan cara itu secara bersamaan untuk jangka waktu yang lebih lama lagi. Berikut ini cara mudah promosi video youtube yang bisa dicoba seperti:

Baca Juga:   Cara Sound of Text WA Sebut Nama Suara Google Tanpa Aplikasi

Sosial Media

Promosikan video YouTube melalui akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan LinkedIn. Metode ini juga akan memberikan pengaruh terhadap jumlah dari viewers. Namun, pastikan bahwa promosi ini dilakukan dari akun yang sudah memiliki lebih banyak followers. Metode bisa dilakukan secara berkala dengan promosi konten yang berbeda namun berkualitas. Berikan juga caption dari link saat membagikan di sosial media lain.

Baca juga: 8 Aplikasi Edit Video HP Android Terbaik Dan Gratis

Embed video

Embed video pada situs web atau blog user sehingga orang dapat menonton video tanpa harus meninggalkan halaman mereka. Hal ini bisa dilakukan bila user juga sudah memiliki situs atau website dengan visitor yang sangat banyak. Buatlah konten khusus yang akan terintegrasi dengan embed video dari Youtube ini. Semakin banyak jumlah visitor dari situs itu maka akan semakin mudah menjangkau jumlah viewers yang lebih banyak.

Email Marketing

Kirim email pemasaran ke pelanggan atau pelanggan potensial dengan tautan ke video YouTube. Ada banyak rekomendasi dari email marketing yang bisa digunakan secara gratis. Pastikan juga user mengirimkan konten itu pada email yang masih aktif dan memberikan respon. Cobalah kirim pada email milik teman atau kerabat.

Influencer Marketing

Kerjasama dengan influencer atau pengguna populer untuk mempromosikan video YouTube melalui media sosial mereka. Cara sepertii ini juga bisa dilakukan dengan kolaborasi dengan Youtuber lainnya. Namun, perlu diingat bahwa metode ini kadang harus mengeluarkan biaya tambahan yang cukup besar. Bila user ingin mendapatkan impressi yang lebih cepat dan lebih banyak tentu saja harus menggunakan jasa influencer ternama dan populer.

Google Ads

Gunakan iklan Google AdWords untuk mempromosikan video YouTube ke audiens yang relevan. Sebenarnya ini sering dilakukan bagi banyak Youtuber untuk melakukan promosi. Selain itu, metode ini dianggap sangat efektif. Pengaturan pada Google Ads bisa menyesuaikan target dari visitor maupun viewers. Demografi pilihan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari promosi. Tentu saja metode  seperti ini akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Semakin banyak targat yang ingin dijangkau maka user harus mengeluarkan biaya cukup besar.

Baca Juga:   Sinyal iPhone Lemah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Subscriber Targeting

Targetkan pelanggan setia user dengan mempromosikan video baru pada mereka melalui notifikasi push atau email. Ini bisa dilakukan dengan mengajak subscriber untuk menyalakan atau menekan tombol lonceng. Cara ini dianggap sangat efektif untuk mengajak subscriber segera menonton video yang baru. Bahkan, cara promosi ini dianggap efisien karena tidak membutuhkan biaya yang sangat besar. Jangan lupa untuk selalu memposting konten berkualitas dan sesuai dengan keinginan subscriber.

Keyword Optimization

Optimalkan deskripsi, judul, dan tag video YouTube untuk mempermudah orang menemukan video melalui mesin pencari. Hal ini sering dilakukan bagi channel youtube yang memang ditujukan untuk konten SEO. User bisa menggunakan banyak tools tambahan agar memperoleh kemudahan dalam menentukan keyword yang paling trend. Perhitungkan juga penggunaan keyword dengan tingkat kompetisi yang tidak terlalu tinggi. Semakin spesifik keyword yang digunakan maka akan semakin mudah dalam melakukan promosi.

Baca juga: Cara Download Video Instagram, Reels, Story, IGTV Tanpa Aplikasi

Collaboration

Bekerjasama dengan pengguna YouTube atau channel lain untuk mempromosikan video bersama. Kolaborasi seperti ini memang menjadi pilihan bagi youtuber yang sudah memiliki chemistry. Biasanya peningkatan jumlah subscriber hingga viewers merupakan gabungan dari kolaborasi itu. Pastikan juga user memilih metode kolaborasi konten yang saling berkaitan.