Lebaran 2023 Tanggal Berapa? Cek Dulu Yuk!

Luarbiasa.id-Lebaran merupakan hari yang sangat dinantikan untuk dirayakan setiap umat Islam di seluruh dunia. Hal tersebut karena lebaran merupakan perayaan hari suci umat Islam yang menjadi tanda kemenangan setelah sebulan lamanya berpuasa. Lalu lebaran 2023 tanggal berapa kira – kira?

Nah, bagi Anda umat Islam dimanapun berada yang merasa ingin tahu kira – kira lebaran di tahun 2023 ini jatuh tanggal berapa, Anda harus simak informasi berikut sampai akhir. Yuk cek tanggal perkiraan lebaran 2023!

Lebaran 2023 Tanggal Berapa?

Sebagaimana yang kita sebutkan sebelumnya bahwa lebaran merupakan suatu moment sakral yang dirasakan umat Islam setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa.

Ibadah puasa sendiri bagi umat Islam merupakan suatu ibadah yang dilakukan dengan cara tidak mengonsumsi makan dan minum, menghindari perbuatan buruk dan segala tindakan yang dapat membatalkan puasa, serta menahan amarah selama periode atau jangka waktu tertentu.

Jangka waktunya biasanya dimulai sebelum matahari terbit sampai dengan ketika matahari tenggelam. Setelah satu bulan atau biasanya 29 hari melangsungkan ibadah sukarela tersebut, lebaran pun tiba.

Lantas, untuk lebaran 2023 tanggal berapa?

Ibadah puasa di tahun 2023 di perkirakan dimulai kurang lebih sejak tanggal 21, 22/ 23 Maret 2023 sehingga lebaran jatuh sekitar tanggal 21/ 22 April 2023 tepat di hari Jumat/ Sabtu.

Di hari tersebut, ibadah puasa tidak boleh dilakukan dan haram hukumnya dilakukan karena 1 hari di hari idul fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam sehingga wajib umat Islam merayakannya dengan membatalkan puasanya.

Pada hari tersebut juga, jika seseorang belum menunaikan zakat fitrah juga harus segera menunaikan zakat fitrah sebelum sholat Idul Fitri dilakukan.

Baru setelah tanggal 1 idul fitri/ 1 syawal dalam penanggalan Islam atau bisa diartikan juga setelah hari pertama idul fitri, puasa sunnah syawal boleh dilakukan. Puasa sunnah syawal yang dilakukan setelah tanggal 1 Syawal atau dalam artian mulai tanggal 2 Syawal tersebut dilaksanakan sebagai puasa sunnah.

Artinya umat Islam boleh melakukan puasa enam hari sejak tanggal 2 Syawal dan boleh juga tidak melakukannya. Hal tersebut termaktub sebagaimana yang bisa kita baca pada kitab Shahih Imam Muslim.

Pada hari syawal juga, ada beberapa tradisi yang biasanya dilakukan umat muslim utamanya di negara kita Indonesia tercinta. Apa saja tradisi – tradisi yang dilakukan pada hari raya idul fitri atau pada hari lebaran bagi umat Islam di Indonesia?

Baca Juga:   Apa Arti 323 Dalam Bahasa Gaul Yang Viral di TikTok

mudik

Tradisi Umat Islam di Hari Raya Lebaran/ Idul Fitri di Indonesia

Bagi warga negara Indonesia, ada beberapa tradisi di hari raya lebaran atau idul fitri yang melekat dan bahkan sudah mengakar sebagai bagian dari budaya Islami nusantara. Beberapa tradisi tersebut di antaranya :

Takbiran

Salah satu amalan di malam lebaran yang dianjurkan oleh Rasulullah adalah mengumandangkan takbir. Karena itu, takbiran sudah menjadi sebuah tradisi yang dilakukan di berbagai negara yang memiliki penduduk beragama Islam termasuk di Indonesia.

Umat muslim biasanya akan tumpah ruah ke masjid dan jalan – jalan di malam lebaran untuk mengumandangkan adzan sebagai tanda kemenangan dan ekspresi rasa suka cita menyambut lebaran.

Biasanya kegiatan takbiran juga diiringi dengan tabuhan bedug yang khas. Suasana yang sangat berbeda dengan malam selain lebaran bisa dipastikan akan dirasakan di malam takbiran. Tradisi takbiran juga sekaligus menunjukkan kebersamaan antar sesama muslim di hari raya yang akan tiba.

Mudik

Mudik merupakan sebuah tradisi khususnya di Indonesia yang dilakukan untuk berkunjung ke rumah orang tua dan handai taulan di kampung halaman. Biasanya orang – orang yang bekerja atau menetap jauh di luar kota atau luar pulau ketika lebaran akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya idul fitri bersama keluarga tercinta.

Tradisi inilah yang biasanya sangat ditunggu – tunggu orang yang bekerja atau tinggal jauh dari kampung halaman karena di moment mudik ini mereka akan bertemu dan berkumpul dengan keluarga yang selama setahun penuh tidak dijumpai.

Biasanya mudik tidak berlangsung lama. Beberapa orang mudik dalam beberapa hari namun ada juga yang mudik selama beberapa minggu. Jadi lama waktu mudik sendiri tidak dapat ditentukan karena disesuaikan dengan kondisi masing – masing orang.

selamat hari raya idul fitri

Shalat idul fitri

Kalau sholat idul fitri sih tidak hanya dilakukan di Indonesia ya, tapi juga dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Di Arab Saudi dan negara – negara Islam lainnya juga pasti melakukannya.

Shalat idul fitri sendiri sejatinya merupakan shalat sunnah dua rakaat yang dilakukan pada hari raya idul fitri dengan 7 kali takbir pada rakaat pertama dan 5 kali takbir pada rakaat kedua. Setelah selesai shalat sunnah idul fitri, jamaah dianjurkan untuk mengikuti khutbah idul fitri.

Khutbah idul fitri dilakukan untuk menambah kesempurnaan pelaksanaan shalat idul fitri dan menjadi upaya untuk semakin mengingat Allah serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Khutbah yang disampaikan khatib disunnahkan untuk dimulai dengan bacaan takbir sebanyak 9 kali pada khutbah pertama dan didahului dengan takbir sebanyak 7 kali pada rakaat kedua.

Minum atau makan sebelum berangkat ke masjid

Sebagaimana yang kita sudah bahas sebelumnya bahwa haram hukumnya puasa di tanggal 1 Syawal atau tepat pada hari raya idul fitri.

Baca Juga:   8 Rekomendasi Film Survival Terjebak Bertahan di Pulau & Hutan

Oleh karena itu, sebagai simbol bahwa hari itu umat Islam tidak menjalankan ibadah puasa dianjurkan untuk membatalkan puasa dengan cara minum atau makan sebelum berangkat shalat idul fitri di masjid.

Halal bi halal dan sungkeman

Acara halal bi halal menjadi sebuah tradisi yang tak terpisahkan di moment lebaran. Biasanya halal bi halal dilakukan di hari – hari lebaran entah di hari pertama, kedua, ketiga atau hari lain di bulan syawal.

Halal bi halal biasanya didatangi oleh keluarga, saudara, kerabat, handai taulan, teman dan semua orang yang ingin melepaskan salah dan khilaf yang pernah dilakukan entah disengaja atau tidak disengaja.

Halal bi halal sendiri memiliki arti yaitu meluruskan kekusutan, kekeruhan atau kesalahan yang dilakukan agar diri kembali bersih dari salah dan bisa saling memaafkan satu sama lain. Halal bi halal di moment lebaran juga menjadi satu bagian dari acara silaturahmi lebaran.

Biasanya di acara halal bi halal juga diikuti dengan tradisi sungkem yang dilakukan oleh orang yang lebih muda ke orang yang lebih tua. Tradisi sungkem menggambarkan bakti kasih dari anak kepada orang tua, ungkapan minta maaf yang teramat dalam dari anak kepada orang tua dan sebagai wujud menghormati orang tua. Tradisi ini menjadi bagian dari adat Jawa yang sampai saat ini masih berkembang di Indonesia dan tak terkecuali sering dilakukan di moment lebaran.

Ketupat dan opor ayam

Kalau bicara tentang hidangan lebaran, salah satu hidangan lebaran yang pasti ada adalah ketupat dan opor ayam. Dalam istilah Jawa, ketupat memiliki makna tersendiri.

Ketupat dalam istilah Jawa berasal dari kata ‘ngaku lepa’ atau mengaku salah. Jadi ketupat merupakan suatu makanan yang dihidangkan di moment lebaran sebagai simbol mengakui kesalahan, dosa dan kekhilafan diri sendiri di masa lalu dan berjanji untuk berusaha tidak melakukan kesalahan di masa lalu di masa yang akan datang.

Ketupat memiliki bentuk yang khas. Bentuknya berupa segi empat. Bentuk ketupat ini memiliki makna  papat lima pancer yang berarti empat arah mata angin dan satu pusat. Empat arah mata angin adalah simbol tingkah laku manusia di bumi sementara satu pusat adalah simbol bagaimana manusia berusaha mencapai haribaan Tuhannya, Allah SWT.

Warna putih ketupat juga memiliki arti yaitu melambangkan kebersihan diri setelah melebur dosa dengan puasa dan bermaaf – maafan. Biasanya ketupat dibungkus dengan janur. Janur yang digunakan membungkus ketupat sendiri berasal dari kata jaa-a al-nur yang artinya datangnya suatu cahaya.

Jadi bisa dibilang bahwa ketupat merupakan simbol yang sangat penting bagi umat Islam khususnya di Indonesia ketika hari raya tiba. Biasanya ketupat disajikan untuk disantap bersama keluarga dengan didampingi opor ayam yang terbuat dari olahan ayam dan santan dengan bumbu rempah yang khas.

Baca Juga:   Tarif IndiHome Per Bulan Tahun 2023 (Daftar Paket Terbaru)

THR (Tunjangan Hari Raya)

THR adalah uang yang diberikan perusahaan kepada pekerjanya di hari raya untuk memenuhi kebutuhan lebaran.

THR juga menjadi istilah uang saku yang diberikan oleh orang tua, saudara atau kerabat kepada anggota keluarga lainnya yang masih belum bisa mencari nafkah sendiri atau masih belum bekerja.

Uang THR yang diberikan kepada pekerja atau kepada kerabat yang belum bekerja ini tidak dibatasi nominal. Jadi nominalnya bisa bermacam – macam tergantung kemampuan perusahaan atau kerabat yang memberikannya.

Mengirimkan makanan

Kebahagiaan di moment lebaran juga seringkali ditunjukkan dengan tradisi mengirim makanan baik kepada tetangga, sanak saudara, teman, rekan kerja, orang tua dan lainnya. Tradisi ini hadir di zaman dulu untuk memastikan bahwa orang yang dikasihi bisa makan enak di hari lebaran.

Tradisi tersebut juga bertahan sampai sekarang dan sekaligus sebagai cara untuk memberi kabar baik tentang suka cita lebaran kepada orang yang dikasihi atau disayangi.

Ziarah kubur

Ziarah kubur di Indonesia menjadi suatu tradisi tersendiri. Ziarah kubur dilakukan tepat di hari raya idul fitri setelah shalat id atau pun satu hari sebelum shalat id.

Selain mengingatkan kita tentang datangnya hari akhir yaitu kematian, ziarah kubur juga dilakukan untuk mendoakan keluarga dan kerabat yang lebih dulu berpulang ke haribaan Allah SWT.

Aktivitas yang biasanya dilakukan ketika ziarah kubur adalah menghafalkan ayat – ayat suci Al-qur’an utamanya Al-fatikhah dan ayat pendek, melantunkan ayat kursi, dan juga menabur bunga sebagai ganti pelepah kurma basah yang disebutkan dalam salah satu hadist nabi dapat mengurangi siksa kubur.

Kue khas lebaran

Ketika kita bersilaturrahmi ke rumah saudara, kerabat atau tetangga di moment lebaran pasti kita akan menemukan banyak kue kering. Nah, kue itu disajikan sebagai suguhan atau jamuan bagi tamu yang datang berkunjung.

Dalam Islam, tuan rumah diharuskan memuliakan tamu semampunya karena itu salah satu cara memuliakan tamu yang dapat ditunjukkan di moment lebaran selain bersikap baik adalah menghidangkan jamuan berupa kue khas lebaran.

Memakai baju lebaran

Di hari raya idul fitri dianjurkan untuk menggunakan pakaian bersih dan wangi. Bersih dan wangi tidak harus baru kok. Namun memang banyak orang yang memilih mengenakan baju baru di waktu lebaran sebagai tanda bahwa mereka menyambut hari raya idul fitri dengan suka cita dan dengan sebaik mungkin.

Bersih – bersih rumah

Sebenarnya setiap hari pun rumah perlu dibersihkan karena kebersihan adalah bagian dari iman. Namun biasanya ketika menyambut hari lebaran, banyak orang ekstra dalam melakukan upaya pembersihan rumahnya.

Alasannya agar rumah terlihat lebih indah, bersih dan rapi sehingga tamu yang datang bersilaturrahmi juga bisa jadi lebih nyaman ketika singgah.

Demikian kira – kira jawaban atas pertanyaan lebaran 2023 tanggal berapa beserta informasi menarik lainnya seputar hari raya idul fitri atau lebaran. Semoga untuk menyambut lebaran 2023 nanti badan kita disehatkan dan rezekinya dimudahkan agar lebaran dapat  disambut dengan hangat dan penuh suka cita.