Rekomendasi Film Hacker Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Tonton Tahun Ini!

Luarbiasa.id-Apa sih yang dimaksud dengan hacker? Siapa sih hacker itu? Nah, sebelum kita membahas tentang rekomendasi film hacker terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton, kita akan menjawab pertanyaan tentang hacker terlebih dahulu.

Jadi hacker merupakan seorang peretas yang tugasnya melakukan peretasan terhadap suatu situs untuk berbagai tujuan entah untuk tujuan pribadi, kolektif atau lainnya.

Hacker terkategori menjadi beberapa jenis ada white hat atau hacker yang baik, grey hat atau hacker yang abu – abu atau dalam artian melanggar UU namun sebenarnya tidak punya tujuan jahat. Ada juga blackhat yang merupakan hacker jahat. Blackhat biasanya melakukan peretasan untuk keperluan pribadinya dan merugikan orang yang diretas.

Kalau Anda suka dengan film – film hacker atau aksi – aksi heroik hacker dalam film action, berikut kami bagikan beberapa rekomendasi film hacker terbaik sepanjang masa!

takedown

Rekomendasi Film Hacker Terbaik Sepanjang Masa

Blackhat

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa ada beberapa jenis hacker yang kita perlu tahu salah satunya blackhat atau hacker jahat.

Film ini dirilis 2015 dan berhasil untuk menarik perhatian penyuka film hacker. Film yang diperankan oleh aktor Chris Hemsworth ini memiliki jalan cerita yang menarik.

Chris Hemsworth diketahui juga merupakan pemeran tokoh superhero bernama Thor dalam film Avengers. Nah, pada film berjudul Blackhat ini menjadi tokoh bernama Nicholas Hathaway yang merupakan ahli IT jenius.

Hanya saja ia terlibat masalah hukum dan berakhir di penjara. Di penjara, Nicholas bertemu bersama agen China yang bekerja untuk pemerintah. Bertemu dengan Nicholas dan tahu bahwa Nicholas merupakan ahli IT, agen China tersebut mengajak Nicholas bekerja sama guna mendapatkan sosok hacker misterius yang menjadi pemicu terjadinya krisis reaktor nuklir di China.

Ada banyak aksi yang membuat jantung deg – degan sepanjang Anda menonton film ini. Dengan alur cerita yang tertata baik dan aksi – aksi yang ditampilkan, banyak orang mengatakan bahwa film berjudul Blackhat ini menjadi salah satu film hacker paling keren yang wajib ditonton meski sekali saja.

Hacker

Rekomendasi film Hacker selanjutnya yang wajib ditonton adalah film berjudul sama seperti temanya yaitu Hacker. Film ini rilis di 2016 akhir dan mengisahkan seorang pemuda yang merupakan imigran melakukan berbagai aksi kejahatan dalam dunia maya.

Di tengah perjalanannya melakukan berbagai kejahatan dunia maya, pemuda imigran tersebut bertemu dengan seorang laki – laki dan juga seorang perempuan yang kemudian menjadi teman barunya. Dengan keahlian hacker yang sama, mereka kompak melakukan berbagai aksi kejahatannya.

Baca Juga:   Rekomendasi Drakor 2023 Paling Populer yang Wajib Ditonton

Karena itu, salah satu dari mereka pun akhirnya berakhir di tangan mafia. Alur cerita film ini menarik dan endingnya juga sulit ditebak jadi kalau Anda belum nonton, nonton sekarang ya!

Who Am I

Who Am I merupakan rekomendasi film Hacker asal Jerman yang menceritakan tentang suatu organisasi hacker terkenal bernama Clay. Clay sering berulah sampai menarik perhatian dari Europe Interpol.

Film ini dibintangi oleh Tom Schilling, Elyas M’Barek, serta juga Wotan Wilke. Dijamin, film ini akan memberikan kepada Anda pengalaman menonton yang sangat seru dan penuh ketegangan di setiap aksinya.

The Matrix

The Matrix

The Matrix bisa dikatakan sebagai film hacker yang sudah cukup tua. Film ini bahkan dirilis bukan di tahun 2000an melainkan rilis di tahun 1999. The Matrix diperankan oleh Keanu Reeves yang bercerita tentang seorang hacker yang ingin menyelamatkan banyak umat manusia dari pengaruh mesin.

Setiap adegan yang dikemas seru dan memorable dengan aksi – aksi yang membuat kita berpikir tidak semua hacker itu jahat akan kita temukan di The Matrix ini.

Mr. Robot

Mr. Robot termasuk salah satu tayangan keren yang akan memperlihatkan bagaimana aksi meretas suatu website secara gamblang dan detail yang dilakukan oleh setiap tokoh di Mr. Robot ini.

Secara garis besar, Mr. Robot mengisahkan tentang pemuda yang memiliki nama Elliot Anderson. Elliot Anderson merupakan teknisi yang bekerja di sebuah perusahaan cybyer security yaitu Allsafe. Elliot Anderson merupakan seorang tokoh yang diperankan oleh Rami Malek.

Dalam perjalanannya, Elliot Anderson ini sangat menarik bagi perhatian sosok misterius bernama Mr. Robot. Karena tertarik dengan Elliot, kemudian Mr. Robot mengajaknya bergabung di kelompok hacker yang diberi nama Fsociety.

Tujuan utama dari Fsociety sendiri adalah menghancurkan perusahaan elektronik yang merupakan salah satu client paling besar dari perusahaan Allsafe, tempat Elliot Anderson bekerja.

Lalu, akankah Elliot Anderson berhasil membantu Fsociety dalam mewujudkan apa yang menjadi tujuan mereka? Ataukah Elliot Anderson akan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya karena jika client terbesar Allsafe hancur tentu Allsafe juga akan terkena imbasnya. Jadi saksikan Mr. Robot untuk menemukan jawabannya.

Swordfish

Rilis di tahun 2001, Swordfish diperankan oleh Hugh Jackman dan menjadi salah satu dari film yang sangat layak masuk ke dalam rekomendasi film hacker paling keren di sepanjang masa.

Cerita yang ditampilkan pada film berjudul Swordfish diramu oleh penulis ternama yaitu Skip Wood. Swordfish ini berkisah tentang seorang hacker handal yang diketahui bernama Stanley mengalami masa sulitnya setelah aksi meretas sejumlah situs milik pemerintah ia lakukan.

Akan tetapi pepatah yang mengatakan tidak semua dunia akan gelap ternyata benar. Masa sulit Stanley yang diperankan oleh Hugh Jackman ini secara drastic langsung berubah saat Ginger yang diperankan Halle Bery menawarkan kepada Stanley suatu proyek besar. Proyek tersebut diketuai oleh seorang bernama Gabriel Shear yang diperankan oleh John Travolta.

Baca Juga:   15 Rekomendasi Film Disney Hotstar Terbaru yang Wajib Ditonton

Di dalam pekerjaannya tersebut, Stanley memberi kejutan ketika menjalankan aksinya dengan kemampuan IT luar biasa yang dimiliki. Seperti apa aksi Stanley? Langsung saja saksikan Swordfish.

Die Hard 4.0: Live Free or Die Hard (2007)

Film berjudul Die Hard 4.0: Live Free or Die Hard (2007) mengisahkan tentang John McClane yang diperankan oleh Bruce Willis berhasil menghentikan Simon Gruber. Namun 12 tahun kemudian, ia harus menghadapi masalah besar karena ditugaskan menghentikan organisasi teroris berbasis cyber yang diketuai oleh Thomas Gabriel yang diperankan oleh Timothy Olyphant.

Organisasi teroris berbasis cyber tersebut sangat meresahkan karena bahkan berhasil membajak dan melumpuhkan perekonomian negara adidaya, Amerika Serikat. Bersama dengan Matthew Farrel yang diperankan Justin Long, McClane yang merupakan peretas lain bekerja sama menemukan Gabriel dan berusaha menghentikan aksi terornya. Lantas, akankah mereka berhasil?

WarGames

WarGames merupakan sebuah film bergenre fiksi ilmiah yang sangat layak untuk masuk pada daftar rekomendasi film hacker terkeren yang pernah ada.

Film berjudul WarGames ini berkisah tentang hacker yang masih sangat muda dan memiliki hobi bermain video game. Akan tetapi suatu hari, ia menemukan suatu celah pada jaringan pusat militer secara tidak sengaja dan kemudian melakukan peretasan program di sana. Lalu, apa yang kemudian terjadi dengan pemuda tersebut? Saksikan WarGames dan temukan jawabannya.

film hacker

Boy 7

Film berjudul Boy 7 menceritakan tentang seorang pemuda yaitu Sam yang getol dalam mencari tahu identitas dirinya yang sebenarnya setelah ia tiba – tiba saja bangun di dalam kereta dan berada di kondisi linglung.

Dengan bantuan perangkat di dalam tas ransel yang ia bawa ketika tiba – tiba terbangun, Sam secara perlahan mulai mencari tahu berbagai hal mengenai dirinya. Sam juga sekaligus menyadari bahwa ia sebenarnya tengah berada di dalam suatu ancaman bahaya yang begitu nyata. Akankah Sam menemukan dirinya yang sebenarnya? Saksikan Boy 7!.

Eagle Eye

Eagle Eye merupakan sebuah film yang menceritakan tentang tokoh Jerry Shaw yang sedang mengalami kesulitan finansial. Jerry yang diperankan oleh Shia LaBeouf merasa frustasi dengan hidupnya setelah tahu bahwa saudara kembarnya yaitu Ethan, meninggal dunia.

Suatu hari, ia menerima uang dalam jumlah besar di rekening banknya. Setelah menerima uang, Jerry langsung mendapat telepon dari seorang wanita misterius yang memperingatkan dirinya bahwa FBI akan segera menangkapnya. Wanita tersebut juga meminta agar Jerry melarikan diri.

Dalam film yang rilis pada 1998 ini, diceritakan juga bahwa kemudian Jerry dipertemukan dengan seorang bernama Rachel Holloman yang diperankan oleh Michelle Monaghan. Kebetulannya saat itu Rachel Holloman juga mendapat ancaman yang sama hingga akhirnya mereka berdua sepakat bekerjasama untuk menuruti apa yang menjadi perintah dan instruksi wanita misterius yang selalu memantau pergerakan mereka.

Baca Juga:   Sinopsis Film The Courier: Misi Dalam Menggagalkan Perang Nuklir

Lalu siapa sebenarnya wanita misterius itu? Apa motifnya menyuruh Jerry dan Rachel Holloman melakukan semua perintah? Dan apakah Jerry serta Rachel Holloman mampu menyelesaikan misi? Saksikan saja Eagle Eye.

23

Film hacker berjudul 23 ini merupakan salah satu rekomendasi film hacker keren yang kisahnya diambil dari kisah nyata.

Film bercerita tentang sosok bernama Karl Korch, ia adalah pemuda berusia 19 tahu. Ia merasa sedih karena dunia sedang sangat kacau ketika perang dingin terjadi. Latar waktu di film ini memang tentang perang sehingga suasana yang mencekam ditampilkan.

Dengan keahlian yang dimilikinya dalam melakukan peretasan, Karl kemudian dibantu temannya menghentikan suasana kacau yang timbul akibat perang. Cara menghentikan kekacauan itu adalah dengan meretas situs jaringan yang ada di dunia agar aktivitas agen rahasia dari Rusia dapat dimata – matai dan diawasi.

Takedown

Takedown merupakan sebuah film yang ditulis oleh seseorang bernama Shutomo Shimamura. Film ini merupakan kisah nyata. Selain menjadi penulis, Shutomo Shimamura  juga menjadi salah satu aktor di film Takedown ini.

Takedown bercerita tentang sosok hacker dengan kemampuan handal yang sangat ditakuti. Hacker tersebut bernama Kevin Mitnick. Sepanjang film Anda akan menyaksikan bagaimana Kevin Mitnick melakukan perang dibantu hacker Shutomo Shimamura yang merupakan hacker asal Jepang.

Kevin melakukan peretasan terhadap celah pada sistem supermarket yang sebenarnya dijaga sangat ketat oleh Shutomo sampai akhirnya keduanya saling menyusup satu sama lain dalam masing – masing sistem.

9.I.T.

Rilis 2016, 9. I.T. menjadi salah satu dari film hacker terkeren yang sangat layak ditonton. Di dalam film berjudul 9. I.T. ini, seorang tokoh bernama Mike Ryan yang diperankan Pierce Brosnan harus menghadapi blackhat hacker yang ternyata adalah seorang konsultan teknologi yang dipercaya di perusahaannya sendiri.

Kediaman Mike yang dipenuhi teknologi canggih akhirnya justru menjadikan Mike kesulitan sendiri melawan aksi kejahatan yang konsultan teknologi dari perusahaannya sendiri lakukan. Lalu seperti apa kelanjutan dan endingnya? Saksikan 9. I.T.

Baca juga: Sinopsis Drakor Nokdu 2019 Tentang Raja Menyamar

The Fifth Estate

The Fifth Estate didapatkan dari sebuah kisah nyata pendiri Wikileak. Film ini menawarkan sajian film yang asyik dan penuh konflik yang menegangkan.

The Fifth Estate bercerita tentang bagaimana seorang bernama Julian Assange yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch mendirikan media dengan tujuan mengungkap berbagai kebobrok dan korupsi di dalam pemerintahan.

rekomendasi film hacker

The Throwaways

Film berjudul The Throwaways ini sangat unik karena mengisahkan seorang hacker yaitu Drew Reynolds yang ditangkap agen CIA setelah ketahuan meretas. Akhirnya ia pun diberi dua pilihan yaitu membantu CIA atau mendekam di penjara.

Tak butuh waktu lama, ia membantu agen CIA menjalankan misi dengan cara membentuk suatu tim dengan berisi orang – orang ‘terbuang’ dan mereka memiliki tujuan yang sama yaitu menangkap apa yang sudah ditargetkan.

Itulah beberapa rekomendasi film hacker paling keren, terpopuler dan terbaik sepanjang masa yang wajib banget ditonton meski sekali seumur hidup. Jangan lupa masukkan ke list film favorit Anda!