Dewan Minta Siapkan Wifi di Sekolah

Ria Ukur Rindu Tondang
       
        Loading...    
   

TANJUNGPINANG – Meski sekolah tatap muka belum dibuka karena pandemi Covid-19 belum berakhir, namun rencana Pemko Tanjungpinang menyediakan 100 titik Wi-fi di kota ini termasuk di sekolah-sekolah mendapat dukungan dari anggota dewan.

Sebagai bagian dari rencana menjadikan Tanjungpinang Kota Digital, maka program smart city pun sedang dibangun.


Dibutuhkan banyak titik Wifi agar mendukung program smart city ini.
Sebelumnya, Pemko Tanjunginang berencana membuat 100 titik pemasangan WiFi di berbagai tempat baik itu tempat umum dan di komplek perumahan.

Untuk tahap pertama, pembangunan akan dilaksanakan di beberapa titik seperti sekolah-sekolah dan akan direalisasikan melalui APBD Perubahan Kota Tanjungpinang.

Anggota DPRD Tanjungpinang Ria Ukur Rindu Tondang mengatakan, sudah wajar Pemko Tanjungpinang secara bertahap melaksanakan pembangunan WiFi.

Baca Juga :  84 Persen Pasien Korona Kepri Sembuh


Sebagai tahap awal bisa dilaksanakan di kalangan sekolah.
Kondisi saat ini, para siswa dan tenaga pengajar membutuhkan hal itu sebagai penunjang proses belajar-mengajar baik secara online maupun persiapan tatap muka nanti.

Menurutnya para siswa dan guru harus memanfaatkan kemajuan teknologi dalam menunjang proses belajar mengajar.
Hraus diakui semua tersedia di internet.


Misalnya pelajaran IPA, para siswa ingin mengetahui anotomi tubuh, maka bisa melihat gambarnya secara langsung. Sehingga para siswa lebih cepat menangkap dan mengetahui. Keuntungan kedua, para guru lebih mudah menjelaskan tentang pelajaran dengan topik yang diangkat.

Namun, selain menyediakan Wifi, harus disiapkan juga perangkat pendukungnya misalnya menyediakan infocus dengan layar yang lebih lebar. Maka siswa pun bisa melihat dengan jelas gambar anatomi tersebut.

Baca Juga :  Buruan… Disnaker Bintan Buka Pelatihan Gratis

Banyak pelajaran lain yang membutuhkan gambar serta penjelasan yang terperinci agar siswa mudah memahaminya, sehingga Wifi itu memang dibutuhkan di sekolah.


”Saya rasa siswa sudah menginginkan sistem belajar yang terbuka. Bisa melihat detail dalam bentuk penjelasan. Hampir seluruh ilmu pelajaran bisa dilihat melalui internet. Tentu melalui pendampingan guru,” ucapnya.

Untuk wewujudkan hal ini, Ria menilai di sekolah-sekolah perlu disediakan WiFi. Hal ini bahkan sudah didengungkan sejak 2018 lalu.

Ia menilai dua tahun masa pemerintahan Hj Rahma ini sudah bisa mewujudkannya. Minimal di APBD Murni 2021 mendatang disiapkan anggarannya.

Baca Juga :  Haris-Wan Masih Berpasangan Lagi

Plt Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma menuturkan, bahwa penyediaan akses jaringan internet, bentuk komitmen pemerintah menyediakan fasilitas umum bagi warga.

Ia menuturkan, bahwa masyarakat dapat mengakses secara gratis termasuk siswa. Menurutnya nomenklatur WiFi gratis sebelumnya sudah ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tanjungpinang yang diupayakan terealisasi tahun 2021.

”Sudah ada dalam RPJMD saya dengan almarhum Pak Syahrul, tinggal disesuaikan mudah-mudahan 2021 bisa terealisasikan,” ucapnya.

Dalam waktu dekat kata Rahma, melalui APBD Perubahan akan dipasang wifi gratis di beberapa titik. Bagi masyarakat yang membutuhkan dipersilakan untuk datang ke lokasi itu nantinya. (dlp)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN