Pemkab Bintan Jangan Abai Terkait Anggaran Penanganan Bencana Kebakaran



BINTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan yang baru saja mengimbau masyarakat terkait bencana kebakaran yang awal tahun ini mulai marak kembali, diminta serius melakukan penanganan antisipasi bencana tersebut, terutama soal penganggaran dari keuangan daerah.

Demikian disampaikan oleh Indra Setiawan selaku Wakil Ketua Komisi II DPRD Bintan dalam menyikapi bencana kebakaran yang setiap tahun rutin terjadi di Bintan, terutama kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Een, sapaan akrab Indra Setiawan mengatakan, dalam penanganan bencana kebakaran seharusnya penguatan sarana dan prasarana di dinas terkait terutama UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) di wilayah harus diperkuat dengan anggaran yang memadai.

“Kami terus menyoroti kebutuhan alat keamanan atau safety Pemadam Kebakaran, kebutuhan harian hingga masalah disiplin pegawai,” kata Een.

Ia mengatakan, pemerintah harus melengkapi berbagai kekurangan fasilitas dan juga peralatan kerja Pemadam Kebakaran guna penanganan bencana kebakaran di Bintan.

“Kami juga kemarin mengusulkan pembangunan gedung Damkar di Bintan Utara, namun tidak didukung Pemkab Bintan dengan alasan recofusing anggaran. Padahal kalau mau dan niat, Pemkab Bintan dapat saja membangun gedung UPTD Damkar, paling hanya Rp 1 miliar atau Rp 2 miliar saja, angka ini lebih kecil dibandingkan pembangunan lain oleh pemerintah yang besar dan belum tentu berdampak langsung ke masyarakat,” terangnya.

Ia menambahkan, penanganan bencana kebakaran harus linier dengan sarana dan prasarana serta SDM yang dimiliki, selain berkoordinasi dengan berbagai pihak baik masyarakat, kepolisian hingga pemerintah di wilayah desa atau kelurahan.

“Tenaga Damkar kita yang terampil saat ini harus didukung dengan peralatan yang memadai, sehingga penanganan bencana kebakaran akan fokus, sigap, terarah dan terukur dalam tindakan di lapangan, serta tetap menjamin keselamatan petugas bekerja,”tambahnya.(aan)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN