Green Screen Remover Android Dan Cara Menggunakannya

Luarbiasa.id – Green screen remover adalah salah satu topik yang berhubungan dengan fotografi, dan videografi. Istilah tersebut sebenarnya sama saja dengan background remover. Dimana fokus utamanya adalah untuk menghapus sebuah latar belakang yang kemudian bisa diganti dengan menggunakan foto, atau video untuk menghasilkan sebuah produk yang sesuai dengan keinginan pembuatnya. Pada artikel ini kami akan mencoba mencari informasi mengenainya.

Di zaman yang sudah menggunakan berbagai macam teknologi ini hal seperti menghapus sebuah background bukan menjadi sesuatu yang aneh lagi. Pasalnya, kegiatan yang dulu sangat susah untuk dilakukan tersebut kini bisa dikuasai dengan mudah hanya dengan menggunakan aplikasi, dan software saja. Namun hasilnya tetap akan berbeda dengan yang profesional.

Kegiatan semacam ini sebenarnya sudah lumayan lumrah dimana Tiktok, Instagram, dan Youtube shorts menjadi sumber penghasilan bagi sebagian orang. Penghapusan background ini tentu saja menjadi salah satu teknik edit yang sering digunakan oleh mereka. Jika kalian sering melihat konten pada platform tersebut pastinya sudah melihat perubahan latar belakang ketika orang sedang menjelaskan sesuatu bukan?

Hasilnya sendiri beragam, dan tentu saja akan disesuaikan dengan device ataupun aplikasi yang kalian gunakan. Namun, para pembuat konten tersebut biasanya memang sudah memiliki alat, dan green screen sendiri sehingga hasilnya terlihat sangat bagus. Ada beberapa aplikasi, dan website yang akan kami rekomendasikan untuk melakukan hal tersebut.

Apa Itu Green Screen Remover

Apa Itu Green Screen Remover?

Ini adalah sebutan untuk sebuah aplikasi, ataupun software yang bekerja untuk menghapus background pada foto, maupun video. Namun lebih seringnya kita mengenal hal tersebut dengan istilah background remover. Cara kerjanya sama saja, namun yang menggunakan greenscreen ini biasanya memang untuk video saja.

Jika kalian sering melihat orang yang sedang streaming, dan melihat background mereka menyatu dengan game tersebut, dan hanya terlihat perawakannya saja, itu adalah salah satu contohnya. Namun, mereka tentu saja menggunakan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan menggunakan aplikasi atau software saja. Dan ini memang sebuah kebutuhan yang perlu kalian lengkapi jika ingin mendapatkan hasil yang sempurna.

Baca Juga:   Old Roll Mod Apk Pro Unlocked V4.2.8 Terbaru 2023 Untuk Android

Namun untuk menghapus background sebuah video menggunakan aplikasi menjadi sesuatu yang masih mungkin, tetapi hasilnya tidak akan sesempura itu. Untuk sementara kalian bisa memanfaatkan hal tersebut terlebih dahulu sampai mempunyai budget untuk menyempurnakannya. Bentuknya ada yang aplikasi, ataupun sebuah efek yang bisa langsung digunakan.

Namun karena yang kalian cari adalah cara untuk menghilangkan sebuah green screen, jadi maksud yang akan kami tangkap adalah untuk bagian video. Karena masalah foto sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, lalu istilahnya biasa disebutkan dengan background remover. Untuk kalian yang penasaran tentang cara menghilangkan sebuah green screen pada video, silahkan simak sampai habis.

Rekomendasi Aplikasi yang Bisa Menghilangkan Green Screen, atau Bekerja Sebagai Remover

Ada beberapa software yang akan kami rekomendasikan untuk kalian, dan dari penjelasan resmi mereka memang bisa melakukan hal tersebut. Jadi untuk kalian yang ingin memanfaatkan fitur yang dimiliki oleh mereka, silahkan untuk membacanya satu per satu. Karena tidak hanya satu aplikasi saja yang akan kami rekomendasikan.

Video Background Changer

Adalah salah satu aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk menghapus bakcground pada sebuah video, cara kerjanya mirip dengan menghilangkan green screen. Di Google Playstore sendiri softwarenya mendapatkan total download 1+ juta orang. Jadi kami rasa lumayan layak untuk dicoba.

Fitur

Jika kalian tertarik untuk menggunakan aplikasi yang satu ini, bagian fitur yang ada pada video background changer ini perlu untuk kalian ketahui. Karena dengan demikian segala hal yang ada di dalam aplikasi tersebut bisa kalian manfaatkan semuanya secara maksimal, silahkan langsung disimak saja.

  • Hapus Latar belakang foto, ini adalah salah satu fitur yang mereka sediakan. Jika kalian membutuhkannya suatu saat nanti cukup gunakan saja aplikasinya. Cara menghapusnya juga mudah, kalian hanya perlu mengeditnya, sampai background benar-benar hilang. Untuk mempermudah, silahkan berdiri pada latar yang tidak memiliki terlalu banyak warna, jadi prosesnya akan mudah dilakukan.
  • Green screen remover, ini adalah salah satu fitur yang tersedia pada aplikasi ini, dan untuk menghapusnya cukup lumayan simpel. Ini merupakan fitur utama yang mereka tawarkan, melihat beberapa ulasan yang ada mengenai hal tersebut, kami rasa masih bekerja dengan baik. Namun ingat, hasilnya tidak akan semaksimal seperti yang ada pada konten creator.
  • Kumpulan tema latar belakang, jika kalain bingung ingin mengganti latar belakangnya dengan apa, silahkan pilih dari kumpulan foto yang sudah mereka sediakan. Koleksinya ada lumayan banyak sehingga kalian bisa memilih apapun yang sesuai dengan selera masing-masing. Tetapi ini hanyalah sebuah opsi saja, memilih latar belakang sendiri juga masih bisa dilakukan.
Baca Juga:   CapCut Mod Apk Pro Tanpa Watermark Versi 7.6.0 Terbaru 2023

Remove Background From Video

Aplikasi berikutnya yang bisa kalian manfaatkan disebut dengan remove background from video, dan sekarang ini memiliki total download 100+ ribu lebih. Berdasarkan beberapa ulasan yang ada pada halaman aplikasi resminya, kami rasa bekerja dengan lumayan baik. Untuk memastikannya, kalian bisa langsung saja download, dan buka langsung saja.

Fitur

Ada beberapa fitur yang mereka sediakan, dan sebenarnya fungsi tersebut hampir sama, karena tujuan aplikasinya sama. Namun hasil yang akan ada kami rasa akan berbeda melihat prosesnya melalui aplikasi yang berbeda, dan ini bisa dijadikan sebagai perbandingan juga. Untuk mengetahui fitur apa yang mereka gunakan, bisa langsung lihat listnya di bawah ini.

  • Proses green screen remover bisa dilakukan dengan cepat, ini dikarenakan oleh aplikasinya yang berfokus untuk menghilangkan latar belakang pada video saja. Jadi proses yang dijalankan akan lumayan cepat dari biasanya, namun tentu saja akan disesuaikan dengan spesifikasi device yang kalian pegang saat ini. Lalu tergantung dengan durasi video yang coba kalian edit.
  • Tampilan simpel dan tidak membingungkan, kebanyakan aplikasi yang menyediakan fungsi untuk menghilangkan sebuah background kadang memiliki UI yang tidak ramah. Sehingga menyebabkan orang yang pertama kali menggunakannya merasa kepusingan, dan kesulitan untuk melakukan proses editing. Disini kalian tidak perlu khawatir, karena semuanya terlihat simpel.

Gunakan Capcut Sebagai Green Screen Remover

Capcut dikenal dengan salah satu aplikasi edit video, dan juga foto yang memiliki banyak sekali fitur. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan yang membuat aplikasinya terkenal, dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Untuk melakukan hal tersebut kami sudah menyediakan tutorialnya.

Baca Juga:   Link Bot Confess WhatsApp Dan Nomor Terbaru 2023

Tutorial Menghilangkan Green Screen

Kami sudah menyediakan langkah-langkah yang bisa kalian ikuti satu per satu untuk mendapatkan hasil video dengan background yang diinginkan. Sebelumnya kalian harus mempunyai aplikasi Capcut terlebih dahulu, jika belum silahkan install. Jika semuanya sudah disiapkan, langsung saja cek langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan green screen dibelakang kalian
  2. Rekam video menggunakan latar belakang yang menggunakan kain hijau khusus
  3. Jika sudah selesai, masuk ke aplikasi capcut
  4. Lalu cari salah satu fitur yang menyediakan green screen remover
  5. Sebelumnya siapkan dulu foto, atau video apa yang ingin kalian pasang pada backgroundnya
  6. Jika sudah langsung di pasang saja
  7. Edit sesuai dengan keinginan kalian, jika silahkan simpan
  8. Dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Fakta Mengenai Green Screen Remover

Untuk sekedar informasi saja, semua aplikasi tersebut bisa kalian dapatkan di Google Playstore, dan semuanya gratis, jadi kalian tidak perlu menggunakan versi yang modifikasi. Karena memang mereka menyediakan fitur tersebut secara cuma-cuma. Hal ini tentu saja akan sangat berguna untuk kalian yang baru pertama kali mempelajarinya.

Kemudian, karena device yang kalian pakai memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, hasilnya juga akan beragam. Selebihnya akan berpengaruh terhadap proses penyimpanan video, jika spek handphone kalian rendah, maka prosesnya juga akan lama. Jadi silahkan untuk bersabar jika memang menemukan masalah seperti itu nantinya.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Menghilangkan Orang di Android dan iOS

Kesimpulan

Green screen remover adalah sebuah istilah yang merujuk kepada sebuah aplikasi, ataupun software yang memiliki fitur untuk menghilangkan sebuah background baik pada foto, ataupun video. Ini sebenarnya masuk ke dalam proses editing yang sering digunakan oleh sebagian orang. Beberapa contohnya adalah streamer, content creator, dan banyak youtuber.