ePSXe Apk V2.0.16 + Bios Untuk Bermain PS1 di Android

Luarbiasa.id – ePSXe free apk adalah salah satu emluator PS1 yang bisa kalian download, dan kemudian di install pada device android kalian. Jika kalian mencarinya di Google playstore, aplikasi ini sebenarnya tidak gratis, atau dengan kata lain kalian perlu membayarnya untuk bisa menggunakannya. Jika kalian mengkhawatirkan hal tersebut, baiknya tidak usah, karena kami akan menyediakannya secara gratis.

Emulator adalah sebuah istilah untuk sebuah software yang bisa menjalankan sistem, atau perangkat lain. Secara kasarnya mereka, yaitu programmer yang membuatnya menirukan satu console tersebut agar bisa dimainkan pada perangkat berbeda. Dan topik mengenai hal seperti ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun kebanyakan dari mereka memang berkembang agak telat.

Sebagai contoh ketika Nitendo Switch muncul pada tahun 2017, emulatornya baru bisa disempurkan beberapa tahun kemudian, jadi memerlukan waktu yang lumayan lama. Inilah yang kami sebut dengan perkembangannya yang lumayan lambat, dan ini adalah sesuatu yang wajar. Karena untuk membuat emulator bisa berjalan tanpa ada halangan memerlukan dedikasi, dan waktu yang tidak sedikit.

Sama halnya dengan ePSXe ini, meskipun sudah ada sejak dulu, sepertinya popularitasnya kembali naik karena suatu hal tertentu. Emulator yang satu ini bisa kalian mainkan pada android tanpa ada masalah teknis apapun. Artinya sistem yang mereka buat sudah bisa dibilang stable. Untuk kalian yang penasaran mengenainya, silahkan simak sampai habis.

Apa itu ePSXe Apk?

Kami sebelumnya sudah menyebutkan bahwa ePSXe adalah emulator yang bisa menjalankan game dari Playstation 1. Yaitu versi paling lama dari console yang mereka keluarkan. Ada banyak game terkenal yang memulai debutnya pada konsole tersebut, diantaranya adalah Digimon, Yu-Gi-Oh!, dan masih ada banyak lagi.

Baca Juga:   Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Sesama dan Operator Lain

Jika kalian ingin mengenang masa lalu, dan ingin mencoba memainkan kembali game yang berasal dari Playstation 1, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Inilah salah satu alasan kenapa developernya membuat emulator yang satu ini memiliki bandrol harga, karena memang hampir tidak ada masalah saat digunakan.

Dengan kata lain semua jenis permainan yang ada pada PS 1 dapat dengan mudah kalian jalankan disini. Untuk itu kalian tidak akan mengalami yang namanya force close, ataupun error lainnya. Tetapi tetap saja kalian memerlukan spesifikasi handphone yang cukup untuk menjalankannya, nanti akan kami sediakan pada bagian yang berbeda. Akan ada beberapa tutorial juga yang nantinya akan membantu.

Jika kalian sudah mendownloadnya nanti, apakah semua gamenya sudah bisa langsung dimainkan? Jawabannya adalah tidak, setiap emulator bekerja sebagai sebuah sistem yang menjalankan permainannya. Jadi bisa dikatakan hanya bekerja sebagai alat saja, untuk masalah tersebut kalian perlu mendownloadnya secara manual, dan itu bisa dilakukan dengan mudah, jadi tidak perlu risau.

Cara Menginstall Bios pada ePSXe Free Apk

Sebelum itu, karena kalian mendownloadnya melalui sebuah website, beberapa setting harus disesuaikan secara manual, dan yang kami maksudkan adalah Bios. Tanpa file tersebut ePSXe yang sudah terinstall pada android kalian tidak dapat dijalankan, karena kehilangan beberapa komponen. Untuk mengatasinya, silahkan simak cara berikut.

  1. Silahkan download Bios nya pada link yang sudah kami siapkan di pada tabel di bawah, bersamaan dengan tautan file apk nya
  2. Jika kedua file tersebut sudah kalian download, silahkan masuk ke Config, kemudian pilih Bios
  3. Disini kalian sudah memasuki config, atau pengaturan mengenai bios
  4. Ketuk pilih, atau select
  5. Nantinya akan muncul bios dengan nama Scph1001.bin (bios playstation 1), pilih, kemudian klik ok.

Selesai, sekarang emulator PS 1 kalian sudah bisa berjalan dengan semestinya, yang harus kalian lakukan berikutnya adalah mencari tempat download gamenya. Ada beberapa rekomendasi tempat yang proses downloadnya dapat dilakukan dengan mudah, sehingga tidak akan membuat kalian bingung.

Baca Juga:   Apa Itu Scroll TikTok? Ini Penjelasan dan Cara Otomatisnya

Permainan yang berasal dari playstation 1 ini sebelumnya sudah dikompress menjadi sebuah data yang nantinya akan terbaca secara otomatis oleh emulatornya. Untuk masalah ini, kalian tidak perlu melakukan hal apapun, jadi cukup siapkan kuota saja. Karena ukuran gamenya akan berada di atas 100 Mb lebih, tergantung seberapa panjang jalan ceritanya.

Cara Download Game Ps1 Untuk ePSXe Free Apk

Download Game PS 1 ePSXe Free Apk

Sebelumnya sudah kami katakan bahwa akan ada rekomendasi tempat untuk kalian mendownload gamenya. Silahkan baca bagian ini untuk mengetahui caranya secara lengkap. Pertama file game pada sebuah emulator biasanya disebut dengan rom, dan ini sepertinya berlaku untuk yang lainnya juga. Langsung saja simak dibawah ini:

  1. Kunjungi halaman resmi romsgames.net
  2. Jika sudah kalian akan langsung diarahkan ke halaman berbagai macam games Ps 1
  3. Silahkan masukkan nama permainannya pada kolom pencarian yang ada, atau scroll ke arah bawah untuk melihat koleksi yang mereka sediakan
  4. Saat dirasa sudah menemukan game yang tepat, klik saja pada logo dari permainannya
  5. Kemudian, kalian akan dipindahkan ke halaman game tersebut, beserta informasi ukurannya
  6. Klik save game, yang ada dikanan atas layar (berwarna hijau)
  7. Akan ada waktu hitung mundur selama 5 detik, jika sudah maka gamenya akan otomatis terdownload
  8. Tunggu saja sampai proses tersebut berhasil.

Kebanyakan game dari website tersebut sudah dikompress agar ukurannya tidak terlalu besar, sebagai contoh adalah file zip. Kalian perlu mendownload aplikasi yang bisa membukannya, silahkan donwload RAR pada Google Playstore agar filenya bisa di ekstrak. Caranya simpel, lihat dibawah:

  1. Buka aplikasi ROM
  2. Masuk ke folder download
  3. Pilih file game yang sudah di download tadi, lalu pilih extract here, atau ekstrak disini
  4. Nantinya akan terbuat folder yang isinya game tersebut.

Fitur yang ada pada ePSXe Free Apk

Ada beberapa fitur yang bisa kalian temukan saat memainkan salah satu emulator yang satu ini. Jika kalain ingin mengetahuinya, silahkan simak pada list yang sudah kami siapkan.

Sudah Stabil

Untuk sebuah emulator, masalah stabil menjadi sesuatu hal yang sangat penting, karena ini akan mempengaruhi jalannya permainan. Error yang ditimbulkan oleh sistem yang belum sempurna akan menyebabkan force close, yang dampaknya akan membuat kalian terlempar keluar dari aplikasinya, dan ini lumayan sangat mengganggu.

Baca Juga:   Cara Bikin Podcast di Spotify Agar Menghasilkan Uang di Android

Tidak Akan Ada Iklan

Karena aplikasi ini disediakan secara berbayar pada Google Playstore nya, kemungkinan besarnya tidak akan ada iklan yang akan mengganggu pengalaman bermain game kalian. Meskipun ada, tidak akan terlalu mengganggu seperti membawa kalian ke halaman lain atau semacamnya. Jadi untuk permasalah ini tidak perlu dikhawatirkan, karena aplikasinya akan terbaca sebagai premium.

Gratis Untuk di Download

Ini merupakan sebuah keuntungan yang bisa kalian manfaatkan, karena aslinya aplikasi ini berbayar, dan memerlukan uang yang cukup lumayan. Artinya kalian sudah bisa menggunakan software nya secara premium meskipun ePSXe nya di download dengan gratis. Namun, jika kalian mampu, kami akan merekomendasikan agar kalian mendownloadnya langsung dari Google Playstore. Karena hal tersebut bisa dibilang sebagai support.

Link Download ePSXe Apk Beserta Biosnya

Download ePSXe Free Apk dan Biosnya

Untuk kalian yang tertarik untuk mendownload aplikasinya, setelah membaca berbagai macam informasinya di atas, silahkan untuk menyimak isi dari sub judul ini. Karena kami sudah menyediakan link download file apk, beserta dengan bios ps 1 nya pada tabel dibawah ini.

Nama Aplikasi ePSXe Free Apk
Versi 2.0.15
Ukuran 22 MB
Link Download Apk & Bios

Tutorial mengenai penginstallan bios, dan bagaimana cara mendownload gamenya sudah kami siapkan diatas, jadi bisa langsung kalian simak saja semuanya disana. Untuk cara memainkan permainannya, akan ada dibagian berikutnya.

Cara Memainkan Game PS 1 Pada ePSXe Free Apk

Untuk memainkan gamenya mudah sekali, kalian hanya perlu masuk ke bagian pengaturan saja, atau bisa membaca tutorial yang sudah kami siapkan disini.

  1. Setting bios, dan download rom PS 1 nya terlebih dahulu, caranya sudah kami sediakan diatas
  2. Jika sudah, masuk ke file, lalu cari file game yang sudah diekstrak
  3. Lalu pilih run, atau jalankan, selesai.

Baca juga:

Kesimpulan

Jadi ePSXe free apk adalah salah satu emulator game playstation 1 yang bisa kalian download secara gratis. Semua konfigurasi, dan cara memainkannya sudah semuanya kami jelaskan. Jadi tinggal kalian baca saja bagian yang masih membingungkan, dan ikuti caranya satu per satu.