Cara Pasang Iklan di Google Ads Untuk Pemula, Sangat Mudah

Luarbiasa.id-Layanan Google Ads memang menjadi pilihan bagi banyak user, publisher, blogger hingga bisnis. Layanan ini membantu untuk melakukan promosi dengan target pengguna layanan Google secara efektif. User bisa menentukan target sesuai dengan kebutuhan dari bisnis dan penawaran.

Selain itu, jangkauan dari penawaran Google Ads juga dianggap sangat luas. Ini membuat peluang mendapatkan keuntungan dari bisnis juga semakin meningkat. Namun, user harus menggunakan cara pasang iklan di Google Ads dengan efektif. Apalagi pengaturan yang dibutuhkan juga membutuhkan strategi khusus.

Memahami apa itu Google Ads

Google Ads adalah platform iklan online milik Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menampilkan iklan mereka di mesin pencari Google dan jaringan situs afiliasi. Ini memungkinkan bisnis untuk menargetkan audiens mereka dengan tepat dengan menggunakan kata kunci tertentu, lokasi, dan demografi, serta membayar hanya saat seseorang melakukan tindakan seperti mengklik iklan mereka.

Penawaran iklan ini juga akan disesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh pemilik bisnis atau publisher. Jangkauan yang sangat luas menjadi keunggulan dari layanan iklan ini. Konten iklan yang dimunculkan bisa berupa teks, gambar hingga video.

Layanan Google yang menampilkan Google Ads seperti Youtube, Search Engine, Gmail dan lainnya. User juga akan mendapatkan report dari penayangan iklan sesuai dengan pengaturan. Google Ads bisa digunakan siapa saja dengan persyaratan mudah. Biaya yang dibutuhkan untuk penayangan iklan itu juga cukup terjangkau dibandingkan dengan layanan lainnya.

Baca Juga:   Cara Menghapus Cache iPhone Pada Browser dan Aplikasi

Keuntungan pasang iklan di Google Ads

Tentu saja user bisa mendapatkan berbagai keuntungan pasang iklan di Googel Ads. Apalagi keuntungan ini dianggap memberikan pengaruh terhadap pengembangan bisnis. Hal yang paling penting adalah saat ini Google  Ads masih menjadi layanan pasang iklan terpercaya secara digital. Berikut ini beberapa keuntungan yang patut menjadi pertimbangan penting bagi pemilik bisnis hingga publisher, seperti:

Target pasar yang terfokus

Google Ads memungkinkan user memtargetkan iklan ke audiens spesifik berdasarkan lokasi, demografi, dan perilaku online mereka. Ini menjadi keuntungan karena user bisa mendapatkan audiens sesuai dengan kebutuhan dari pemasaran produk. Selain itu, jangkauan yang luas tentu saja akan menjadi pertimbanan dalam menentukan pasar yang fokus. Semakin fokus dalam menentukan pasar maka user juga akan semakin mudah untuk mengembangkan bisnis hingga penawaran produk.

Dilihat oleh banyak orang

Google memiliki jangkauan yang sangat luas dan iklan user akan ditampilkan pada mesin pencari Google dan jaringan situs parternya. Dukungan dari platform yang menampilkan iklan ini juga semakin bertambah. Misalnya saja, saat ini jumlah publsher hingga blogger yang mengembangkan website konten terus bertambah. Ini membuat jangkauan dari iklan akan semakin mudah. Bahkan, akses internet yang semakin pesat juga memberikan pengaruh besar terhadap jangkauan. User juga bisa menempatkan iklan untuk layanan Google lainnya seperti Youtube, GMail dan lainnya. Semakin banyak pilihan platform semakin mudah mencapai target audiens.

Fleksibilitas dan kontrol

user memiliki kontrol penuh atas iklan user, termasuk pemilihan kata kunci, anggaran harian, dan waktu iklan ditampilkan. Pengaturan ini dianggap sebagai salah satu keuntungan bagi pengiklan. User bisa menggunakan pengaturan ini dengan mudah dan cepat. Bahkan, user bisa menyesuaikan budget terhadap strategi pemasangan iklan yang dilakukan.

Baca Juga:   Top Up ML Murah dengan Pulsa Telkomsel, Indosat dan XL

Hasil yang mudah diukur

Google Ads menyediakan alat pengukuran yang kuat untuk memantau dan mengukur kinerja iklan user, sehingga user dapat melihat apa yang bekerja dan membuat perubahan sesuai. Tools ini juga bisa menjadi evaluasi terhadap strategi pasang iklan yang dilakukan. Analisis pengukuran kinerja iklan juga akan didapatkan secara berkala untuk mendapatkan kinerja yang sesuai.

Biaya terjangkau

user hanya akan dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan user, sehingga user dapat memastikan bahwa iklan user hanya dilihat oleh orang yang benar-benar tertarik pada produk atau layanan user. Ini menjadi keuntungan yang sangat pentiing. Apalagi setiap pengiklan memang memiliki perhitungan budget iklan berbeda. Semakin besar budget yang dimiliki maka akan semakin mudah untuk menerapkan metode iklan paling efisien.

 

Langkah mudah pasang iklan di Google Ads

User yang ingin pasang iklan di Google Ads tidak perlu khawatir karena metode yang diberlakukan dianggap sangat mudah. Selain itu, pengaturan yang dibutuhkan juga dianggap tidak rumit. Hal yang paling penting tentu saja metode pasang iklan di Google Ads ini harus mengikuti seluruh ketentuan yang berlaku. Berikut ini beberapa cara mudah pasang iklan di layanan Google Ads yaitu:

Buat Akun Google Ads

user dapat mendaftar untuk akun Google Ads melalui situs web Google Ads. User bisa mengakses link pembuatan akun ini dengan mengetik Google Ads melalui mesin pencari. Bila user belum memiliki akun di Google Ads sebaiknya buat segera. Jangan khawatir persyaratan untuk membuat akun di Google Ads dianggap sangat mudah dan cepat.

Buat Kampanye Iklan

Setelah masuk ke akun user, buat kampanye iklan baru dengan memilih jenis kampanye yang sesuai dengan tujuan user, seperti iklan display, iklan teks, atau video iklan. Pilihan kampanye sebaiknya disesuaikan dengan strategi yang diinginkan. User bisa memilih seluruh pilihan kampanye. Masing-masing kampanye ini akan menawarkan biaya iklan yang sangat berbeda.

Baca Juga:   Cara Menambah Channel TV Digital Menggunakan STB

Buat Grup Iklan

Dalam setiap kampanye, user dapat membuat beberapa grup iklan untuk mengelompokkan iklan berdasarkan tema atau jenis produk. Pastikan user memilih tema hingga jenis produk yang memang ingin dipasarkan. Hal ini akan berpengaruh dalam penampilan iklan sesuai dengan platform yang digunakan Google.

Buat Iklan

Dalam setiap grup iklan, user dapat membuat iklan baru. Iklan dapat berupa teks, gambar, atau video. Ketentuan dari konten ini juga berkaitan dengan jumlah kata hingga resolusi atau warna dari konten gambar. Bahkan, durasi dari video juga akan diperhitungkan dalam pembuatan iklan ini.

Tentukan Audiens

Tentukan siapa target audiens user dengan memilih lokasi, demografi, dan minat. Rincian demografi akan ditampilkan secara lengkap. User bisa memilih mulai dari wilayah hingga umur dari target audiens.

Tentukan Targeting Keyword

Tentukan kata kunci yang akan dipasang pada iklan user. Perlu diingat bahwa setiap konten iklan yang akan ditampilkan akan membutuhkan satu kata kunci. Pastikan pemilihan kata kunci ini sesuai dengan penawaran produk atau jasa yang dimiliki user.

Tentukan Anggaran Kampanye

Tentukan berapa banyak yang user ingin belanjakan untuk setiap kampanye dan bagaimana anggaran harus dibagi antara grup iklan. Mungkin user bisa mencoba anggaran kampanye iklan yang lebih kecil terlebih dahulu. Hal ini akan membantu untuk mendapatkan evaluasi dari setiap kampanye iklan.

Baca juga: Belajar Investasi Saham Bagi Pemula Modal 100 Ribu Juga Bisa

Lihat Hasil

Setelah memasang iklan, user dapat melacak hasilnya melalui laporan Google Ads dan membuat perubahan jika diperlukan. Laporan bisa diakses melalui tools yang tersedia dari akun.